DOMIGADO – Heroine dalam seri anime legendaris Naruto memang sering kali disalah pahami oleh para penggemar. Banyak penggemar yang menganggap karakter Sakura Haruno adalah beban dalam tim yang harus selalu diselamatkan oleh Naruto, Sasuke maupun guru pendamping tim mereka, Kakashi.

Tidak seperti anggota tim 7 lainnya, Sakura Haruno tidak memiliki masa lalu yang tragis atau pernah kehilangan keluarganya dalam peristiwa yang tragis. Masa kecil Sakura Haruno bisa dibilang cukup menyenangkan. Namun ia selalu merasa terintimidasi sejak kecil terutama ketika masuk di Akademi Ninja. Sehingga Sakura Haruno kebanyakan dipandang sebagai karakter yang lemah.

Namun setelah menjadi murid Hokage kelima yaitu Tsunade, Sakura Haruno menjadi salah satau ninja medis  terhebat bahkan melampaui Tsunade sendiri. Berkat bimbingan dan ilmu terutama dalam hal medis yang dipelajarinya dari Hokage kelima. Sakura Haruno berperan sangat penting dalam Perang Shibobi keempat. Bahkan peran Sakura Haruno tidak bisa dianggap sepele, loh.

Walaupun begitu masih banyak fans Naruto yang tidak menyukai karakter ini bahkan membencinya. Para fans tersebut menganggap karkater Sakura tidak berguna hanya sebagai pelengkap bahkan menjadi beban. Berikut ini adalah 7 alasan Sakura Haruno dianggap beban oleh fans Naruto.

1. Karakter Sakura tidak memiliki ciri khas

Sakura Haruno

Hal ini terjadi sejak di awal series, setiap karakter di Naruto memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mereka ikonik. Seperti Naruto sendiri dengan jurus seribu bayangan dan impiannya menjadi hokage. Sasuke sebagai cowok cool, dingin dan cerdas sekaligus satu-satunya keturunan Uchiha yang tersisa. Hinata yang memiliki sikap pemalu dan Byakugan. Tenten yang tidak bias melakukan ninjutsu tapi sangat ahli dalam persenjataan.

Sakura sendiri tidak punya karakteristik tertentu yang bisa menjadi trade mark karakternya.  Di sepanjang seri sendiri, kita bisa melihat bahwa Sakura tidak memiliki jurus andalan yang bisa menjadi ciri khasnya.

2. Sakura adalah Gadis yang Cengeng

Sakura haruno
Sakura Haruno

Dibandingkan karakter lain, karakter Sakura memang lebih sering diperlihatkan sedang menangis. Banyak adegan dan episode yang menunjukan Sakura tengah menangis. Alasan Sakura menangis adalah rasa penyesalan karena dia tidak bisa membawa Sasuke kembali dan kesadaran bahwa dirinya masihlah lemah.

Banyaknya adegan dan episode di mana Sakura menangis ini membuat karakter ini dipandang sebagai karakter yang cengeng oleh para fans seri Naruto. Karena banyak karakter perempuan lain dalam Naruto dan tidak terlalu ditunjukan pula sisi lemahnya.

3. Terlalu Terobsesi Pada Sasuke

Sakura dan Sasuke
Sakura dan Sasuke

Di masa Naruto masih di Akademi, Sasuke Uchiha memang sudah terkenal sebagai murid terganteng seakademi. Semua murid cewek di akademi menyukainya. Termasuk Sakura yang sangat tergila-gila dengan Sasuke.

Di setiap adegan yang menunjukan Sasuke pasti ada karakter Sakura di sana. Sakura pun cenderung menjadikan Sasuke sebagai tujuan hidupnya. Bahkan ketika Sasuke memutuskan untuk mengikuti Orochimaru demi menjadi kuat. Sakura sempat berencana untuk mengkhianati desa demi bersama Sasuke.

4.  Lebih Memiliki Cinta dan Menghancurkan Persahabatannya

Sakura dan Ino
Sakura dan Ino

Di episode ujian chunin, Sakura harus melawan Ino untuk lulus ujian. Di episode ini kita diperlihatkan flashback masa kecil Sakura dan Ino. Dari episode ini kita mengetahui jika Sakura dan Ino bersahabat sejak kecil.

Ino pula yang mengeluarkan Sakura dari lingkaran kesendiriannya. Namun saat itu, Sakura malah menganggap Ino sebagai rival cintanya. Sakura rela memutus tali persahabatan dan kebaikan Ino di masa kecilnya hanya demi seorang cowok yaitu Sasuke.