cut scene A Whisker Away
A Whisker Away

DOMIGADO – Demi cinta, aku rela menjadi kucing. Mungkin itu yang dipikirkan oleh Muge, tokoh utama dalam cerita anime A Whisker Away ini. Anime berjudul asli Nakitai Watashi wa Neko o Kaburu ini berkisah tentang seorang remaja yang jatuh cinta dan memilih menjadi kucing agar bisa dekat dekat dengan pria yang dicintainya.

Tayang sejak 18 Juni lalu di layanan streaming Netflix, film animasi asal Jepang yang disutradarai oleh Junichi Sato dan Tomotaka Shibayama ini menampilkan cerita yang mendalam dan penuh makna. Tentang seorang gadis remaja bernama Miyo Sasaki (biasa dipanggil Muge) yang jatuh cinta kepada seorang anak laki-laki dari sekolahnya, Kento Hinode. Berkali-kali Muge berusaha mencuri perhatian Kento, sayangnya, Kento terlalu cuek hingga kemudian Muge membuat keputusan besar yang tentu saja memiliki konsekuensi. 

Film dibuka dengan konflik yang terjadi di keluarga Muge. Gadis remaja ini terlibat perdebatan dengan ibunya yang baru saja bercerai dengan ayahnya. Sang ibu meminta Muge untuk mengerti kondisinya dan mau tinggal bersama ibunya. Muge juga harus menghadapi gosip-gosip tetangga yang suka menyudutkan pacar baru sang ayah yang sudah tinggal serumah dengan mereka. Kesal dengan kondisi ini, dalam perjalanan pulang, Muge bertemu sosok arwah kucing yang menjual topeng kucing. Menurutnya, topeng ini bisa membuat pemakainya menjadi seekor kucing.

adegan sebelum Muge berubah menjadi kucing di film  A Whisker Away

Topeng ajaib yang mengubah gadis remaja menjadi kucing demi mendapatkan cintanya

Suatu ketika, Muge memutuskan memakai topeng ajaib itu. Ketika mengenakannya, ia berubah menjadi kucing putih kecil yang lucu. Betapa menggemaskannya. Dalam wujud sebagai kucing imut ini, Muge mendekati Kento. Lelaki impian yang di dunia nyata belum berhasil ia dekati. Ternyata, usahanya berhasil. Kento senang sekali dengan kucing kecil perwujudan Muge. Muge dalam bentuk kucing pun semakin dekat dengan Kento. Kento yang dingin merasa nyaman bercerita kepada Muge si kucing. 

Lewat interaksinya ini, Muge jadi tahu bahwa Kento juga mengalami masalah keluarga. Ia menjadi dingin dan pendiam akibat masalah tersebut. Muge menjadi mengerti dengan sikap diam Kento selama ini. Ia merasa nyaman dengan kedekatannya bersama Kento. Ia takut kehilangan kedekatan itu apabila masuk ke kehidupan Kento dalam wujud aslinya. 

Muge dan Kento
Muge dan Kento

Ceritapun semakin seru ketika Muge punya keinginan menjadi kucing sepenuhnya. Itu agar ia bisa terus bersama Kento. Sialnya, harapannya ini terkabul. Keadaan bukannya membaik, justru menjadi masalah baru. Intrik muncul ketika topeng wajah manusianya terlepas dan diambil oleh arwah kucing misterius. Muge menyesali keputusannya, ia berusaha mengambil kembali topeng wajah manusianya agar bisa kembali menjadi manusia seutuhnya. Sayangnya, itu tidak mudah. Agar bisa menjadi manusia lagi, Muge harus pergi ke pulau Kucing. 

Dilema Muge menjadi kucing selamanya atau kembali jadi manusia

Lagipula, ada kekhawatiran berkecamuk di dalam dirinya. Muge ingin menjadi manusia tapi ia takut, jika ia kembali menjadi Muge, bagaimana hubungannya dengan Kento? Apakah ia bisa tetapi sedekat itu dengannya? 

A Whisker Away sebuah anime dengan pesan yang mendalam
A Whisker Away sebuah anime dengan pesan yang mendalam

Animasi asal Jepang yang diproduksi oleh studio Colorido ini memiliki banyak pesan mendalam.  Berpikirlah bijaksana sebelum mengambil keputusan, seperti Muge yang terbawa emosi meminta berubah menjadi kucing saja, yang akhirnya berujung pada penyesalan. Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing, jangan lari dari masalah tersebut, tetapi hadapi dengan berani. Selain pesan yang ingin disampaikan, film animasi ini membuat penonton lebih menyukai kucing. Bagi para penyuka kucing, film a Whisker Away ini tentu harus menjadi tontonan wajib. Oh ya, secara visual, animasi yang naskahnya ditulis oleh Mari Okada ini menonjolkan keindahan musim panas di kota Tokoname di Prefektur Aichi, Jepang.

Author : Eka Dalanta