Josee to Tora to Sakana-tachi karya Seiko Tanabe

DOMIGADOJosee to Tora to Sakana-tachi karya Seiko Tanabe akan diadaptasi dalam film animasi. Seiko Tanabe merupakan salah satu penulis tersohor di dunia literasi Jepang. Seiko Tanabe adalah penulis tersohor yang telah memenangkan berbagai penghargaan di dunia literasi Jepang. Seperti Penghargaan Akutagawa pada tahun 1964, Penghargaan Yoshikawa Eiji pada tahun 1993, Penghargaan Yomiuri pada tahun 1999 dan banyak penghargaan lain dari ajang literatur paling bergengsi di Jepang.

Melalui karyanya yang berjudul Niji Seiko Tanabe mendapatkan penghargaan Osaka Citizen Awards. Selain novel dia juga menghasilkan banyak cerita pendek. Seiko Tanabe lahir pada 27 Maret 1928 di Osaka. Pada 6 Juni 2019, Seiko Tanabe tutup usia karena infeksi saluran empedu. Pada akhir tahun 2019 tersebut Studio Bones mengumumkan akan membuat adaptasi salah satu karya legendaris Seiko Tanabe. Yaitu cerita pendek karya Seiko Tanabe yang berjudul Josee to Tora to Sakana-tachi menjadi film anime.

Cerita pendek Josee to Tora to Sakana-tachi merupakan salah satu karya trademark Seiko Tanabe. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1985 oleh Kadokawa Shobo. Pada Desember 2003 sebuah film live action dirilis diinspirasi dari kisah cerita pendek ini. Film ini meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan Jepang dalam kategori seni. 

Kisah tentang dua manusia dengan kehidupan yang berbeda

Josee to Tora to Sakana-tachi berkisah tentang dua manusia dengan kehidupan yang berbeda yaitu Tsuneo dan Josee. Tsuneo adalah seorang mahasiswa yang sehat dan bisa pergi kemana pun yang ia mau dengan kakinya sendiri. Sedangkan Josee adalah seorang gadis yang bertubuh lemah. Josee jarang pergi sendiri karena dirinya tidak bisa berjalan. Pertemuan Josee dan Tsuneo bermula ketika Josee berjalan-jalan pagi bersama neneknya. Josee tanpa sengaja berpapasan dengan Tsuneo. Kisah cerita pendek satu ini akan membuat kamu lebih memaknai kehidupan dan menemukan banyak hal baru untuk disyukuri.

Karakter Josee to Tora to Sakana-tachi

 Daftar pengisi suara karakter-karakter dalam film anime ini juga telah diungkap. Sebagai Tsuneo Suzukawa seiyuu Taishi Nakagawa telah dipilih untuk mengisi suara karakter. Kaya Kiyohara dipilih untuk mengisi suara karakter Josee. Seiyuu untuk karakter-karakter lain juga telah ditentukan. Ada Yume Miyamoto sebagai Mai Ninomiya, Kazuyuki Okitsu sebagai Hayato Matsura, Lynn sebagai Kana Kishimoto dan Chiemi Matsutera sebagai Chizu Yamamura.

Trailer Josee to Tora to Sakana-tachi

Mulai dari desain karakter, daftar seiyuu sampai trailer, telah diumumkan dari adaptasi film animasi cerita pendek Josee to Tora to Sakana-tachi. Sempat ditunda penayangannya akibat pandemi covid-19. Film animasi Josee to Tora to Sakana-tachi dipastikan akan dirilis pada tanggal 25 Desember 2020 di bioskop-bioskop di Jepang. Film animasi ini akan diproduksi oleh studio anime Bones. Dengan Kotaro Tomura sebagai sutradara dari film anime ini. Untuk desain karakter Nao Emoto menggmbar untuk karakter orisinal dan Haruko Lizuka yang menangani desain karakter untuk anime. Komposisi musik dalam film ini digarap oleh komposer Evan Call, naskahnya ditulis oleh Sayaka Kawamura.

Film animasi ini akan di distribusikan oleh Shochiku dan Kadokawa. Untuk lagu tema film animasi ini dipilih penyanyi Eve yang akan membawakan lagu berjudul Ao No Waltz.

Belum ada kepastian apakah film anime ini akan didistribusikan sampai ke luar Jepang. Namun yang jelas jika tidak ada hal lain lagi yang menghalangi. Adaptasi karya legendaris Seiko Tanabe ini dipastikan hadir untuk menutup tahun 2020 kamu dengan kisah haru dan penuh makna kehidupan.