DOMIGADO – Bicara tentang anime-anime sports atau anime yang memiliki tema sebuah cabang olahraga tertentu. Olahraga-olahraga populer seperti basket, baseball, voli atau sepak bola sudah pasti telah memiliki judul animenya masing-masing. Bahkan ada puluhan judul yang menceritakan tentang olahraga-olahraga populer. Untuk kamu penggemar anime sports namun menginginkan sesuatu yang berbeda. Inilah anime-anime sports yang anti mainstream yang mungkin bisa memperbarui watching list anime kamu.

1. Air Gear (2006)

Air Gear Anime sports yang anti mainstream
Air Gear (2006) foto aminoapps.com

Dimulai dari judul lawas Air Gear yang rilis pada tahun 2006. Olahraga yang diangkat dalam anime sport satu ini tergolong unik yaitu olahraga sepatu roda. Namun bukan sepatu roda biasa dengan genre sciene fiction, Air Gear memperkenalkan balapan Air Treck yaitu sepatu roda dengan teknologi super canggih yang bisa melawan gravitasi. Karakter utama dalam anime ini adalah Ikki yang merupakan salah satu pengguna Air Treck. Ikki memiliki impian untuk membentuk tim Air Trecknya sendiri. Anime yang menjadi bagian dari Spring pada tahun 2006 ini mulai tayang pada tanggal 5 April sampai 27 September 2006.

2. Redline (2009)

Readline Anime sports yang anti mainstream
Redline (2009). foto asianmoviepulse.com

Satu lagi seri  anime lawas bertema olahraga masa depan berjudul Redline yang rilis pada tahun 2009. Walaupun tergolong lawas, anime ini justru bersetting masa depan dan luar angkasa. Bercerita tentang olahraga balapan kendaraan-kendaraan futuristik di arena antariksa bernama Redline. Mulai tayang pada tanggal 14 September 2009, karakter utama dari anime Redline adalah Sweet JP yang merupakan salah satu dari peserta Redline


BACA JUGA >> Tokoh – Tokoh Detektif Unik dalam Anime


3. Chihayafuru (2011)

Anime sports yang anti mainstream chihayafuru
Chihayafuru (2011)

Anime satu ini mengangkat olahraga tradisional Jepang sebagai pusat ceritanya yaitu Karuta. Karuta merupakan permainan kartu khas Jepang yang dihitung sebagai bagian dari cabang olahraga. Karena memainkan karuta memerlukan fisik yang kuat, ingatan tajam dan konsentrasi yang maksimal. Tidak hanya mengambil kartu para pemain karuta akan beradu kecepatan dan konsentrasi untuk mengambil kartu yang tepat. Tokoh utama dalam anime ini adalah Chihaya yang dalam ceritanya menemukan jati dirinya melalui permainan Karuta. Chihayafuru rilis sebagai bagian dari season Fall pada tahun 2011 dan tayang sejak 5 Oktober 2011 sampai 28 Maret 2012.

4. Tsuritama (2012)

Tsuritama Anime sports yang anti mainstream
Tsuritama (2012)

Tsuritama mengangkat olahraga yang mungkin banyak diragukan orang sebagai tema anime sports. Olahraga tersebut adalah memancing, yup benar olahraga memancing yang identik dengan menunggu dan rasa bosan ini dibuat seru dan kocak dalam Tsuritama. Anime yang menjadi bagian dari season Spring 2012 ini menceritakan tentang Yuki, seorang remaja yang memiliki kepribadian yang sangat tertutup. Ketika pindah ke Pulau Enoshima, Yuki bertemu dengan Haru bocah aneh yang sangat bertolak belakang dengannya. Lewat keanehan Haru, Yuki mengenal olahraga memancing. Anime ini tayang sejak 13 April sampai 29 Juni 2012. 


BACA JUGA >>