Film anime Only Yesterday

DOMIGADOOnly Yesterday adalah salah satu film anime keluaran studio legendaris Ghibli. Dibandingkan karya Studio Ghibli lainnya seperti Howl Moving Castle, Tonari No Totoro dan Spirited Away, Only Yesterday sepertinya masih kalah pamor. Film anime Only Yesterday memang berbeda dari tipikal film garapan Studio Ghibli yang lain. Only Yesterday merupakan adaptasi dari komik dengan judul yang sama karya Hotaru Okamoto dan Yuko Tome. Film ini digarap oleh Isao Takahata yang berperan sebagai sutradara sekaligus penulis skenarionya. Film ini diproduseri oleh Toshio Suzuki yang biayanya dibagi bersama dengan Studio Ghibli.

Berbeda dengan film-film Studio Ghibli lain yang terkenal dengan memberikan nilai filosofis melalui nuansa fantasi dan masa kanak-kanak. Only Yesterday adalah sebuah drama realis yang ditulis khusus untuk orang dewasa, terutama untuk para perempuan. Dalam Bahasa Jepang Only Yesterday berjudul Omoide Poro Poro yang bisa diartikan juga Memories Come Tumbling Down yang sangat sesuai dengan jalan ceritanya. Yang menampilkan kenangan-kenangan dan memori-memori masa lalu dari kehidupan tokoh utamanya.

Kisah anime Only Yesterday berpusat pada kehidupan Taeko Okajima. Ia merupakan seorang gadis yang sudah berusia 27 tahun dan belum menikah. Taeko Okajima tengah berusaha menemukan arti kehidupannya dengan memikirkan kembali kehidupannya selama ini, dan mendalami batin dan perasaannya yang selama ini terabaikan. Alur cerita berjalan bersamaan dengan perjalanan yang dilakukan Taeko Okajima. Setting pun berganti-ganti antara masa kini Taeko Okajima dan masa kecilnya. Visual yang ditampilkan oleh film ini akan membuat kamu bernostalgia, dengan ilustrasi pemandangan alam dan langit yang indah.

Live Action Only Yesterday akan diperankan artis ternama Jepang Taeko Okajima dan An

Film anime ini termasuk film lawas yang rilis pada 20 Juli 1991. Kemunculan film anime Only Yesterday sangat mengejutkan pada ranah perfilman pada masa itu. Karena Only Yesterday benar-benar merupakan film animasi yang dapat bahkan diperuntukkan oleh orang dewasa. Film Only Yesterday juga dapat ditonton oleh semua orang dari berbagai golongan dan jenis kelamin. Tidak heran pada masa itu Only Yesterday menjadi film yang meraih laba tertinggi di Jepang. Tidak hanya dari segi laba, kualitas Only Yesterday juga mendapat respon yang sangat positif. Berbagai ulasan dan penilai dari para kritikus memberikan rating 100% dalam artian sempurna untuk film anime Only Yesterday ini.

Keiko Matsuzaka sebagai Taeko Okajima dan An sebagai putri Taeko yaitu Natsuki

Kabar terbaru dari film anime lawas satu ini, versi anime akan mendapatkan adaptasi dalam versi live action. Kabarnya Live Action Only Yesterday di tahun 2020 ini akan mengisahkan Taeko Okajima yang telah berusia lanjut. Di kehidupan sekarang, Taeko Okajima hidup bersama putrinya bernama Natsuki dan juga cucu perempuannya. Syuting Live Action ini dimulai pada September 2020. Untuk memerankan Taeko Okajima, dipilih aktris Keiko Matsuzaka dan An sebagai putri Taeko yaitu Natsuki. Film ini diproduksi oleh NHK dan akan disutradarai oleh Kazutaka Watanabe dengan Koichi Yajima sebagai penulis naskahnya.

Adaptasi live action dari Only Yesterday atau Omoide Poro Poro ini rencananya akan ditayangkan di Jepang. Only Yesterday akan ditayangan melalui saluran BS Premium dan BS4K yang diperkirakan jadwal penayangannya sekitar Januari 2021 mendatang. Sampai sekarang hanya informasi tersebut yang tersedia seputar adaptasi live action Only Yesterday. Belum ada informasi tentang proses pembuatan atau jadwal pasti perilisannya.