DOMIGADO – Kimono mungkin bukan kata yang asing lagi di Indonesia apalagi bagi para penggemar budaya Jepang. Berbagai jenis kimono pernah diperkenalkan dan ditampilkan dalam berbagai judul manga dan anime dari Jepang.

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang, kata Kimono sendiri berasal dari Ki yang berasal dari kata kiru yang berarti memakai dan mono yang memiliki arti barang. Jadi dapat diartikan Kimono adalah sesuatu yang dipakai atau dikenakan dalam hal ini adalah baju.

Di Jepang, kimono memiliki peranan yang penting sebagai simbolisasi dan penerapan adat dan budaya khususnya dalam hal tata busana. Melalui sejarah dan sarat nilai budaya, ternyata kimono ini ada banyak jenisnya, loh. Berdasarkan desain dan fungsinya terdapat beberapa jenis kimono yang biasanya digunakan oleh masyarakat di Negara Jepang. Berikut ini adalah jenis-jenis dari kimono Jepang :

Tamasode

Yang pertama adalah tamasode yang merupakan jenis kimono yang paling formal dalam budaya Jepang. Tamasode digunakan oleh wanita yang telah menikah. Tamsode ini dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu Kurotamesode dan Irotamesode.

kimono Jepang
Kurotamesode

Kurotamesode adalah tamasode hitam yang hanya dikenakan wanita untuk ke acara formal seperti pesta pernikahan anggota keluarga dan upacara-upacara tertentu.

kimono Jepang
Irotamesode

Irotamesode atau tamasode putih memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan tamasode. Bedanya, Irotamesode dapat juga digunakan wanita yang belum menikah namun sudah cukup umur.

Furisode

kimono Jepang
Furisode

Furisode juga merupakan jenis kimono yang paling formal dalam budaya Jepang. Namun furisode ditujukan untuk dikenakan wanita yang belum menikah. Sama seperti tamasode, furisode dikenakan untuk menghadiri acara-acara formal juga pada acara wisuda si perempuan. Furisode umumnya memiliki warna yang lebih cerah dan motif yang lebih beragam dibandingkan tamasode.

kimono Jepang
Furisode pada Pernikahan

Furisode juga akan menjadi gaun pengantin bagi si wanita dengan tambahan mantel putih yang disebut Uchikake. Perpaduan Furisode dan Uchikake disebut Hanyaome Isho.

Houmongi

kimono Jepang
Houmongi

Houmongi merupakan kimono yang dapat dikenakan baik wanita yang belum dan sudah menikah. Tingkat formalitasnya hanya satu tingkat di bawah dua jenis sebelumnya. Houmongi biasanya dikenakan di acara formal namun yang tidak diadakan oleh keluarga sendiri. Seperti pesta pernikahan teman, upacara minum the, pesta tahun baru dan berbagai acara formal lain. Ciri khas dari kimono jenis Houmongi adalah eba yaitu corak kain yang tepat bertemu di perpotongan kain dan pada jahitan kimomo.