Patung Luffy di Perfektur Kumamoto
Patung Luffy di Perfektur Kumamoto

DOMIGADO – Prefektur Kumamoto bangun patung Luffy telah hasilkan 2 milyar rupiah. Saat itu, Jepang Selatan pernah dilanda gempa magnitudo 7.0 yang menghancurkan banyak bangunan. Gempa tersebut menyebabkan setidaknya 50 korban tewas. Peristiwa itu terjadi pada sekitar tahun 2016.

Mendengar bencana yang terjadi di Prefektur kelahirannya, membuat Eiichiro Oda yang merupakan mangaka dari seri populer One Piece sekaligus  penduduk asli Kota Kumamoto bergerak untuk memberikan dukungan dan bantuan.

Mangaka terkenal itu memberi bantuan untuk mendukung kampung halamannya berserta sumbangan uang sebesar 800 juta yen untuk upaya pemulihan kota, 500 juta yen dengan nama Luffy dan 300 juta Yen dengan namanya sendiri.

Sebagai ungkapan rasa terimakasih pemerintah daerah tersebut pada Eiichior Oda atas sumbangannya. Pemerintah Prefektur Kumamoto akan mendirikan 8 patung bajak laut topi jerami yang tersebar di berbagai tempat di prefektur. Sampai saat ini sekitar 3 patung telah didirikan yaitu Patung Luffy yang ada di depan Kantor Prefektur Kumamoto di Kota Kumamoto, Sanji di Kota Mashiki dan Usopp di Kota Aso. Telah direncanakan bahwa patung Chopper dan Brook akan menyusul dan diresmikan.

Patung Luffy di Perfektur Kumamoto

Patung-patung tersebut memiliki biaya konstruksi sekitar 10 juta yen per patung. Tentu saja, kebijakan ini memicu adanya opini kritis pada Pemerintahan Prefektur Kumamoto yang memutuskan untuk mengalokasikan sejumlah uang sumbangan untuk patung. Alih-alih untuk melanjutkan upaya pemulihan dari gempa bumi.

Namun ternyata patung-patung tersebut diperkirakan akan membawa manfaat yang lebih besar dan dapat menyelamatkan Prefektur Kumamoto. Patung Luffy diperkirakan memiliki nilai ekonomi sebesar 2 miliar yen yang dapat dihasilkan dalam jangka waktu setahun. Nilai ekonomi ini merupakan hasil survei dari 66 mahasiswa dari Universitas Shokei. Nilai ekonomi tersebut didasarkan dari perkiraan peningkatan kunjungan dan pariwisata di Prefektur Kumamoto. Perkiraan akan ada kurang lebih 55.121 orang yang akan mengunjungi Prefektur Kumamoto hanya untuk melihat patung emas sang kandidat raja bajak laut ini.