DOMIGADOIsekai sebenarnya adalah bagian dari genre fantasi. Biasanya genre isekai menceritakan seorang karkater yang terlahir kembali atau terlempar ke dunia lain. Di dunia itu kadang mereka sudah menjadi karakter yang berbeda dengan kehidupan yang berbeda. Mungkin juga masih menjadi diri mereka sendiri. Subgenre isekai, akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. Dengan banyaknya karya yang mengangkat tema ini.

Sekarang isekai bisa dikatakan merupakan suatu genre yang berdiri sendiri.  Banyaknya karya yang bertema isekai ini dapat menyebabkan antusiasme penonton berkurang. Awalnya terlempar ke dunia baru menjadi hal yang fresh dan segar.

Namun sekarang menjadi hal yang mainstream dan muncul berbagai formula klise di dalamnya. Berikut ini adalah 5 formula klise yang muncul dalam anime genre isekai :

1. Karakter Utama OP

Kenja No Mago

Pernah enggak sih ketika kamu melihat anime atau manga yang bergenre isekai, kamu merasa semua berjalan terlalu lancar untuk karakter utama. Seperti tidak ada tantangan atau rintangan yang terlalu sulit untuk mereka. Hal ini biasanya karena karkater utamanya terlalu sakti atau overpowered alias OP.

Biasanya mereka terlahir kembali dengan kekuatan yang sudah luar biasa. Kemudian ditambah dengan kemampuan mereka untuk mempelajari hal baru dengan cepat. Sebagai contoh adalah Shin Wolford dari anime Kenja No Mago. Shin Wolford sudah terlahir jenius dan di usia belasan tahun kemampuannya sudah melampui sang kakek. Padahal kakeknya Shin adalah magi yang paling disegani di dunia.

2. Masuk Ke Dunia Game

SAO

Terlempar ke dunia lain secara tidak terduga memang rasanya kurang masuk akal bukan. Untuk mengisi plot hole ini, author pun memasukan unsur dunia game. Agar proses perpindahannya ini terasa lebih masuk akal. Author menceritakan bahwa karakter terlempar ke dunia game yang sering karakter mainkan.

Contoh dari formula klise seperti ini adalah seri anime Sword Art Online, Log Horizon dan Overlord. Memasukan karakter ke game yang sering dimainkan juga mengisi plot hole lain. Yaitu alasan mengapa karakter tersebut bisa overpowered. Jika seseorang menjadi kuat di dalam game yang diakrabi dan dipahaminya akan terasa lebih wajar, kan? Namun sepertinya formula ini sudah mulai membosankan bagi para penggemar anime.

3. Hero yang Tidak Heroik

Re : Zero

Kadang hal ini menjadi suatu humor tersendiri dalam genre isekai. Seseorang yang terlempar ke dunia lain. Biasanya karena dia terpilih atau punya tanggung jawab tertentu untuk menyelamatkan dunia tersebut. Namun sayangnya, penampilan dan karakter mereka berbanding terbalik dengan harapan yang diberikan padanya.

Hero biasanya tampil berwibawa atau setidaknya punya aura yang membuat orang kagum padanya. Namun hero-hero isekai kadang tidak tampil heroik, malah kadang mereka bersikap konyol sampai cabul. Sebagai contoh karakter seperti ini ada Satou Kazuma dari KonoSuba dan Natsuki Subaru dari seri Re:Zero.