Tower Of God

DOMIGADOTower Of God menjadi anime paling sukses dan populer di tahun 2020 ini. Namun ada yang berbeda dengan anime Tower Of God dibandingkan dengan anime-anime lain.

Seperti kebanyakan anime pada umumnya, anime merupakan adaptasi dari manga atau light novel yang sudah ada.  Biasanya sumber material dari adaptasi ini adalah manga dan light novel dari Jepang. Tower Of God pun juga merupakan adaptasi dari karya yang sudah ada, namun sumber material dari adaptasi Tower Of God bukanlah manga atau light novel Jepang, melainkan manhwa, yaitu komik asal Korea Selatan.

Anime ini diadaptasi dari manhwa populer dengan judul yang sama karya Lee Jong Hui. Lee Jong Hui lebih dikenal dengan nama SIU. Karyanya ini menceritakan tentang Twenty Fifth Baam atau malam ke 15. Berpusat pada seorang pemuda bernama Bam yang memulai perjuangannya untuk mencapai puncak menara. Tujuannya adalah untuk menemui lagi perempuan bernama Rachel yang merupakan sosok yang sangat berharga untuknya.

Tower Of God berpusat pada cerita Bam dan Rachel

Adaptasi dari Tower Of God merupakan hasil kolaborasi Crunchyroll dan Naver Line Webtoon. Penggarapan adaptasinya menjadi anime ini digarap oleh studio Telecom Animation Film. Studio ini sebelumnya menggarap Phantasy Star Online 2 The Animation dan Chain Chronicle. Walaupun diadaptasi dari manhwa namun animenya sendiri masih menggunakan Bahasa Jepang dan diisi seiyuu-seiyuu dari Jepang seperti Hayamin Saori dan Nobuhiko Okamoto.

Selain Tower Of God, beberapa judul manhwa lain menyusul untuk digarap adaptasi animenya. Seperti manhwa populer The God Of Highschool yang sudah dikonfirmasi dan manhwa  Nobelesse yang masih dalam rencana. Manhwa Nobelesse sendiri telah memiliki OVA yang telah dirilis dan dikerjakan oleh Production I.G.

Manhwa-manhwa Korea semakin berjaya

Walapun masih dikuasai oleh manga Jepang yang lebih dulu hadir. Perubahan di industri anime telah terlihat walaupun perlahan. Hal ini tidak lepas dari kemajuan teknologi dan kecepatan informasi. Manhwa-manhwa yang lebih mudah dan cepat aksesnya melalui aplikasi dan berbagai platform.

Membuat kepopuleran dan penggemarnya dapat bertambah semakin cepat dan banyak.  Format ini pun memiliki banyak keunggulan sehingga lebih dipilih. Seperti keterjangkauan yang lebih mudah, biaya yang lebih murah dan visual yang lebih menarik. Karena biasanya komik online disajikan secara full colour.

Tower of God Digadang jadi kunci kesuksesan anime korea
Tower Of God kesuksesan industri anime Korea

Industri anime di Jepang sendiri terlihat terbuka dengan hal ini. Memberi kesempatan untuk judul-judul populer di luar Jepang untuk digarap adaptasinya. Apalagi dengan permintaan streaming dari pasar yang sangat tinggi. Mengangkat dan mengadaptasi judul yang sudah populer merupakan langkah yang tepat untuk mengumpulkan penggemar baru dan mempertahankan penggemar lama.

Jika dilihat dari sisi positif ini dapat menjadi kesempatan untuk kreator-kreator luar Jepang untuk menjadi bagian dari industri besar tersebut. Bahkan mungkin saja termasuk kreator dan author asal Indonesia. Namun tentu saja ada dampak negatifnya, dimana persaingan semakin berat dengan jumlah kompetitor yang terus bertambah.

Namun hal ini bisa diatasi dengan meningkatkan kualitas diri dan kualitas karya pada diri masing-masing author. Sehingga dapat menghasilkan karya yang dapat memiliki daya saing yang kuat seperti halnya manhwa Tower Of God.