DOMIGADO – Plot atau alur merupakan salah satu aspek penting dari tontonan seperti dalam sebuah serial atau bahkan film. Plot yang baik dan bagus selain menarik juga harus logis dan masuk akal. Sehingga tidak hanya disukai penonton, sebuah tontonan juga bisa dipahami dan diambil maknanya. Namun untuk film animasi kadang aturan untuk membuat plot tidak harus masuk akal dan tidak terlalu mengikat. Dalam genre apapun, judul-judul film anime Jepang di bawah ini walaupun kamu yakin tidak akan terjadi di dunia nyata tapi tetap seru dan banyak ditonton.

1. My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro

Film anime Jepang lawas keluaran tahun 1998 ini memiliki judul dalam Tonari no Totoro dalam Bahasa Jepang. Mengisahkan dua kakak beradik Mei dan Satsuki yang pindah rumah bersama ayah mereka di Pedesaan Jepang. Tujuan keluarga kecil ini pindah rumah adalah agar lebih dekat jika ingin menjenguk ibu mereka yang dirawat di Rumah Sakit. Di hutan di sebelah rumah mereka ternyata hiduplah makhluk magis yang baik. Makhluk itu bertubuh raksasa dan terlihat seperti kelinci disebut Totoro. Mei dan Satsuki pun berteman dengan makhluk baik hati itu dan setiap hari Totoro menunjukan keajaiban yang dimilikinya kepada Mei dan Satsuki.

Sebagai film anime Jepang garapan Studio Ghibli, ketidakmasuk-akalan seperti makhluk raksasa tinggal sebelah rumah dihadirkan bukan tanpa makna. Film ini bisa mengingatkan kamu pada dirimu yang masih anak-anak. Yang masih mempercayai keajaiban dan mitos-mitos. Seperti Mei dan Satsuki yang masih mempercayai hal-hal tersebut mereka bisa melihat dan bertemu dengan Totoro.

2. Spirited Away

Spirited Away

Film Animasi fenomenal peraih piala oscar satu ini bercerita tentang Chihiro yang tersesat di Dunia Spirit. Selama menonton filmnya mungkin tidak masuk akal ya jika di dunia para roh ada penginapan. Apalagi penginapan itu dikelola dan dipimpin oleh penyihir jahat yang tamak dan licik. Namun Spirited Away membawa banyak filosofi dan makna yang dalam dari cerita yang sederhana dan bagai dongeng ini. 

Film ini mengkritik keruwetan modernisme yang menjebak manusia-manusia di dalamnya. Rasa sombong dan serakah manusia yang merusak manusia itu sendiri karena tidak pernah merasa cukup dan masih banyak sekali makna yang bisa kamu temukan ketika menonton Spirited Away. Rilis pada tahun 2001, Film Animasi garapan Studio Ghibli ini akan membuatmu terhanyut pada plotnya yang seru walaupun tidak masuk akal. 

 2. Your Name

Kimi no Nawa

Film Anime yang memiliki judul Kimi no Nawa dalam Bahasa Jepang adalah film animasi garapan Makoto Shinkai yang rilis pada tahun 2016. Menceritakan kisah romansa antara dua siswa SMA yang bernama Mitsuha Miyamoto dan Taki Tachibana. Namun romansa ini bukan romansa remaja biasa. Karena masalahnya Mitusiha Miyamoto dan Taki Tachibana tinggal di tempat yang berbeda dan berjauhan bahkan mereka berada di dimensi waktu yang berbeda. Mitsuha dan Taki terhubung karena fenomena yang aneh. Jiwa mereka selalu bertukar selama jangka waktu tertentu. Ketika menyadari yang terjadi pada mereka. Mitsuha dan Taki berusaha untuk memecahkan masalah yang menimpa mereka. Namun mereka tidak bisa berkomunikasi selain melalui mimpi dan kode-kode yang mereka buat ketika mereka bertukar tubuh.

Walaupun tukar menukar jiwa dan perbedaan dimensi waktu tidak terdengar masuk akal. Namun hal itu tidak menghalangi Your Name atau Kimi no Nawa menerima popularitas yang besar ketika dirilis. Film ini disukai dengan keindahan plot yang menyentuh, visual yang memukau dan teknik animasi yang canggih.

3. Hello World

Hello World

Film Animasi berjudul Hello World dirilis pada tahun 2019 masih sama seperti film sebelumnya. Bertemakan romance, Hello World berpusat pada kehidupan pemuda bernama Katagaki Naomi yang suatu hari bertemu dirinya dari masa depan. Tujuan Katagaki Naomi masa depan kembali ke masa lalu adalah untuk membantu Katagaki Naomi masa lalu mendekati Ruri yang merupakan teman sekelas Naomi. Ruri dikenal sebagai gadis paling dingin di Sekolahnya sampai dijuluki Si Ratu Es. Namun kembalinya Katagaki Naomi ke masa lalu dan kedekatan Naomi dan Ruri memicu serangkaian kejadian tragis.

Perjalanan waktu apalagi kembali ke masa lalu memang banyak ditampilkan di berbagai film di berbagai negara dan genre. Namun tetap saja hal itu masih tidak mungkin dilakukan dengan teknologi manusia yang sekarang. Walaupun tidak masuk akal plot Hello World akan tetap seru dan menarik untuk ditonton.

4. Weathering With You

Weathering With You

Mengkisahkan mitos mengenai gadis matahari, di mana gadis ini memiliki kekuatan jika ia memohon pada dewa hujan akan berhenti. Kekuatan bak dongeng itu dimiliki oleh Hina Amano pada masa modern. Di sisi lain, Hodaka adalah pemuda biasa dari pulau terpencil di Jepang yang ingin meraih kebebasan dan mengadu nasib di Tokyo. Pertemuan mereka dan kekuatan Hina membuat mereka membuka jasa penangkal hujan bersama demi mencari uang.

Namun setiap doa dan permohonan Hina pada langit ternyata memiliki harga yang harus dibayar oleh mereka berdua. Rilis pada tahun 2019 romance fantasy antara Hodaka dan Hina sukses menjadi Weathering With You atau dalam Bahasa Jepang berjudul Tenki no Ko. Menjadikan film garapan Makoto Shinkai ini sekali lagi menjadi film animasi yang paling populer di tahun itu. 

Itulah judul-judul film animasi dengan plot yang tidak masuk akal namun walaupun tidak masuk akal ceritanya tetap seru dan mampu membuat kamu terhanyut emosi. Dijamin otak kamu bahkan bersedia berkompromi untuk ketidakmasuk-akalannya.