Yuki-onna
Yuki-onna

DOMIGADO – Banyak seri anime dan manga Jepang yang menggunakan kisah tradisional dari Jepang. Salah satunya adalah kisah-kisah horror mengenai hantu-hantu Jepang. Salah satu hantu Jepang yang terkenal dan sering muncul baik di seri anime, manga bahkan sampai game adalah karakter Yuki-Onna.

Yuki-Onna atau gadis salju ini sering digambarkan sebagai gadis cantik dengan kulit pucat, rambut hitam panjang dan mengenakan kimono berwarna putih. Dia juga digambarkan memiliki kekuatan yang berhubungan dengan salju. Terutama nafas saljunya yang mematikan. Banyak author yang memakai nama hantu ini sebagai karakter dalam menulis ceritanya.

Dalam kisah tradisional Jepang sendiri, Yuki-Onna diketahui sebagai sosok yang biasanya datang pada musim dingin dan saat terjadi badai salju. Sosok satu ini terkadang diceritakan sebagai makhluk yang baik, kadang pula menjadi makhluk yang jahat. Sasaran perbuatannya dalam cerita-cerita biasanya adalah para pria.

Yuki Onna

Yuki-onna biasanya membantu pria yang tersesat di hutan atau di tengah badai salju. Kadang juga dia bisa berbuat jahat dengan menggoda para pria dengan maksud membunuh mereka secara tiba-tiba. Bahkan dia juga sering memasuki rumah-rumah dengan tujuan membunuh orang yang meninggali orang lain. Sosok Yuki-onna juga digambarkan sebagai makhluk yang sangat protektif kepada anaknya.

Dalam salah satu legendanya Yuki-onna diceritakan bertemu dengan dua orang laki-laki bernama Mosaku dan Minokichi. Di suatu malam Yuki-onna menghembuskan nafas saljunya kepada Mosaku dan kemudian membunuhnya. Ia tidak membunuh Minokichi karena ia masih muda dan tampan.

Namun Minokichi yang ada di dekatnya dan melihat kejadian tersebut diancam oleh Yuki-onna. Agar dia tidak mengatakan kejadian pembunuhan ini kepada siapapun. Jika ia memberitahu orang lain dan berita ini tersebar maka Yuki-onna akan membunuhnya. Karena itu, Minokichi berjanji akan menjaga rahasianya dan menutup mulut.

Yuki Onna

Kemudian Yuki-onna bertemu lagi dengan Minokichi dalam wujud manusianya dan menggunakan nama Oyuki. Mereka berdua pun saling jatuh cinta dan menjadi pasangan kekasih. Oyuki dan Minokichi menikah sampai memiliki seorang anak. Selama menikah dengan Oyuki, Minokichi bingung karena istrinya tidak pernah menua.

Oyuki pun mengungkapkan identitasnya yang sebenarnya bahwa ia adalah Yuki-onna. Ia berpesan kepada suaminya, Minokichi untuk tetap menjaga anak mereka dari apapun dan kapapun itu. Minokichi pun berjanji pada Oyuki dan menepati janjinya. Sampai akhirnya, Minokichi menjaga anaknya sampai akhir hayatnya. Ia kemudian kembali ke alamnya sambil mengawasi anaknya.

Karena kisah ini, sosok Yuki-onna selalu digambarkan sebagai makhluk yang menyerang laki-laki dan sangat menyanyangi anak-anak. Walaupun begitu tidak jarang dalam berbagai seri anime, manga dan novel ia digambarkan sebagai perempuan berhati dingin dan memiliki kekuatan yang sangat besar. Terutama kekuatannya yang berhubungan dengan salju. Seperti menciptakan bongkahan es, menciptakan badai salju, senjata dari es dan nafas salju yang mematikan.

Jangan lupa kalian juga bisa mengikuti keseruan berbagai judul serial anime terbaru dan terbaik di Domigado. Hanya dengan satu kali daftar, kalian bisa streaming melalui Domigado dengan akses melalui link di bawah ini.