DOMIGADO – Seperti yang kita tahu industri game di Indonesia masih dirajai oleh game-game yang notabenenya adalah buatan developer luar negeri. Namun walaupun perlahan, industri game di Indonesia  menunjukkan kemajuan dan terus bertumbuh serta berkembang. Game karya anak bangsa dengan berbagai genre, platform dan media telah dengan mudah kita temukan. Game-game baru dirilis setiap tahunnya dengan menghadirkan konsep dan inovasi yang baru pula.

Nah, sebagai orang Indonesia kita juga harus turut menghargai karya anak negeri. Untuk membantu perkembangan industri game dan mengapresiasi karya anak bangsa pula. Berikut ini kami rangkum 10 game asal Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Dijamin menarik dan seru abis untuk mengisi waktu luang kamu.

Fallen Legion

Fallen Legion
Fallen Legion

Game RPG ini benar-benar tidak boleh kamu lewatkan, apalagi bagi kamu yang mengaku penggemar game. Fallen Legion merupakan game pertama asal Indonesia yang bisa menembus versi konsol. Tidak hanya satu, game ini dirilis dalam berbagai versi konsol game seperti pada 2017 pada Sony Playstation 4. Kemudian menyusul di Playstation Vita dan versi untuk Nintendo Switch. Fallen Legion dirilis diberbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan. Bisa dibilang Fallen Legion merupakan pionir dan pembuka jalan bagi industri game Indonesia di mata internasional.

Game besutan MINTSPHERE dan YummyYummyTummy ini memiliki latar fantasi. Dikisahkan sebuah kerajaan Fenumia yang berada di ambang kehancuran. Dalam game ini kamu akan disediakan 2 point of view. Yang pertama yaitu Sins Of An Empire yang memiliki karakter utama Putri Cecilia.

Dalam plot ini kamu akan berjuang untuk mengembalikan kejayaan kerajaan Fenumia setelah raja sebelumnya meninggal dunia. Yang kedua adalah Flames Of Rebellion dengan karakter utama Legatus Laendur, sebaliknya di plot ini kamu memiliki tujuan untuk memberontak dan menggulingkan kerajaan Fenumia.

Azure Saga : Pathfinder

Azure Saga : Pathfinder
Azure Saga : Pathfinder

Game besutan Masshive Media ini juga merupakan game RPG dengan sistem pertarungan Turn Based. Azure Saga : Pathfinder mengambil tema sciene fiction digabung dengan fantasi medieval, dalam game ini kamu akan berperan sebagai Synch.

Putra dari seorang ilmuwan dari koloni luar angkasa bernama N.E.B.U.L.A. ditemani oleh sebagai asistennya yaitu Noide D30. Mereka berdua berusaha untuk mencari jalan pulang. Namun ditengah jalan mereka terlibat dalam konflik planet Azure. Di antara koloni luar angkasa, keberadaan Planet Azure bagaikan Mitos. Planet ini dikenal dengan sumber daya alam dan energi yang melimpah.

Game ini hadir dengan grafis 2,5D dan walupun hadir dengan sistem RPG klasik yaitu turn based. Game ini pasti bisa bikin kamu ketagihan dan kangen berat kalau lama tidak memainkannya.

Bunka no Kenkyu – Revival of Queen Leyak

Bunka No Kenkyu – Revival Of Queen Leyak

Kalau kamu suka game simulasi dengan novel visual dan tampilan yang moe-moe dan imut. Bunka No Kenkyu – Revival Of Queen Leyak bisa jadi pilihanmu. Game besutan BnK Team dan DEVGRU-P ini menggabungkan berbagai unsur dalam gamenya. Mulai dari novel visual bergenre romansa, ditambah kisah supranatural dan ketegangan thriller. Dengan setting di pula dewata Bali, dalam game ini Bali digambarkan sebagai pulau eksotik di mana teknologi, tradisi dan horror bercampur jadi satu.

Sebagai karakter utama, Tetsuo Kobayashi adalah anak dari ahli sejarah dari Universitas Kyoto. Karena suatu sebab ia terlibat dengan sebuah kutukan kuno dan perburuan internasional terhadap artefak misterius, Necronomonicon. Dipercaya bahwa ini adalah artefak milik Ratu Leak, diambil dari mitos Bali.

Leak adalah sosok siluman yang sangat ditakuti di pulau Bali. Game punya visual yang membuatmu betah melihatnya ditambah plot yang benar-benar bagai roller coaster yang bisa membawa kamu di berbagai situasi yang menarik.

Game Indonesia akan diadaptasi menjadi film layar lebar