Ilustrasi teori konspirasi
Ilustrasi teori konspirasi (foto: beritagar.id)

DOMIGADO – Banyak orang beranggapan bahwa “Teori Konspirasi” hanyalah obrolon tanpa isi di warung kopi yang tak punya bukti dan cuma mengandalkan prasangka. Tapi, mengapa “Teori Konspirasi” itu selalu muncul, terutama jika berkaitan dengan kasus-kasus pemerintah yang tak pernah selesai. Di Indonesia sendiri, kita mengenal soal Supersemar yang misterius karena tak pernah ada surat aslinya. Di dunia berkembang perbincangan soal kelompok Illuminati, Zionis, dan sebagainya.

“Teori Konspirasi” tetap hidup tampaknya karena banyak “teori” yang semula cuma dugaan belaka tapi ternyata belakangan terbukti benar. Lima teori konspirasi di bawah ini contohnya. Awalnya teori-teori konspirasi ini pernah ramai diperbincangkan, dan bahkan sempat dicemooh. Namun akhirnya bukti menunjukkan bahwa teori-teori konspirasi ini adalah benar. Apa sajakah itu? Berikut Domigado.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Proyek MK-ULTRA

teori konspirasi Proyek MK-ULTRA
Ilustrasi Proyek MK-ULTRA (Foto: boombastis.com)

Teori konspirasi yang pertama adalah tentang MK-ULTRA dan cukuplah terkenal pada masanya. Proyek yang dianggap teori konspirasi ini disebut menggunakan warga dan anggota militer AS sebagai kelinci percobaan obat-obatan halusinogen. Proyek ini dilakukan oleh CIA. Tujuannya adalah untuk mengembangkan obat dan prosedur yang dapat melemahkan seseorang saat proses interograsi. Sederhananya, CIA mencoba mengontrol pikiran seseorang menggunakan obat-obatan untuk mempermudah proses interograsi. 

Proyek MK-ULTRA sempat berjalan selama sekitar 20 tahun. Selama itu, banyak subjek percobaannya adalah warga AS dan Kanada yang tidak mengetahui apa-apa. Perlakuan tidak manusiawi seperti pemberian obat psikotropika dalam dosis tinggi, setruman listrik, hypnosis, isolasi, kekerasan, serta bentuk penyiksaan lainnya dilakukan terhadap subjek. 

Proyek ini pertama kali muncul ke publik pada tahun 1975. Namun investigasinya macet setelah 2 tahun sebelumnya, Direktur CIA, Richard Helms, memerintahkan untuk menghancurkan segala dokumen yang berkaitan dengan MK-ULTRA. Pada tahun 1977, sebanyak 20 ribu dokumen berhasil diselamatkan dan berujung pada sidang di Senat AS. Pada Juli 2001 dan Desember 2018, beberapa dokumen MK-ULTRA dibuka ke public, dan teori konspirasi ini pun terbukti.

2.  Proyek HAARP 

teori konspirasi Proyek HAARP
Antena dari Proyek HAARP (Foto: U.S. Air Force/Michael Kleiman)

HAARP adalah singkatan untuk High Frequency Active Auroral Research Program. Proyek ini dimiliki Angkatan Udara, Angkatan Laut, University of Alaska Fairbanks, dan Agensi Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA) Amerika Serikat. Teori konspirasi menyebut, proyek ini dapat mengendalikan cuaca. 

Bahkan, proyek ini dituduh sebagai biang keladi bencana seperti tornado, gempa, hingga banjir di AS dan negara lain. Sebenarnya, teori tersebut tidak sepenuhnya salah. Proyek HAARP adalah penelitian lanjutan dari penelitian teknik penyemaian awan untuk meningkatkan curah hujan di AS. Lagi-lagi, teori konspirasi kembali terbukti.