DOMIGADO – Kita bisa belajar dari air tentang ketenangan dan kesejukan. Maka banyak orang berekreasi ke tempat wisata air. Salah satunya adalah berwisata ke danau. Danau merupakan kumpulan sejumlah air tawar, yang berada di suatu tempat berbentuk cekungan yang luas. Danau bisa terbentuk oleh banyak sebab, baik itu peristiwa alami atau buatan manusia. Keindahan Indonesia salah satunya adalah sebagai negara yang memiliki banyak wisata danau yang indah dan menjadi objek wisata dunia. Di balik keindahannya sebagai tempat wisata di Indonesia ternyata ada hal lain yang bisa menjadi daya tarik suatu danau, yaitu kisah misteri yang membayanginya. Benar atau tidak kisahnya, banyak diantaranya belum terbukti alias hanya kepercayaan masyarakat saja. Berikut ini 6 danau angker di Indonesia pilihan Domigado.com

1. Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur

Danau angker Ranu Kumbolo
Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur

Ranu Kumbolo pastilah tidak asing bagi para pendaki gunung, terutama bagi mereka yang pernah menaklukkan Semeru. Ranu Kumbolo merupakan tempat para pendaki Semeru beristirahat dan berkemah. Kabarnya para pendaki yang sering melihat sesosok wanita dari tengah danau, terutama pada malam bulan purnama. Penglihatan tersebut diyakini sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo. Selain itu di lokasi ini juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal-usulnya. Menurut penduduk setempat, ikan-ikan tersebut merupakan jelmaan dari para dayang penunggu dewi Ranu Kumbolo. Karena itu ada larangan tidak tertulis agar tidak mengambil atau mengganggu ikan-ikan tersebut.

2. Danau Rawa Pening – Semarang

Danau angker Rawa Pening
Danau Rawa Pening – Semarang

Danau Rawa Pening terletak di selatan kota Semarang tepatnya di kecamatan Tuntang yang menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang. Tentu saja danau ini sangat indah tetapi juga menyimpan banyak sekali cerita misterius. Salah satu kisah legenda menyebutkan bahwa terbentuknya danau ini sangat erat kaitannya dengan kisah siluman ular yang bernama Baru Klinting. Dari danau ini mengalir sebuah sungai besar yang dibendung pemerintah untuk pembentuk listrik tenaga air alias PLTA, masyarakat sekitar percaya bahwa danau sungai tersebut merupakan bagian dari kerajaan lelembut.

Konon kadang kala pada malam hari terdengar suara tabuh gamelan yang cukup keras bergema di sekitar danau dan sungai, mirip dengan tabuhan pewayangan atau seperti suara hajatan yang sedang digelar. Padahal tidak ada penduduk yang menggelar hajatan. Jika dicari, sumber suara tersebut berasal dari seberang danau atau sungai tersebut. Tetapi jika dicari ke seberang, suara tersebut berpindah ke sisi seberangnya. Menurut warga sekitar, suara-suara tersebut merupakan pertanda bahwa keesokan harinya pasti akan ada orang tenggelam. Namun selama ini tidak terbukti, khususnya bagi penduduk lokal. Rawa Pening dianggap danau angker bagi warga sekitarnya.

3. Danau Gunung Tujuh – Jambi

Danau angker danau gunung tujuh Jambi
Danau Gunung Tujuh – Jambi

Danau Gunung Tujuh yang berada di kawasan taman nasional Kerinci Jambi tak hanya terkenal dengan keindahannya. Gunung Tujuh ini juga terkenal karena cerita misterius tentang orang pendek yang menjaga kawasan tersebut. Orang pendek tersebut adalah makhluk kecil setinggi 50 meter. Kabar yang beredar mengatakan bentuknya merupakan kombinasi antara manusia dan orang utan. Makhluk ini tidak berekor dengan telapak kakinya yang menghadap ke belakang. Beberapa penduduk sekitar tempat ini mengaku pernah melihatnya meski hanya sekilas karena pergerakan makhluk tersebut yang sangat cepat. Bagi orang Jambi danau ini menjadi bagian danau angker di Jambi. Organisasi non profit internasional World Wide Fun (WWF) bahkan pernah ikut mendanai penelitian tentang misteri ini, sejumlah kamera pun dipasang di hutan kawasan sekitarnya, namun hingga kini mahluk tersebut tidak bisa ditemukan dan tetap menjadi sebuah misteri yang masih belum terpecahkan.