Chadwick Boseman pemeran Black panther meninggal
Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman dikabarkan meninggal dunia (foto: Twitter/@ )

DOMIGADO – Aktor Hollywood, Chadwick Boseman pemeran Black Panther meninggal dunia pada Sabtu (29/8/2020) waktu setempat. King of Wakanda tersebut meninggal pada usia 43 tahun. Pada Juni 2020 lalu, Chadwick Boseman jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit. Dilansir dari laman Associated Press, juru bicaranya mengatakan bahwa Chadwick Boseman meninggal di rumahnya di Los Angeles.

Dilansir dari AceShowbiz, Kamis (25/6/2020), Chadwick Boseman tertangkap kamera dibantu kursi roda menuju UGD Santa Monica Medical Center, Amerika Serikat. Dalam beberapa bulan belakangan, kondisi kesehatannya memang menurun. Penampilannya yang sangat kurus sempat menjadi perhatian publik. Berat badan Chadwick Boseman disebut turun hingga 23 kilogram. Chadwick Boseman selama ini tak pernah mengungkapkan ke publik soal penyakitnya.

Belakangan diketahui, bahwa Pemeran Black Phanter tersebut sudah lama berjuang melawan kangker usus. Pihak keluarga Boseman mengatakan penyakit kankernya telah masuk ke stadium 4 dan sudah hampir 4 tahun juga Boseman melawan penyakit itu. Masih menurut keluarganya, Chadwick Boseman sedang menjalani kemoterapi dan operasi ketika menjalani syuting film Marshal, Da 5 Bloods, dan beberapa film lainnya.

Perjalanan karir Chadwick Boseman di dunia film 

Sebelum bergabung dengan Marvel Cinematic Universe dan bermain sebagai T’Challa, aktor kelahiran Anderson, Carolina Selatan, 29 November 1976 ini juga pernah memerankan beberapa tokoh legenda lainnya seperti James Brown dalam film Get on Up (2014), Jackie Robinson dalam film 42 (2013), dan Thurgood Marshall dalam film Marshall (2017).

Chadwick Boseman berencana untuk kembali bermain dalam sekuel film Black Panther. Selain itu, ia juga sempat mengungkap agendanya untuk kembali bermain dalam film yang diadaptasi Netflix dari drama garapan August Wilson berjudul “Ma Rainey’s Black Bottom”. Film tersebut kabarnya akan disutradarai oleh George C Wolfe, bersama dengan Viola Davis dan Colman Domingo. Penampilan Chadwick Boseman dalam film ini digadang-gadang akan menjadi salah satu penampilan terbaiknya.

Selama karirnya di dunia perfilman, Chadwick Boseman pertama kali mendapatkan peran dalam serial televisi Third Watch pada tahun 2003. Ia mulai dikenal setelah bermain sebagai tokoh bisbol ternama Jackie Robinson pada tahun 2013, yang membawanya tembus membintangi film-film indie, termasuk di antaranya “The Kill Hole” dan “Draft Day.”

Aktor Chadwick Boseman berpose di karpet merah ajang Piala Oscar 2018, Los Angeles
Aktor Chadwick Boseman berpose di karpet merah ajang Piala Oscar 2018, Los Angeles. (foto: Jordan Strauss/Invision/AP)

Perannya sebagai James Brown, seorang penyanyi dan pencipta lagu ternama asal Amerika dalam film Get on Up yang dirilis pada tahun 2014, sukses mendapatkan banyak pujian dan perhatian dari para kritikus film. Prestasi kala itu membuat Chadwick Boseman menerima lima kontrak film sekaligus dengan Marvel, termasuk “Captain America: Civil War” dan film terlarisnya yaitu Black Panther.

Film “Black Panther” telah menghasilkan lebih dari 1,3 miliar dolar di seluruh dunia. Selain muncul sebagai T’Calla dalam film Black Panther, peran T’Calla yang dimainkan oleh Chadwick Boseman juga kembali muncul dalam film Marvel lainnya yakni “Avengers: Infinity War” dan “Avengers: Endgame”.

Sebelum meninggal dunia pada Sabtu 28 Agustus 2020, Chadwick Boseman sempat bermain dalam film thriller berjudul “21 Bridges” yang sudah dirilis tahun lalu. Sementara itu, proyek terbaru yang akan diproduksi adalah sekuel dari film “Black Panther” dijadwalkan akan memulai proses syuting pada Maret 2021 mendatang.