Ilustrasi sekte agama
Ilustrasi sekte agama (foto: AP Photo)

DOMIGADO – Sekte agama adalah sebuah sistem yang dibuat oleh kelompok atau individual dalam mengekspresikan pemikirannya. Mereka membuat sebuah agama tandingan yang dirasa sudah sesuai dengan pemikiran mereka dan menganggap apa yang terjadi di dunia ini tak bisa dijembatani oleh hadirnya agama tertentu.

Sayangnya, banyak dari ajaran mereka yang cenderung ke arah sesat. Bahkan aliran sekte sesat tak segan-segan melakukan praktek paganisme yang bertentangan dengan Hak Asasi Manusia zaman sekarang. Namun tak bisa dipungkiri, di dunia ini banyak sekali berbagai aliran kepercayaan sesat atau sekte sesat.

Beberapa sekte juga memiliki ritual-ritual khusus yang rutin dilakukan para penganutnya dan bahkan ada beberapa ritual yang sangat berbahaya bahkan terkadang sampai mengorbankan nyawa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftar sekte sesat paling berbahaya dari berbagai belahan dunia.

1. Aum Shinrikyo

Pengikut Sekte agama Aum Shinri Kyo memuja Shoko Asahara
Pengikut Sekte Aum Shinri Kyo memuja Shoko Asahara (foto: FP PHOTO/TORU YAMANAKA)

Aum Shinrikyo adalah sebuah sekte agama yang ada di Jepang. Awalnya sekte ini adalah sekelompok orang yang melakukan meditasi dan yoga. Namun lambat laun berubah menjadi agama dan dipimpin oleh Shoko Asahara. Aum Shinrikyo dikenal sebagai sekte yang menginginkan sebuah kiamat bagi para manusia di dunia.

Mereka menganggap jika mempercepat kematian manusia sama halnya mengantarkan mereka menuju surga. Itulah mengapa mereka suka sekali membuat kekacauan seperti pengeboman, menggunakan gas beracun hingga menculik, dan merampok.

Sekte Aum Shinri Kyo yang mencampur adukkan ajaran Buddha, Hindu dengan pengajaran hari kiamat yang sesat melancarkan serangkaian kejahatan termasuk sejumlah serangan gas sarin di kereta api bawah tanah di Tokyo pada jam-jam sibuk Maret 1995.

2. Branch Davidians

Sekte ini percaya jika mereka ditugaskan untuk menjemput sebuah kiamat
Sekte ini percaya jika mereka ditugaskan untuk menjemput sebuah kiamat (foto: dallasnews.com)

Branch Davidians adalah sebuah sekte agama sesat yang ada di Amerika. Sekte ini percaya jika mereka ditugaskan untuk menjemput sebuah kiamat. Akhirnya mereka banyak sekali melakukan kekacauan seperti pembakaran, pengeboman, hingga aksi kriminal lain seperti melakukan kekerasan seksual terhadap wanita dan juga anak-anak.

Kelompok ini akhirnya menjadi buruan banyak sekali polisi di Amerika. Mereka dituduh menyebarkan ajaran sesat, kebencian, dan propaganda lainnya. Bahkan mereka juga melakukan pencucian otak. Branch Davidians akhirnya selesai setelah mereka semua diduga melakukan bunuh diri massal dengan meledakkan sebuah bangunan. Pada kasus ini setidaknya 76 orang tewas karena terpanggang api yang panas.

3. The Ku Klux Klan (KKK)

Sekte ini tak segan untuk membunuh orang yang tak sesuai dengan keinginan mereka
Sekte ini tak segan untuk membunuh orang yang tak sesuai dengan keinginan mereka (foto: bbc.co.uk)

The Ku Klux Klan (KKK) adalah sebuah sekte dari ektremis Kristen yang ada di Eropa. Awalnya mereka hanyalah warga sipil biasa. Namun setelah adanya perang sipil, kelompok ini membentuk sebuah kepercayaan baru dengan pengikut mencapai 4 juta orang. Bahkan ada yang bilang lebih dari itu karena banyak member yang memilih menyembunyikan identitasnya.

Kelompok ini menekan semua orang yang tak sesuai dengan keinginannya. Mereka akan menculik, hingga membunuh tanpa belas kasihan. Biasanya KKK akan mengejar orang kulit hitam, Yahudi, pemuka Katolik dan orang penting dari golongan minoritas. KKK dikenal dengan jubah putih lebar dan topeng kerucut yang hanya menyisakan lubang di mata.