Virus corona kian menyebar ke berbagai wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Pagi ini (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama corona di Indonesia. Dua warga Indonesia dikonfirmasi terpapar virus corona dan sudah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Akibat virus ini, banyak festival dibatalkan karena alasan kesehatan dan keamanan pengunjungnya. Beberapa festival di dunia yang terpaksa dibatalkan karena virus corona dapat kamu lihat daftarnya berikut ini.

1. Festival Perayaan Imlek di Tiongkok

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalnpr.org

Pemerintah Tiongkok membatalkan semua festival Imlek berskala besar untuk mencegah penyebaran virus corona. Festival Imlek yang sudah dijadwalkan pada 25 Januari hingga 8 Februari tersebut, terpaksa dibatalkan untuk mengurangi kerumunan massa dan penyebaran virus.

2. Hong Kong International Film Festival

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalhong-kong-traveller.com

Hong Kong International Film Festival batal diselenggarakan, dari jadwal yang sudah ditentukan pada Maret dan April 2020. Festival ini ditunda hingga musim panas 2020.

Karena kekhawatiran virus corona yang menyebar di Tiongkok, penyelenggara menyatakan hal ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial, supaya tidak semakin membahayakan publik.

3. StartmeupHK Festival

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalinfo.gov.hk

Acara yang telah dijadwalkan pada 10-15 Februari lalu ini, terpaksa dibatalkan karena penyebaran virus corona. Terlebih festival ini rencananya akan berlangsung di Hong Kong Convention and Exhibition Centre di Wan Hai, Tiongkok, yang berpotensi membahayakan pengunjung. 

StartmeupHK Festival adalah acara yang berfokus pada teknologi, yang telah memengaruhi industri games, pariwisata dan retail. Padahal, acara ini akan dihadiri belasan ribu delegasi dan ratusan pembicara. 

4. Konser Solo Baekho NU’EST

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalbyeolkorea.com

Pledis Entertainment, agensi yang akan menyelenggarakan konser solo Baekho NU’EST pun dibatalkan. Acara yang harusnya berlangsung di Taiwan dan Thailand pada Februari 2020 ini, terpaksa batal demi kesehatan para artis, penonton, dan staf mereka.

Tidak hanya itu, konser mini Baekho juga batal. Rencananya, gelaran konser mini Baekho-Liday di Taipei berlangsung pada 14 Februari 2020. Sedangkan, konser mini di Bangkok akan digelar pada 16 Februari 2020. 

5. Super Junior The Stage

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalflickr.com

Agen Super Junior, SM Entertainment memutuskan membatalkan konser yang sudah dijadwalkan pada Januari 2020. Dua hari setelah gagal manggung, mereka membagikan 10.000 masker ke anak-anak melalui Community Chest of Korea.

Para anggota Super Junior merasa cemas dengan kondisi anak-anak yang rentan terhadap virus corona. Masker tersebut bertujuan supaya anak-anak tidak terkena virus corona.

6. Konser Taeyeon

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalpinterest.com/simveter

One Production selaku promotor konser Taeyeon, membatalkan konser The Unseen yang jadwalnya di Singapore Indoor Stadium pada 1 Februari 2020. 

Mereka menyatakan keselamatan dan keamanan arti serta staf adalah prioritas utama. Beruntung, para fans mereka tidak merasa kecewa, justru lebih merasa lega karena alasan tersebut. 

7. Khalid Free Spirit Asia Tour 2020

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalbandwagon.asia

AEG Presents dan One Step Forward mengonfirmasi penundaan acara yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 28 Maret mendatang. 

Keputusan tersebut didasarkan karena virus corona yang menyebar di beberapa negara Asia. Mereka berjanji akan segera mengumumkan tanggal barunya. Para fans pun dipersilakan mengambil pengembalian dana tiket secara online.

8. Hong Kong Arts Festival

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Bataldiscoverhongkong.com

Tim HKAF membatalkan acara ini, karena wabah virus corona yang berpusat di Tiongkok. Festival yang akan dibuka selama sebulan ini dijadwalkan akan menampilkan 120 penampil.

Pertunjukan tersebut terdiri dari musik, tarian, teater, dan opera. Namun, mereka mengumumkan akan mencoba menjadwalkan ulang beberapa pertunjukan. Para penonton yang akan menyaksikan festival ini pun sangat kecewa.

9. Konser Ren NU’EST

Karena Virus Corona, Ini Deretan Festival yang Terpaksa Batalkpopmap.com

Selain Baekho, konser Ren NU’EST yang dijadwalkan di Macau pada 31 Januari 2020 juga ikut batal. Agensi pun meminta maaf dan mengharap pengertian para penggemar yang telah menantikan konser tersebut. 

Sumber : popbela.com