DOMIGADO – Syekh Ali Jaber, salah satu ulama dan pendakwah kenamaan tanah air menjadi korban penusukan orang tak dikenal. Saat kejadian, Syekh Ali Jaber sedang mengisi sebuah pengajian di Masjid Falahudin, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung, Minggu (13/9/2020). Akibat kejadian itu, Syekh Ali Jaber mengalami luka tusukan di bagian bahu kanan.

Adapun video penusukan Syekh Ali Jaber tersebar dan viral di media sosial. Dari video itu, tampak seorang pemuda berkaus biru naik keatas panggung dimana Syekh Ali sedang berbicang dengan dua jemaah di sebelah kiri tempat duduknya. Pemuda tersebut terlihat langsung berlari menusukkan sebilah pisau ke arah sang ulama. Syekh Ali Jaber mencoba menghindar, tetapi naas pisau tersebut mengenai bahu kanannya.

“Jadi benar ada kejadian penusukan dari seorang pelaku di tengah kegiatan masyarakat yang bersifat keagamaan dengan mengundang Syekh. Pas kegiatan itu, terjadi penusukan yang dilakukan seseorang yang tidak dikenal,” ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Minggu (13/9/2020), mengutip dari laman detikcom (Senin/14 Sep 2020).

Berikut adalah beberapa fakta menarik mulai dari peristiwa penusukan hingga pelaku yang kini telah diamankan pihak berwajib.

1. Detik-detik Penusukan Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber mengungkapkan detik-detik saat dia hendak ditusuk orang tak dikenal. Ketika tahu ada orang datang dan akan mencelakai dirinya, dia langsung mengangkat tangan untuk menutupi bagian leher. Lalu, pisau yang dibawa pelaku menusuk lengannya.

“Saya bisa selamat karena Allah takdirkan. Saya angkat tangan di posisi ke depan leher dan dada, dan tusukan cukup keras, cukup kuat, sampai separuh pisau masuk ke dalam, cukup dalam,” kata Syekh Ali dalam video yang diunggah di akun YouTube ‘Syekh Ali Jaber’, Minggu (13/9/2020).

Dia menyebut pisau tertancap di lengannya hingga patah. Patahan pisau itu kemudian dia ambil sendiri.

“Alhamdulillah di tangan, bukan di leher, sampai patah pisaunya. Saya sendiri yang lepaskan pisaunya, yang sudah patah di dalam. Saya keluarkan, Alhamdulillah, Alhamdulillah, Inalillahi wainnailaihi rojiun,” kata Ali.

2. Pelaku berhasil diamankan

Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Yan Budi Jaya mengatakan pelaku penusukan saat ini sudah diamankan oleh petugas di Mapolsekta Tanjungkarang Barat dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku merupakan seorang pemuda berumur 24 tahun bernama Alpin Andrian Bin M. Rudi

“Pelaku sudah diamankan, saat ini masih dalam pemeriksaan guna pendalaman,”ungkapnya.

Menurutnya, kondisi korban saat ini baik-baik saja, dan malam ini beliau sedang melanjutkan agenda kegiatannya di Daerah Sukarame, Bandarlampung, kepada CNN Indonesia.com, Minggu (13/9/2020) malam.

3. Pelaku Penusukan Tinggal Tak Jauh dari Lokasi Acara

Polisi menyebut pelaku penusukan berinisial AA berusia 24 tahun. Pelaku tinggal tak jauh dari lokasi acara ceramah tersebut.

“Untuk tersangka ini atas nama inisialnya adalah AA, berusia 24 tahun,” ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arstad, saat dihubungi, Minggu (13/9/2020).

“Beralamat tidak jauh dari lokasi tempat kejadian perkara,” ucap Pandra.

4. Pelaku mengaku sering dihantui