Oyong atau gambas merupakan salah satu sayuran sejenis labu yang berwarna hijau dengan tekstur kulit sedikit keras dan  memiliki gelombang vertikal. Sayuran ini biasa dijual di pasar dengan harga terjangkau. Tekstur daging lembut dengan rasa segar saat disantap menjadikan oyong banyak digemari oleh banyak orang. Domigado.com kali ini akan membahas 10 manfaat oyong untuk kesehatan yang jarang diketahui orang.

tanaman oyong atau gambas
Oyong atau gambas. Foto Agrotek.id

Sayuran dengan bentuk lonjong ini memiliki banyak serat dan thiamin, seng, besi, mangan, hingga magnesium. Dalam bahasa Hindia sayuran ini disebut Turai, sedangkan di China disebut turiya, dodka sponge labu, okra, atau acuntangula. Labu ini tumbuh dengan baik di kawasan Afrika, Amerika Serikat, dan tentu saja di Asia. 

sayuran dari oyong atau gambas
Sayur oyong

Selain rasanya yang enak, sayuran yang biasanya dimasak sebagai sayur bening ini ternyata mengandung banyak manfaat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi oyong yang jarang diketahui.

 1. Mampu Mencegah Penyakit Mata

Oyong atau gambas untuk kesehatan mata
Oyong atau gambas mampu mencegah sakit mata. Ilustrasi foto cantik.tempo.co

Manfaat konsumsi oyong atau gambas yang akan kamu dapatkan yaitu mencegah penyakit mata. Banyaknya kandungan vitamin A pada oyong mampu mencegah degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan pada mata. Yuk mulai sekarang rajin mengonsumsi oyong. Dengan mengonsumsi sayuran ini artinya Kamu menjaga kesehatan matamu sendiri. 

 2. Mampu Mencegah Diabetes

Oyong memiliki kandungan Mangan yang dipercaya mampu mencegah diabetes. Zat Mangan merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam memroduksi enzim pencernaan. Bagi Kamu yang terindikasi terkena penyakit diabetes, dapat rutin mengonsumsi sayuran oyong sebagai langkah pertama pengobatannya. 

 3. Mampu Mencegah Nyeri Otot

Selain mencegah diabetes, oyong juga dapat mencegah nyeri otot lho. Hal ini karena oyong atau gambas memiliki kandungan kalium yang berperan penting untuk menstabilkan cairan dan melemaskan otot. Selain itu, oyong juga mengandung tembaga yang berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mampu mencegah nyeri sendi. 

oyong atau gambas untuk mencegah nyeri otot
Ilustrasi foto halodoc.com

 4. Bermanfaat Bagi Jantung

Sebuah penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Serangan jantung tak hanya membuat kerugian dalam segi finansial, tapi juga membuat meninggal dalam waktu tak terduga. Manfaat konsumsi oyong selanjutnya yaitu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena pada sayuran oyong terdapat vitamin B5 yang dipercaya mampu mengurangi risiko kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga dengan rutin mengonsumsi oyong, kesehatan jantungmu akan tetap terjaga.

 5. Mampu Menjaga Fungsi Otak

Mampu menjaga fungsi otak merupakan salah satu manfaat konsumsi oyong. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dalam oyong memiliki peranan penting bagi kesehatan otak. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menimbulkan kegelisahan, emosi yang tidak stabil atau mudah tersinggung, dan lalai. 

Hal ini karena tanpa adanya zat besi, maka otak akan kekurangan asupan oksigen sehingga menurunkan produktivitas otak. Maka dari itu, selalu konsumsi sayuran oyong untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga kesehatan otak.

 6. Mampu Meredakan Sembelit

Sama seperti manfaat yang dimiliki sayuran lain, oyong atau gambas juga mampu melancarkan pencernaan yang menjadi penyebab sembelit. Hal ini karena oyong memiliki kandungan selulosa yang sangat baik bagi pencernaan, serta kandungan air yang tinggi sehingga mampu meredakan sembelit atau susah buang air besar.

 7. Mampu Mencegah Jerawat

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata rutin mengonsumsi oyong juga baik untuk kesehatan kulit lho, salah satunya mampu mencegah timbulnya jerawat. Bagi Kamu yang memiliki masalah jerawat, dapat rutin mengonsumsi oyong untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat di wajah lho.

Hal ini karena adanya kandungan vitamin C pada oyong sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, oyong juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat meminimalisir dehidrasi yang dapat terjadi pada kulit. 

 8. Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat konsumsi Oyong atau gambas selanjutnya yaitu dapat membuat kulit menjadi jernih dan mampu menjaga kehalusan kulit. Hal ini karena banyaknya kandungan vitamin C pada oyong mampu mencegah berbagai permasalahan kulit seperti mengatasi kulit kering, mampu mencegah keriput, dan mampu mencegah penuaan dini. 

Ilustrasi foto. freepick.com

9. Mampu Menurunkan Berat Badan

Sudah melakukan berbagai cara namun berat badan tidak berkurang? Mulai sekarang Kamu dapat rutin mengonsumsi oyong agar berat badanmu berkurang. Hal ini karena rendahnya lemak jenuh, kalori, dan kolesterol pada oyong tidak akan memengaruhi pertambahan berat badan. Sehingga sayuran ini sangat cocok dijadikan solusi menu diet untuk menurunkan berat badan. Yuk mulai sekarang rutin konsumsi oyong agar program dietmu berhasil.

10. Mampu Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Manfaat dari sayuran yang memiliki tekstur daging menyerupai spons ini cukup ampuh dalam menyembuhkan luka lho. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C yang berperan penting dalam memroduksi protein untuk membangun otot kulit, sehingga dapat menyembuhkan luka secara cepat. Buat kamu yang ingin membentuk otot juga sangat bagus jika mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Selain rasanya yang lezat, manfaat konsumsi oyong sangat beragam mulai dari kesehatan tubuh hingga kesehatan kulit. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu sudah mendapatkan khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Kamu dapat mengonsumsi oyong dengan mengolahnya menjadi sayur berkuah maupun sebagai tumis. Yuk mulai jaga kesehatan dengan rutin konsumsi oyong!

Author : Anggi Putri