sehatkan otak dengan bermain catur
sumber pinterest

DOMIGADO – Bukan cuma tubuh saja yang butuh olahraga, otak juga membutuhkan olahraga agar tetap tajam dan terasah. Melakukan olahraga untuk sehatkan otak dapat membuat saraf-saraf baru dalam otak terbentuk, sehingga mencegah kamu mengalami gejala demensia atau kepikunan sejak dini. Banyak orang beranggapan, olahraga otak hanya ditujukan untuk anak. Padahal di usia dewasa, otak juga perlu olahraga agar tetap fit. Kegiatan-kegiatan tertentu untuk sehatkan otak bisa membuat otak lebih terasah. Kemampuan berpikir dan daya ingat juga bisa meningkat. Yang paling penting, dengan melatih otak bisa menjaga kita dari penyakit yang dapat menyerang otak, seperti Alzheimer yang bisa ditekan dengan melatih otak sejak dini dan secara rutin.

Disamping itu, jalinan saraf-saraf baru juga meningkatkan ketajaman otak untuk berpikir logis dan memecahkan masalah. Itulah sebabnya, olahraga otak penting untuk dilakukan disegala usia terutama orang tua. Kegiatan ini bisa menjaga otak tetap berfungsi dengan baik. Namun, olahraga otak ini tidak sama persis seperti olahraga pada umumnya.

Lalu apa saja olahraga otak yang bisa dicoba? Berikut beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan otak yang dirangkum dari berbagai sumber:

Mencoba Hal Baru

Mencoba kegiatan baru bisa meningkatkan kemampuan otak kamu. Selain mendapat hal baru, kegiatan ini juga menyenangkan. Carilah kegiatan atau hobi yang ingin kamu coba. Dengan cara ini, otak akan tertantang untuk menyerap ilmu baru.

Mencoba hal baru bisa membantu orang dewasa untuk mempertahankan daya ingat. Misalnya saja, kamu bisa memulainya dengan mempelajari bahasa asing atau bahasa yang belum kamu mengerti sebelumnya. Tahukah kamu belajar bahasa asing dapat mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak kamu mulai berbicara, lho. Pasalnya, penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan pasokan darah ke otak, sehingga kesehatan jalinan saraf dalam otak dapat tetap terjaga.

Bermain Kartu atau Permainan Asah Otak

Selama ini, mungkin kamu tidak mengira jika bermain kartu bisa bermanfaat. Permainan kartu, seperti bridge dan poker, bisa membantu mengasah kemampuan otak. Permainan ini membantu mengasah daya ingat dan cara berpikir. Tentu, bermainnya tidak pakai taruhan uang ya. Selain bermain kartu, kamu bisa mencoba permainan lain yang mengandalkan strategi. Banyak permainan yang dikenal sebagai olahraga otak yang cukup efektif, antara lain catur dan scrabble. Selain itu, teka-teki silang, puzzle, dan Sudoku juga bermanfaat untuk melatih kemampuan otak, khususnya otak kiri.

Bila kamu ingin melatih otak dengan bermain teka-teki silang dan puzzle, kamu disarankan untuk meningkatkan kesulitan dan membuat strategi baru dari hari ke hari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan otak dalam memecahkan masalah. Sedangkan catur, monopoli dan game komputer bermanfaat untuk mengasah otak kanan dalam berpikir kreatif.

sehatkan otak dengan menggambar peta
pinterest

Menggambar Peta

Kamu punya hobi jalan-jalan, sesekali cobalah untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan. Kemudian, gambarlah peta dari hasil jalan-jalan kamu.

Setelah selesai menggambar, bandingkan dengan peta asli atau Google Maps. Kegiatan ini bisa “memaksa” otak untuk mengingat sesuatu.

Dengan demikian, daya ingat kamu juga terasah dengan aktivitas ini.

Gunakan Tangan Yang Tidak Dominan

Kalau kamu dominan tangan kanan, maka sesekali gunakan tangan kiri. Cobalah melakukan aktivitas menggunakan tangan kiri kamu. Atau orang biasa menyebutnya kidal. Cara ini bisa melatih otak terutama memperkuat pikiran.

Bersosialisasi

Bertemu dan bersosialisasi dengan teman bisa menurunkan resiko demensia dan tentunya dapat sehatkan otak . Selain itu, memiliki jaringan sosial dapat melindungi seseorang dari gejala penyakit Alzheimer. Jadi, kamu bisa rutin berkumpul bersama teman-teman, ikut sebuah komunitas tertentu, atau sekadar mengobrol dengan tetangga dan lainnya agar kesehatan otak tetap terjaga. Bersosialisasi memengaruhi kinerja beberapa bagian otak. Hal ini bisa meningkatkan sekaligus menjaga kinerja otak.