Ilustrasi foto. mutterntochter.wordpress.com

Nonton film adalah salah satu hiburan keluarga yang sering menjadi rutinitas setiap weekend. Banyak orang yang telah menikah, lalu menjadi orangtua, memiliki anak, sulit melakukan kegiatan di luar, misalnya nonton bioskop. Di satu sisi, Anda ingin kembali melakukan hobby menonton, namun satu sisi mungkin merasa tidak tega untuk meninggalkan anak Anda -apalagi jika masih bayi- untuk pergi menonton bioskop. Dan kalau ada film-film baru yang telah lama ditunggu, hal ini akan menjadi dilema.

Para pasangan muda, banyak yang sebenarnya tetap ingin nonton film baru, namun khawatir bayinya akan rewel di dalam bioskop. Padahal sebenarnya, tidak usah terlalu menghindari nonton film di bioskop ketika sudah memiliki anak bayi.

Butuh banyak persiapan untuk mengamankan acara menonton Anda bersama keluarga. Dulu bebas-bebas saja ya, mau nonton tinggal jalan. Nah sekarang, Anda tidak lagi bisa dengan spontan menonton bioskop. Karena kalau mau menonton dengan anak Anda, tentu banyak persiapan

Kalau membawa bayi nonton film di bioskop membutuhkan beberapa persiapan. Baik mulai dari sebelum sampai saat menonton film.

Berikut ini 6 tips bagi Anda, para pasangan muda yang ingin membawa bayi saat menonton film:

1. Beri pakaian yang nyaman

Pakaikan bayi baju casual yang nyaman, bisa menyerap keringat. Baju celana panjang dan juga pakaikan jaket mengingat udara dalam bioskop pasti dingin.

2. Lindungi Bayi dari kuman

Membawa bayi keluar rumah ke tempat umum, tentu punya risiko besar. Ingat, bioskop memungkinkan bayi Anda dapat berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini membuat bayi Anda menjadi lebih berisiko terpapar bakteri serta virus penyebab penyakit. Sama halnya tempat umum lainnya, bioskop bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman penyakit. Untuk mengantisipasinya, jangan lupa, selalu bawa gel cuci tangan –handsanitizer maupun tisu basah antibiotik khusus bayi, untuk membersihkan seluruh kursi serta pegangan tangan yang terdapat di kursi bioskop.

 3. Bawa barang kebutuhan Bayi

Bioskop adalah ruangan uum, tentu orang yang nonton nggak akan mau terganggu kerewelan bayi Anda. Bayi bisa saja tiba-tiba rewel karena kurang nyaman saat menonton bioskop, hal ini tentu dapat mengganggu Anda sebagai orangtua, dan juga penonton lain yang sedang menikmati film tersebut. Bisa-bisa Anda ditegur. Karena itu, sebaiknya membawa berbagai barang yang dapat membantu menjaga bayi tetap tenang saat di dalam bioskop. Anda dapat membawa empeng, botol susu, mainan, selimut, maupun benda lain yang dapat membuat bayi Anda merasa tenang.

Ilustrasi Foto. showandtellonline.com.au

 4. Pilih film yang tidak berisik

Sebaiknya Anda memilih film yang bukan action atau horor. Bayi bisa kaget, rewel, bahkan menangis saat ada adegan tembak-tembakan, teriakan-teriakan atau ledakan bom. Pilihlah film yang memiliki lebih banyak adegan tenang, banyak dialog, dibandingkan dengan aksi-aksi yang menimbulkan suara keras yang akan membuat tidak nyaman bayi Anda. Kemampuan bayi dalam menerima suara-suara yang keras, berbeda dari orang dewasa. Hati-hati, karena volume suara yang melebihi 45 desibel, berisiko menimbulkan gangguan pendengaran pada bayi. Dan tahukah Anda? Kalau beberapa jenis film seperti film action dan horor bisa memiliki volume hingga 90 desibel.

5. Pilih kursi yang strategis

Saat membawa bayi, jangan sekali-kali memilih kursi yang berada di tengah studio. Karena hal ini akan mengharuskan Anda melewati beberapa penonton lain, untuk keluar misal bayi rewel. Anda akan mondar mandir beberapa kali melewati penonton lain. Tentu hal ini sangat membuat penonton lain merasa tidak nyaman. Anda harus memilih kursi yang terletak di pinggir atau yang dekat dengan pintu keluar. Perlu diingat, perilaku bayi sulit diduga. Meski Anda telah melakukan banyak persiapan, bayi bisa saja berlaku di luar prediksi Anda. Namanya juga bayi. Makhluk mungil yang belum bisa berpikir apa pun selain hanya bisa merasakan nyaman atau tidak badannya dengan sekelilingnya. Dengan memiliki tempat duduk yang strategis, Anda dapat lebih mudah menuju toilet atau keluar untuk menenangkan bayi yang rewel atau menangis.

6. Datanglah lebih awal

Agar Anda bisa leluasa memilih kursi yang nyaman, sebaiknya datang lebih awal untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan ketika membawa bayi ke bioskop.  Tenangkan bayi sedini mungkin. Nyamankan bayi semaksimal mungkin sebelum masuk bioskop. Jika Anda akan menyaksikan film yang ramai penonton, maka pastikan Anda masuk terlebih dahulu. Jangan sampai terlambat hingga akhirnya harus mengantri, berbarengan dengan banyak orang. Riuhnya suasana bisa membuat bayi rewel, mengingat bioskop adalah tempat asing baginya. Cobalah untuk datang sekitar 20 menit lebih awal dari jam tayang.

Perlu dipikirkan, bahwa ruang bioskop yang gelap dan dingin mungkin bisa membuat beberapa bayi bisa tidur lebih nyenyak namun bisa sebaliknya, bayi bisa rewel. Kalau bayi Anda termasuk bayi yang sensitif terhadap suara keras dan tidak dapat tidur dengan suara yang berisik, atau takut ruangan gelap, sebaiknya jangan paksakan membawanya ke bioskop.

Membawa bayi untuk menonton film di bioskop memang memerlukan berbagai persiapan lebih. Jangan egois menjadi orang tua. Jangan sampai karena keinginan menghibur diri,  menonton film favorit di bioskop, Anda lalu harus memaksakan membawa sang buah hati ke lingkungan yang membuatnya tidak aman dan nyaman.

Author : Lancana