Virus Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona memang telah menjadi masalah berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Untuk memperlambat penyebaran virus ini banyak pemerintah yang memberlakukan kebijakan lock down. Yaitu kebijakan yang melarang penduduk untuk beraktivitas di luar dan mengisolasi diri di rumah. Di Indonesia sendiri walaupun sistem lock down tidak sepenuhnya diberlakukan, namun telah ada himbauan untuk stay at home atau tetap di dalam rumah dari pemerintah. 

Walaupun stay at home dilakukan demi kebaikan bersama, namun stress dan rasa bosan tidak bisa dihindari karena harus tetap di rumah selama berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Apalagi jika kita tetap di rumah tanpa kegiatan atau rutinitas seperti yang biasa kita lakukan di hari-hari biasa. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama stay at home untuk mengurangi rasa bosan. 

Olahraga 

Ilustrasi Foto. boxxldn.com

Di hari-hari biasa mungkin kita tidak bisa menyempatkan diri untuk olahraga, mungkin ada yang sempat namun waktunya sangat terbatas. Alasannya karena terhalang oleh kesibukan sehari-hari. Nah, sekarang sudah tidak ada lagi alasan tidak ada waktu untuk olahraga. 

Untuk mengisi waktu selama stay at home, kamu bisa melakukan work out di rumah. Apalagi kalau kamu memiliki alat-alat olahraga pribadi. Kalau tidak punya? Jangan dijadikan penghalang untuk tidak berolahraga. Karena kamu masih bisa berolahraga dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana. Mungkin saja senam poco-poco di ruang tamu atau mengikuti tutorial yoga di Youtube dari atas tempat tidur. 

Mencoba Resep Baru

Ilustrasi Foto. sustagen.com

Untuk kamu yang suka bookmarks resep-resep makanan dan minuman kekinian dari website dan sosial media. Tapi tidak sempat untuk mencoba karena tidak ada waktu. Ini adalah saatnya untuk menjajal kemampuan masakmu. Mulai dari resep kopi dalgona atau carbonara mie instan bisa kamu buat selama masa karantina ini. 

Setelah itu kamu bisa mengajak keluargamu untuk mencicipi hasil masakanmu agar suasana rumah tidak suram dan kamu bisa semakin dekat dengan keluarga. Tapi pastikan dulu hasil masakannya enak ya.

Belajar Bahasa Baru

Kamu yang selama ini cuma bisa bercita-cita nonton Drama Korea, Anime Jepang atau Film Hollywood tanpa subtitle. Inilah waktu yang tepat untuk mulai mewujudkan mimpi kamu. Di hari-hari biasa kita biasanya terhalang oleh kesibukan dan tugas-tugas lainnya sehingga tidak sempat mempelajari bahasa yang ingin kita kuasai. Apalagi untuk belajar dan menguasai bahasa baru diperlukan usaha dan proses panjang yang membutuhkan banyak waktu dan perhatian kita.

Selama stay at home kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi belajar bahasa yang bisa di download di smartphone kamu. Kamu bisa memulai belajar bahasa baru yang kamu inginkan. Karena kamu punya banyak waktu kosong di rumah, kamu bisa mempelajari materi dan mengulang percakapan sebanyak dan selama yang kamu mau. Mungkin saja setelah stay at home berakhir, kamu sudah lancar bicara dalam bahasa baru. 

Membaca Buku

Siapa nih, yang punya reading list panjang tapi belum mulai membaca? Atau sudah punya banyak buku tapi tidak sempat untuk membaca? Stay at home adalah waktu yang tepat buat kamu mencicil dan menyelesaikan reading listmu. Buku-buku di rak buku jangan sampai berakhir sebagai pajangan atau pengumpul debu. Mulai baca buku-buku di rumahmu. Di rumah, kamu bisa bersantai sambil membaca buku. 

Selain untuk mengisi waktu, membaca buku bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Apalagi kalau seusai pandemi kamu jadi punya kebiasaan membaca buku yang rutin. 

Streaming Film Favoritmu 

Aktivitas ini termasuk yang kamu must do it selama stay at home. Drama-drama Korea yang belum sempat kamu tonton, serial-serial yang ingin kamu tamatkan atau season terbaru anime favorit kamu. Ini adalah waktu yang tepat untuk kamu menontonnya sampai tamat sekaligus. Selama stay at home, kamu punya banyak waktu untuk marathon nonton drama, film atau serial favorit kamu bahkan sampai tengah malam. Tentunya, kamu tidak perlu khawatir besok bangun kesiangan untuk masuk sekolah atau kerja. Namun, jangan lupa waktu dan tetap tidur yang cukup, ya. 

Bersih-bersih 

Malas-malasan selama stay at home? Sah-sah saja, tapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah dan kamar kamu. Untuk kamu yang selama ini merasa bersih-bersih rumah kurang maksimal karena tidak cukup waktu. Stay at Home bisa memberimu waktu untuk melakukan bersih-bersih total. Kamu bisa membersihkan sudut-sudut rumahmu yang selama ini tidak sempat kamu bersihkan karena tidak ada waktu. Mungkin selama bersih-bersih kamu bisa mendapatkan ide untuk mendekor ulang atau menata ulang rumah dan kamar kamu agar nampak segar dan baru. 

Merawat kulit atau Skincare-an

Tidak hanya untuk para perempuan, untuk para laki-laki pun stay at home bisa menjadi waktu yang tepat untuk merawat kesehatan kulit dengan lebih maksimal. Di hari-hari biasa, kulit kita pasti seringkali terpapar polusi dan sinar matahari dengan tetap di rumah. Otomatis kulit kita tidak menghadapi tantangan sebanyak di luar rumah. Sehingga kita bisa mengistirahatkan kulit kita dari pengaruh buruk lingkungan luar.

Jika selama ini skincare rutin kita cuma yang basic saja karena tidak ada waktu untuk melakukan skincare rutin dengan step yang panjang. Selama stay at home kamu bisa menambah step di skincare rutinmu. Seperti memakai masker wajah, lulur badan dan exofliating tapi jangan dilakukan setiap hari ya karena skincare yang berlebihan malah akan memberi pengaruh buruk bagi kulit. Dijamin kamu akan makin kinclong setelah masa karantina. 

Gimana? Sudah ada ide untuk mengurangi kebosananmu selama stay at home? Sebenarnya banyak kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa kita lakukan selama di rumah. Kegiatan-kegiatan yang selama ini kita lupakan dan tidak sadari karena terlalu sibuk dengan rutinitas dan kesibukan setiap hari.

Selain untuk tujuan kesehatan, manfaatkan stay at home untuk mengeksplor diri kita dan menyadari hal-hal yang kita lewatkan ketika kita sibuk dengan dunia luar. Jadi, di rumah saja dulu, ya. 

Author : Virgin Tirta