Ibu sosok terpuji di dunia ini. Ibu memiliki cinta yang agung dan kasih sayang di sepanjang napasnya. Sosok Ibu memang layak dijadikan energi sebuah novel atau buku kumpulan cerpen, juga puisi, bahkan film. Siapa yang nggak pernah merasakan jasa Ibu? Yang kangen Ibu yuk baca buku-buku tentang Ibu, atau menonton film-filmnya. Kalau sudah ingat Ibu, rasanya ingin pulang dan segera memeluknya. Meski seringkali Ibu ngomel, super bawel, bahkan sangat gaduh kalau sudah memberi nasihat, Namun sebenarnya saat itu, Ibu sedang menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya buat kamu.

Ada beragam macam kisah yang bisa menceritakan tentang ibu, baik dalam bentuk novel ataupun cerpen. Ada yang berkisah tentang perjuangan, pengabdian, kesetiaan, cinta, perlawanan hingga  persahabatan. Bicara ibu bicara sesuatu yang sakral, yang tak pernah selesai, yang selalu membuat rindu. Sifatnya selalu universal. Semua orang bisa merasakannya.

Berikut ini 10 novel tentang Ibu yang wajib kamu baca!

1. Bumi Manusia

Bumi Manusia

Novel ini terbit tahun 1980. Karakter ibu dalam cerita ini muncul dalam tokoh Nyai Ontosoroh. Dia digambarkan sebagai sosok ibu yang baik hati, tegas, keras, dan berjuang demi anaknya, Annelies. Novel karya Pramoedya Ananta Toer ini menjadi salah satu novel terbaik yang menceritakan perjuangan seorang wanita di zaman kolonial dan telah diangkat ke layar lebar.

 2. Air Mata Terakhir Bunda

Novel ini ditulis oleh Kirana Kejora dan terbit pertama kali pada tahun 2011. Novel Air Mata Terakhir Bunda best seller, telah diangkat ke layar lebar dan menang di beberapa festival, baik International maupun National. Berkisah tentang perjuangan seorang Ibu dalam kondisi kemiskinan yang mengantarkan anak-anaknya meraih cita-cita. Novel yang diadaptasi dari kisah nyata ini menceritakan perjalanan hidup seorang anak bernama Delta yang dibesarkan seorang ibu yang begitu mencintainya. Sriyani, ibu dari Delta dan Iqbal adalah orangtua tunggal yang harus berjuang membesarkan kedua anak laki-lakinya. Namun saat Delta wisuda, pada hari yang sama, sang Ibu meninggal dunia.

3. Ibu, Doa yang Hilang

Ibu, Doa yang Hilang sebuah buku yang terdiri dari 29 cerita pendek namun saling berkesinambungan hingga mirip sebuah novel. Terbit pada tahun 2014. Buku yang mengangkat kisah nyata kehidupan pribadi penulisnya, Bagas Dwi Bawono ini dipersembahkan sebagai ucapan terima kasih kepada ibunya yang telah meninggal dunia. Bagas, secara rinci menceritakan tentang perjuangan ibunya, seorang single mom, yang harus bekerja membanting tulang, agar anak-anaknya dapat melanjutkan pendidikan hingga sarjana.

4. Dua Ibu

Dua Ibu adalah kisah tentang seorang ibu dengan sembilan anak; Solemah, Mujanah, Jamil, Ratsih, Herit, Adam, Mamid, Prihatin dan Priyadi. Di sini dikisahkan perjuangan ibu membesarkan anak-anaknya tak mengenal lelah. Novel karya Arswendo Atmowiloto ini terbit pertama kali tahun 1980. Novel itu salah satu narasi terbaik yang menjadi pemenang hadiah pertama Yayasan Buku Utama 1981 untuk Karya Fiksi Terbaik.

5. Ibuk

Novel berdasarkan kisah nyata yang dialami penulisnya ini terbit tahun 2012, karya Iwan Setyawan. Tentang Tinah, seorang Ibu, istri seorang sopir angkot di Batu-Jawa Timur, yang memiliki 5 anak. Berjuang sekuat tenaga untuk mendidik anak-anak agar bisa bersekolah tinggi. Berusaha membantu meringankan beban suami, menerima semua kondisi keluarga dengan tabah. Perempuan sederhana yang perkasa.

6. Genesis

Genesis adalah sebuah novel karya, Ratih Kumala yang terbit tahun 2005. Novel Genesis bercerita tentang gadis bernama Pawestri, yang dibesarkan dalam keluarga Katolik yang taat. Pada usia 19 tahun, ia terpikat dan jatuh cinta dengan seorang pemuda yang menghamilinya sebelum menikah dan pergi meninggalkannya begitu saja. Hal ini membuatnya dikutuk dan diusir oleh ayahnya. Sementara sang ibu harus taat, hanya mampu diam saja. Saat itulah, peran seorang ibu yang harus tunduk pada suami dan cinta kasihnya yang luar biasa pada anak mengujinya. Kasih Ibu sepanjang hembusan napasnya.

7. Rindu Ibu adalah Rinduku

Rindu Ibu adalah Rinduku adalah novel karya sastrawan senior, Motinggo Busye. Motinggo Busye merupakan sastrawan penting yang banyak menelurkan karya pada tahun 60-an. Rindu Ibu adalah Rinduku berkisah tentang seorang perempuan bernama Lisdayani, seorang istri dan ibu dari enam orang anak.

8. Bila Esok Ibu Tiada

Novel ini terbit tahun 2014, ditulis oleh Nagiga Nur Ayati. Berkisah tentang sepuluh anak manusia yang memiliki sifat dan menjalani kebiasaan berbeda-beda ketika ibu mereka masih ada. Novel ini memberi gambaran bagaimana jika seorang ibu meninggal, lalu akan ada penyesalan seperti apa yang dirasakan anak-anaknya.

9. Ketika Ibu Melupakanmu

Novel berdasarkan kisah nyata yang ditulis DY Suharya dan Dian Purnomo ini berkisah tentang seorang ibu yang divonis menderita Alzheimer. Penyakit ini telah menurunkan fungsi otak yang menyebabkan sang ibu gangguan ingatan, minder, dan juga sulit berpikir. Novel ini diambil dari kisah nyata ibu dari DY Suharya yang diluncurkan tepat pada hari ibunya.

10. Athirah

Novel yang ditulis oleh penulis otobiografi ternama Indonesia, Alberthiene Endah, ini berkisah tentang ibu dari Jusuf Kalla. Athirah diambil dari nama asli ibunda Jusuf Kalla. Dan novel ini telah diangkat ke layar lebar.