Domigado – Kini semakin banyak orang peduli dengan kesehatan dirinya. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya orang lari pagi atau sekadar jalan santai saat weekend, gym hampir selalu penuh, dan satu lagi olahraga yang sedang menjadi tren di masyarakat yaitu bersepeda. Tidak hanya di ibukota, hobi bersepeda sudah banyak dijumpai dikota-kota besar lainnya hingga daerah dengan atributnya. Banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan sebelum bersepeda. Hal-hal tersebut tentunya berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan.

Tidak hanya dua hal tersebut, kesenangan pun harus diperhatikan agar kegiatan bersepeda tidak cepat membosankan. Maka itu ada baiknya untuk mencoba 5 aplikasi sepeda terbaik di android. Aplikasi sepeda sangat membantu para penggunanya loh. Kegiatan olahraga sepeda bisa terukur dengan baik, rutenya bisa diatur yang aman, dan yang lebih seru adalah bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman lain yang bersepeda juga.

Jika dulu sepeda lebih difungsikan sebagai kendaraan, namun sekarang sepeda lebih berfungsi sebagai alat penyalur hobi sekaligus olahraga. Bersepeda dengan jarak tertentu atau kecepatan tertentu memang dianjurkan untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh.

Nah supaya kegiatan hobi bersepeda kamun lebih menyenangkan untuk dilakukan, berikut 5 aplikasi sepeda terbaik yang bisa kamu coba saat bersepeda. Ini dia!

5. Strava

aplikasi sepeda terbaik yang bisa kamu coba saat bersepeda, sourch pinterest
aplikasi sepeda terbaik yang bisa kamu coba saat bersepeda, sourch pinterest

Berbagai website gaya hidup sehat dan sepeda seperti Cycling Weekly, Bikeradar dan Quadlock bersepakat kalau aplikasi sepeda paling bagus untuk tahun 2020 adalah Strava. Aplikasi ini gratis dan bisa diuprade ke premiun dengan USD 9,99/bulan.

Strava memang bukan cuma untuk pesepada. Aplikasi ini juga bisa untuk jogging dan kegiatan olahraga lain. Enaknya, Strava lebih seperti media sosial penggemar olahraga. Strava punya fitur untuk mengukur seberapa jauh kamu bersepeda. Tapi selain itu bisa follow teman lain dan melihat bagaimana mereka berolahraga. Kemudian, bisa sama-sama bikin leaderboard untuk mengadu siapa yang paling rajin bersepeda di antara kamu dan teman-teman dekatmu.

4. MapMyRide

aplikasi sepeda terbaik yang bisa kamu coba saat bersepeda, sourch pinterest
aplikasi sepeda terbaik yang bisa kamu coba saat bersepeda, sourch pinterest

Kalau bingung cari rute bersepeda yang aman untuk kerja atau olahraga, atau menemukan rute asyik tapi takut lupa, maka jangan khawatir lagi. Aplikasi MapMyRide mungkin cocok untuk kamu. MapMyRide tersedia gratis di Android dan iOS serta ada opsi premium.

Aplikasi ini menyediakan fitur latihan, analisis performa, dan statistik berbasis GPS di smartphone. Dari durasi, jarak, pacespeed, kalori dan rute baru semua dipantau. MapMyRide juga ada komunitasnya jadi kamu bisa share hasil bersepeda kamu dengan yang lain.

Kamu bisa juga share hasil bersepeda ke Facebook dan Twitter. Kamu bisa rancang rute sendiri atau rute yang sudah dipakai umum. Aplikasi sepeda ini juga bisa terkoneksi dengan apps dan wearable lain seperti Garmin dan Fitbit.