ilustrasi by pinterest
ilustrasi by pinterest

DOMIGADO – Setiap orang pasti memiliki hobi, begitu juga dengan kamu kan? Tapi nggak semua orang bisa memanfaatkan hobi dengan baik. Bahkan, masih banyak orang yang beranggapan jika melakukan hobi disaat usia dewasa adalah buang-buang waktu dan sia-sia. Memang sih, disaat kita sudah disibukkan dengan aktivitas bekerja yang cukup padat, maka tubuh kita akan lebih membutuhkan istirahat ketimbang hal lain yang kurang bermanfaat. Kelelahan yang dialami oleh tubuh dan pikiran akan berdampak kurang baik juga pada kita. Efeknya kita menjadi jenuh, stres, dan otak kita seakan tidak berkembang menyerap ide-de baru.

Tapi ternyata, dengan menjalankan hobi faktanya mampu menstimulus otak kita agar tetap berkembang loh. Bukan hanya berkembang terkait dengan pekerjaan tetapi juga berkembang dalam menyeimbangkan pola hidup kita. Sayangnya, banyak orang yang masih belum tahu jika hobi yang kita lakukan ternyata membawa dampak yang cukup besar bagi diri kita. Nggak cuma anak-anak, orang dewasa juga perlu menjalankan hobinya masing-masing. Kapasitas kinerja otak kita apabila dipakai secara terus menerus akan memengaruhi kemampuan mengingat kita.

Lalu, kira-kira hobi sederhana apa saja sih yang bisa bikin otak kita jadi lebih cerdas? Simak yuk!

1. Hobi Membaca

sumber pinterest
sumber pinterest

Bukan sesuatu yang asing jika membaca dapat mempengaruhi tingkat kecerdasanmu. Karenanya ada ungkapan “Buku adalah Jendela Dunia”. Semakin banyak buku yang kamu baca semakin bertambah juga pengetahuanmu dalam berbagai bidang. Jangan ragu untuk mengeluarkan dana yang lebih apabila ini bermanfaat, terlebih untuk pengetahuanmu sendiri, nggak boleh pelit yaa!. Bacalah buku sebanyak mungkin semudah mungkin. Membaca juga merupakan salah satu cara untuk menjaga memori jangka panjang.

2. Hobi Menulis

sumber pinterest
sumber pinterest

Kemampuan menulis yang baik rupanya nggak dimiliki semua orang. Tetapi tidak ada salahnya untuk mulai mencatat hal-hal kecil setiap harinya sebanyak 300-400 kata. Selain dapat membantumu untuk mengingat hal-hal penting, menulis juga bermanfaat untuk melatih kecerdasan emosionalmu, kepercayaan diri, kreativitas, fokus, hingga imajinasi. Semakin sering kamu menulis maka kamu akan semakin tahu perasaan yang kamu bawa saat menulis. Dan hal ini sangat berpengaruh pada topik tulisan kamu. Kamupun bisa menambah pengetahuan tentang kosakata yang semakin beragam.

3. Berolahraga

sumber pinterest
sumber pinterest

Masih ingat kan dengan semboyan “ Men Sana in Corpore Sano”? Yupp, kalimat latin yang memiliki arti “Didalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat” tersebut cocok untuk menggambarkan hobi yang satu ini. Selain membuat tubuh kita sehat dan terlihat bugar, menjalankan hobi yang satu ini bisa membuatmu menjadi lebih cerdas. Apalagi kamu menjalankan olahraga yang sifatnya fun seperti zumba.

Perpaduan kardio dengan tarian modern yang diiringi musik yang ceria dan up beat, zumba dapat melatih kemampuan kognitifmu. Selain itu, tentu saja zumba dapat mengurangi kadar stres dan menjaga memori jangka panjang dalam dirimu. Tapi, apabila kamu lebih suka olahraga yang sifatnya menenangkan kamu juga dapat memilih yoga atau balet yang juga mampu meningkatkan kecerdasan dan ketangkasanmu. Olahraga apapun asal kamu lakukan setiap hari dapat menjadikan tubuh dan otak kamu berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Bermain / Mendengarkan Musik

sumber pinterest
sumber pinterest

Hobi yang satu ini memang ajaib, kenapa? Karena musik dapat mengembalikan mood kamu yang rusak. Hampir semua orang menyukai musik. Selain itu musik juga dapat membantu menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kirimu sehingga dapat menstimulus sisi analisis dan kreatifmu. Piano,gitar, atau biola mungkin salah satu alat musik yang kamu kuasai. Jika kamu belum menguasai alat musik apapun kamu juga bisa mulai belajar memainkannya. Atau kalau kamu lebih memilih untuk menjadi penikmat musik, kamu bisa mendengarkan musik favoritmu.

5. Belajar Bahasa Baru

sumber pinterest
sumber pinterest

Mempelajari hal baru bukanlah sesuatu yang mudah, termasuk mempelajari bahasa. Tapi kalau kamu tipe orang yang suka belajar hal-hal baru, mungkin kamu nggak akan terlalu kesulitan untuk menjalaninya. Belajar bahasa memang membutuhkan waktu dan ketekunan. Menguasai lebih dari satu bahasa ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih smart karena kamu mempelajari bahasa baru yang didalamnya mengandung kosakata dan struktur kalimat. Selain berfungsi untuk berkomunikasi, mempelajari bahasa mempunyai efek terhadap tingkat analisa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

6. Hobi Menonton Film

sumber pinterest
sumber pinterest

Hampir dari kalian semua pasti gemar melakukan kegiatan ini, yaa kan? Akan tetapi untuk meningkatkan kecerdasan yang kamu miliki sebaiknya kamu menonton film yang berkualitas. Selain itu, kamu juga harus mencoba untuk mulai menonton film dokumenter. Meski terlihat berat, tapi film jenis ini punya banyak manfaat positif. Salah satu tujuannya adalah agar kamu dapat melihat dunia dari sisi yang berbeda. Jadi jangan cuma drama aja yaa, saluran televisi seperti National Geographic Channel juga wajib kamu tonton.

7. Hobi Memasak

sumber pinterest
sumber pinterest

Kamu yang punya hobi makan sekalian diupgrade ke skill memasak juga dong. Dengan melakukan hobi yang satu ini kamu dapat meningkatkan beberapa keahlian, beberapa diantaranya adalah multitasking, kreativitas, manajemen dan perencanaan, dan desain. Selain itu, kamu juga mempunyai banyak ide-ide cemerlang. Memasak memang merupakan hobi yang memerlukan banyak bahan makanan akan tetapi kamu akan merasa sangat puas apabila berhasil dan rasanya enak. Dan dengan menekuni hobi ini kamu lebih menghargai yang namanya proses.

8. Hobi Jalan-Jalan / Travelling

sumber pinterest
sumber pinterest

Salah satu kegiatan yang fun ini bukan hanya untuk mengusir rasa bosan saja. Apalagi jika kamu mengunjungi tempat baru yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Selain menemukan makanan baru, dengan travelling kamu bisa sekaligus mempelajari budaya, gaya hidup, kehidupan sosial, hingga orang-orangnya. Banyak sekali yang bisa kamu dapatkan dengan hobi travelling ini. Mungkin kamu kurang menyadari bahwa setelah travelling tubuh dan pikiran kamu akan mendorong kamu untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa. Serta juga dapat mengasah kemampuan observasi dan pemahaman pekerjaanmu.

9. Hobi Bermain Permainan

Terlihat sepele, tapi hobi yang satu ini bisa juga menambah kecerdasanmu. Seperti bermain catur, mengisi teka-teki silang hingga bermain permainan digital yang membutuhkan strategi dan manajemen. Selain untuk menghilangkan stres bermain suatu permainan itu dapat juga dikategorikan sebagai olahraga otak. Bermain juga dapat melatih otak kita supaya lebih berpikiran strategis.

Itulah kesembilan hobi sederhana yang bisa bikin otak jadi lebih cerdas. Ternyata semua hobi itu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan banyak sekali manfaatnya untuk kita.