ilustrasi seorang hacker di dunia maya
Ilustrasi (Foto: Hacker Noon)

DOMIGADO – Hacker atau Peretas adalah individu yang menggunakan komputer, jaringan, atau keterampilan lain untuk mengatasi masalah teknis. Istilah hacker mungkin merujuk pada siapa saja yang memiliki keterampilan teknis, tetapi sering merujuk pada seseorang yang menggunakan kemampuannya untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem atau jaringan untuk melakukan kejahatan.

Seorang hacker dapat mencuri informasi untuk melukai orang melalui pencurian identitas, merusak atau menjatuhkan sistem dan, seringkali, menyandera sistem itu untuk mengumpulkan uang tebusan. Istilah hacker secara historis merupakan istilah yang rancu, kadang-kadang digunakan sebagai istilah kekaguman untuk seseorang yang menunjukkan tingkat keterampilan yang tinggi, serta kreativitas dalam pendekatannya terhadap masalah teknis.

Namun, istilah ini lebih umum diterapkan pada individu yang menggunakan keterampilan ini untuk tujuan ilegal atau tidak etis. Istilah hacker pertama kali digunakan pada 1960-an untuk menggambarkan seorang programmer atau individu, di era kemampuan komputer yang sangat terbatas, dapat meningkatkan efisiensi kode komputer dengan cara yang menghapus, atau “meretas,” kelebihan instruksi kode mesin dari suatu program.

Istilah hacker sudah berevolusi selama bertahun-tahun untuk merujuk pada seseorang yang memiliki pemahaman canggih tentang komputer, jaringan, pemrograman, atau perangkat keras. Bagi banyak orang di bidang teknologi, istilah hacker paling baik diterapkan pada mereka yang menggunakan keterampilan mereka tanpa niat jahat, tetapi seiring waktu istilah ini telah diterapkan pada orang yang menggunakan keterampilan mereka dengan niat jahat.

Hacker bisa dengan mudah mencuri data identitas melalui media sosial
Hacker juga bisa dengan mudah mencuri data identitas kamu melalui media sosial (foto: Shutterstok)

Untuk melawan trend pelabelan teknologi terampil sebagai penjahat, istilah cracker diusulkan untuk seorang hacker kriminal, dengan maksud menghilangkan stigma agar penjahat dunia maya tidak dicap sebagai hacker. Dalam kerangka hacker-cracker, hacker adalah mereka yang berupaya mengidentifikasi kelemahan dalam sistem keamanan dan berupaya memperbaikinya, termasuk pakar keamanan yang ditugaskan menemukan dan mengidentifikasi kelemahan dalam sistem dan memperbaiki kerentanan tersebut.

Cracker, berniat melanggar keamanan komputer dan jaringan untuk mengeksploitasi kelemahan yang sama untuk keuntungan mereka sendiri. Sementara teknologi telah mempromosikan penggunaan istilah cracker selama bertahun-tahun, perbedaan antara hacker dengan motivasi berbeda lebih sering dirujuk oleh penggunaan istilah white hat, gray hat atau black hat.

Dalam dunia Hacker ada banyak jenis-jenisnya, ini biasanya tergantung dari aktivitas yang mereka lakukan. Yang berarti, tidak semua hacker itu adalah orang jahat atau seorang peretas. Namun banyak masyarakat yang salah mengartikan tentang pengertian ini dan kemudian diperluas lagi oleh perkataan-perkataan media yang mengkonotasikan bahwa aktivitas ini selalu merupakan aktivitas yang bertolak belakang dengan hukum.

Nah, Domigado.com berhasil merangkum dari berbagai sumber, 8 jenis hacker paling berbahaya yang patut diwaspadai di dunia maya. Simak ulasan di bawah ini.

Cracker diusulkan untuk seorang hacker kriminal
Cracker diusulkan untuk seorang hacker kriminal (foto: militarytimes.com)

1. Coders

Ini biasanya disebut juga sebagai peretas sejati. Mereka adalah pembuat kode, yang merevisi dan membuat alat yang dapat digunakan oleh siapa saja. Coders biasanya bisa menemukan celah keamanan dan kelemahan sebuah perangkat lunak. Hacker jenis ini bisa menggunakan eksploit untuk mengembangkan sistem yang sepenuhnya bisa ditambal dan aman digunakan.

Pengkode adalah seorang pembuat program yang mempunyai kemampuan untuk mengetahui kerentanan unik dari sebuah perangkat lunak yang ada atau membuat kode lain yang dianggap lebih aman. Ini adalah jenis hacker dengan pemahaman yang mendalam tentang keamanan sistem, OSI ataupun TCP/IP.

2. Admin

Admin adalah seorang yang mahir komputer yang menggunakan alat-alat yang biasanya diciptakan oleh coders. Mereka tidak mengembangkan teknik sendiri, namun mereka menggunakan trik yang sudah disiapkan oleh coder. Umumnya, mereka bagian dari sistem administrasi atau yang mengontrol jaringan komputer.

Sebagian besar peretas ataupun petugas keamanan di dunia digital termasuk dalam kategori ini. Admin biasanya mempunyai pengalaman yang cukup dalam sebuah sistem operasi dan tahu cara memanfaatkan beberapa kerentanan yang ada. Sebagian besar konsultan keamanan masuk dalam kelompok ini dan mereka juga bisanya termasuk dalam tim keamanan bersama coders.