Jessica Jane bongkar perselingkuhan Ericko Lim dan Listya
Jessica Jane bongkar perselingkuhan Ericko Lim dan Listya (foto: instagram.com/jessicajane99)

DOMIGADO – Bagi pecinta game Esport pasti sudah tidak asing lagi dengan si cantik Jessica Jane, gamer eSports ini mengungkap perselingkuhan kekasihnya Ericko Lim di media sosial. Ericko Lim yang juga seorang gamer ini dituding selingkuh dengan Listy Chan, yang masih menjadi sahabat dari sang kekasih.

Melalui Instagram story di akun pribadinya, Jessica Jane mengunggah foto yang memperlihatkan kebersamaan Listy dan Ericko sedang berfoto selfie di sebuah kamar mandi. Jessica Jane menulis curhatan panjang tentang isi hatinya menanggapi perselingkuhan tersebut. Postingan tersebut sontak menjadi viral.

Akibat postingan yang kini telah viral tersebut, membuat Ericko Lim mendapatkan banyak hujatan dari  netizen hingga dia memberikan klarifikasi tentang hubugannya dengan Listy lewat Instagram Story. Sementara Listy, yang berprofesi sebagai YouTuber dan juga gamer ini, kehilangan beberapa kontrak kerja.

Saat diselingkuhi kekasih, rasa kesal, marah dan sakit hati sudah pasti akan kita alami. Tapi, apa sih  yang sebaiknya dilakukan begitu kita tahu kenyataan yang menyakitkan itu? Perlukah mengumbar perselingkuhan kekasih di ranah publik seperti yang dilakukan Jessica Jane?

Nah, berikut adalah delapan hal yang sebaiknya kamu lakukan pertama kali jika Si Dia selingkuh.

Ilustrasi sebuah perselingkuhan
Ilustrasi (foto: Shutterstock)

1. Tetap Tenang

Ketika mengetahui pasangan telah selingkuh, mungkin kamu akan syok, marah dan kesal. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan ini beberapa kali, cara ini akan membuat kamu lebih tenang sehingga emosi tidak meledak-ledak dan membuat bertindak gegabah.

Dengan cara ini, kamu juga dapat lebih efektif menghilangkan kepanikan. “Bila kamu tidak bernapas dalam-dalam, otak kamu akan kekurangan oksigen dan membuat Anda mengambil keputusan yang buruk,” saran Sharon Rivkin, penulis ‘Breaking the Argument Cycle: How to Stop Fighting Without Therapy’, seperti dikutip dari She Knows.

2. Hadapi Langsung

Begitu mengetahui kekasih selingkuh, kamu harus menghadapi kenyataan dan menyelesaikan masalah dengan pacar. Diam saja tidak akan menyelesaikan masalah dan membuat kamu merasa lebih baik, tapi justru bisa memperkeruh suasana. Langkah paling tepat adalah merunut kembali hubungan kamu dan Si Dia sebelum perselingkuhan terbongkar.

Siapa kamu, bagaimana kamu mengetahui bahwa kekasih selingkuh, seperti apa hubunganmu dengannya, dan sebagainya. Semua itu akan menjadi faktor yang menuntun kamu untuk memutuskan apa yang ingin dilakukan ke depannya.

“Seluruh dunia kamu hancur berantakan, seperti mengalami bencana alam atau gempa bumi, jadi lakukanlah apa yang naluri kamu katakan. Tapi jangan menghakimi dan jangan keras kepala,” tambah Sharon.

3. Kedepankan Logika

Meskipun kamu sedang mengalami krisisnya suatu hubungan, kehidupan tetap harus berjalan. Kamu tetap harus pergi bekerja, mengerjakan tugas-tugas kantor, hang out bersama teman, dan kegiatan lainnya yang tidak melibatkan sang kekasih.

“Tidak ada yang mudah, merasa kewalahan adalah normal, tetapi jangan biarkan perasaan tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari,” terang Sharon.

Jika kesedihan dan rasa putus asa sudah tak bisa dibendung lagi, saran Sharon, segeralah cari orang untuk berkeluh kesah. Tumpahkan rasa kesal di depan sahabat atau keluarga yang memahamimu. Ingat, kamu berada dalam suasana hati yang krisis, jadi lebih baik mencari bantuan sementara.

4. Ajukan Pertanyaan

Setelah dihadapkan dengan masalah perselingkuhan, berjuta pertanyaan pasti akan membanjiri pikiran, seperti; ‘Mengapa aku tidak tahu?’, ‘Mengapa aku tidak percaya intuisi?’ atau ‘Mengapa ini terjadi?’.

Ajukanlah pertanyaan itu kepada pasangan atau orang yang bersangkutan dengan perselingkuhan. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, sedikit banyak bisa membantu menyembuhkan pikiran. Karena pertanyaan dan jawaban dari mereka merupakan langkah pertama untuk mengetahui apa yang terjadi pada hubungan kamu dan pasangan. Sangat penting untuk melihat sejarah bagaimana pola hubungan kamu dengan kekasih, kapan memulai kepercayaan satu sama lain, dan kapan mulai saling memahami.

5. Jangan Memaksa Ingin Tahu Detail Perselingkuhan

Kamu pasti terdorong untuk tahu segala hal tentang perselingkuhan itu dan memaksa pasangan menceritakannya secara detail. Tapi sebaiknya urungkan niat itu karena akan membuatmu terus teringat dan sulit untuk move on. Kecuali jika kamu yakin ingin putus dan dengan mengetahui ceritanya secara lengkap bisa membantumu lebih cepat melupakannya. Berhati-hatilah dengan semua informasi yang ingin didengar.

Jangan larut dalam kesedihan, ayo move on (foto: pexels.com/Pixabay)

6. Balas Dendam Bukan Solusi

Kesal dan kecewa, kamu pun ingin membalas kelakuan si dia dengan cara balik berselingkuh atau mempermalukannya di depan orang banyak. Balas dendam tidak akan menyelesaikan masalah, mungkin membuat kamu lebih senang, tapi hanya sementara. Setelahnya, kamu akan merasa lebih buruk. Hubungan pun jadi makin rumit.

7. Tidak Apa Jika Ingin Menangis Sejadi-jadinya

Tak perlu berpura-pura semuanya baik-baik saja. Semua orang tahu, cinta yang dikhianati pasti akan menimbulkan luka. Menyembunyikan perasaan justru akan membuat luka itu semakin perih. Luapkan saja kesedihan kamu. Menangis tidak dilarang, apalagi curhat dengan teman. Tapi jangan sampai ‘masa berduka’ hingga berlarut-larut, 4-7 hari menangis di kamar masih bisa ditoleransi.

8. Alihkan Perhatian

Tidak ada salahnya meminta bantuan teman untuk sedikit meredakan sakit hati karena diselingkuhi. Lakukan apapun yang bisa mengalihkan perhatian kamu dari masalah asmara ini. Bisa juga dengan fitnes sendirian atau nonton film komedi. Ini bukan cara untuk lari dari kenyataan, tapi lebih untuk mengingatkan bahwa hidup tidak akan berakhir hanya karena dikhianati.