Foto. skinkraft.com

Tahu engga sih kalau kulit kita itu punya dua tone? Yup, warna di kulit kamu yang bisa kamu lihat secara kasat mata adalah skin tone. Skin tone ini dapat berubah-ubah tergantung kondisi kulit kamu. Perubahannya bisa karena faktor luar seperti polusi dan sinar UV atau faktor dalam seperti stres. Sedangkan ada satu lagi tone di bawah kulit kamu yang merupakan warna dasar kulit kamu yang dipengaruhi faktor genetik yaitu undertone. Berbeda dari skin tone yang bisa berubah, undertone tidak akan berubah dan tidak mudah dilihat dan ditentukan seperti skin tone.

Kategori undertone yang umum diketahui ada 3 yaitu warm tone, cool tone dan netral.

Tapi bagaimana caranya undertone yang ada di bawah kulit kita? Simak tips dan triknya berikut ini :

Melihat Warna Urat Nadi di Bawah Cahaya

Foto. idntimes.com

Cara ini umum dilakukan untuk mengidentifikasi undertonemu. Yaitu dengan melihat warna urat nadi yang muncul di pergelangan tangan kita.

Perhatikan lengan kamu saat berada di tempat yang terang atau tepat di bawah lampu. Jika urat nadimu terlihat berwarna biru keunguan undertonemu adalah cool tone. Jika berwarna kehijauan undertonemu adalah warm tone. Namun kalau kamu ragu dengan warna yang muncul dan sulit membedakan warna hijau dan birunya bisa jadi kamu memiliki undertone netral.

Cara ini memang yang paling mudah dilakukan tapi ada beberapa orang yang kesulitan  melakukannya. Bisa jadi karena urat nadi mereka yang tidak terlalu nampak atau skin tone mereka. Tenang, masih ada cara simpel lain untuk menentukan undertonemu.

Perhatikan Warna Rambut dan Mata Kamu

Jika kamu belum pernah mengecat rambut coba perhatikan dulu warna rambutmu sekaligus warna bola mata. Karena undertone dipengaruhi oleh faktor genetik maka warna rambut dan matamu bisa menunjukan undertonemu.

Jika kamu punya warna rambut gelap dengan tone keemasan dan warna mata yah cenderung cokelat atau hitam undertone kamu adalah warm tone. Sedangkan kalau kamu punya warna mata yang cerah seperti biru, abu-abu atau warna dengan tone platinum maka undertone kamu adalah cool tone. Jika kamu kesulitan menentukan range warna rambut dan matamu bisa jadi undertonemu adalah netral.

Namun cara ini pun kadang sulit untuk beberapa orang bisa jadi karena rambutnya sudah cat atau ada kelainan genetik lain yang mempengaruhi. Ada lagi trik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui undertonemu.

Memanfaatkan cermin dan Selembar Kertas

cara untuk mengetahui undertone  ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah hanya membutuhkan selembar kertas dan cermin. Berdiri di depan cermin di tempat yang terang. Tempelkan selembar kertas putih polos pada kulit wajah atau kulit area leher. Jika kamu melihat tone warna kuning pada kertas maka undertone kamu adalah warm tone sedangkan kalau tone warna biru maka undertone kamu adalah cool tone.

Walaupun tidak mudah terlihat oleh mata tapi mengetahui undertone kulitmu bisa sangat berguna. Dengan mengetahui undertone kita menjadi lebih mudah dalam menentukan warna apa yang cocok untuk kita mulai dari warna baju, aksesoris sampai make up.

Author : Virgin Tirta