Domigado – Seorang ibu hamil harus bisa memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sejak pertama kali mengandung hingga mendekati waktu kelahiran. Biasanya makanan yang aman untuk dikonsumsi yaitu buah dan sayur. Salah satu buah yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah buah papaya. Dalam artikel berikut ini, akan kita bahas mengenai manfaat buah pepaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Baik yang baru pertama kali mengalami mual, ataupun memasuki trimester pertama hingga mendekati kelahiran.

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya
source : glutagen

Buah pepaya seringkali disebut sebagai ratu buah. Bukan hanya karena nutrisi yang terkandung sangat banyak. Tetapi buah pepaya ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, bahkan dapat dikonsumsi oleh anak kecil, bayi, dan juga ibu hamil. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika seorang ibu hamil rutin dalam mengkonsumsi buah papaya. Diantaranya yaitu:

1) Melancarkan Pencernaan

manfaat buah pepaya
source : shapemagazine

Buah pepaya dapat membantu ibu hamil untuk melancarkan pencernaan. Buah ini memang mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga jika kita mengkonsumsinya secara rutin maka dapat membantu mencerna berbagai asupan makanan yang ada dalam tubuh, serta membersihkan usus dari makanan yang mengandung racun. Buah pepaya ini masuk ke dalam salah satu obat sembelit alami, yang sering kali dikonsumsi oleh masyarakat indonesia sejak zaman dahulu.

Begitupun pada ibu hamil yang sering kali mengalami pencernaan yang tidak teratur terkadang mengalami diare atau bahkan pada momen lainnya mengalami sembelit. Dibandingkan harus mengkonsumsi obat yang tidak jelas dan berbahaya bagi si kecil. Ibu bisa mengkonsumsi buah pepaya yang dapat membantu mempercepat proses pencernaan protein yang ada di dalam tubuh. Sehingga buang air besar dan juga buang air kecil lebih lancar dan perut tidak akan terasa begah.

2) Meningkatkan Tumbuh dan Kembang janin

manfaat pepaya
source: timesofindia

Ketika mengkonsumsi makanan ibu hamil pasti menginginkan yang terbaik. Bukan hanya rasanya yang enak dan juga mengenyangkan si kecil. Tetapi makanan tersebut dapat memberikan nutrisi khusus agar perkembangan janin lebih baik. Nyatanya, pepaya dapat membantu meningkatkan fungsi organ penglihatan janin, karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Asupan yang bergizi dapat membantu mempercepat adanya pembentukan organ. Mengkonsumsi papaya, dapat mengurangi resiko penyakit mata pada janin, terutama karena keturunan. Seperti mata minus ataupun plus.