Ilustrasi Yoga
Ilustrasi Yoga (foto: yoga.org.nz)

DOMIGADO – Yoga menjadi salah satu alternatif kegiatan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan ketenangan. Terlebih lagi bila kamu dapat melakukan yoga sembari menikmati keindahan alam. Tempat yang eksotis tentunya semakin menambah relaksasi tubuh dan pikiran. Merencanakan liburan sembari menenangkan diri akan membantu melepaskan segala stres setelah lelah melakukan aktivitas sehari-hari. Karena tubuh yang sehat tak hanya membutuhkan asupan makanan bergizi seimbang namun juga dibarengi dengan kesehatan mental yang baik.

Rutin melakukan yoga tak hanya membuat tubuh terasa bugar. Riset membuktikan, rutin yoga juga membantu mereka yang mengalami depresi. Menurut National Institute of Mental Health, depresi bisa berdampak buruk pada perasaan, pikiran. Bahkan, depresi juga menganggu fungsi sehari-hari dan kondisi fisik penderitanya. Depresi terkadang muncul bersamaan dengan masalah kesehatan mental lainnya, seperti kecemasan dan psikosis.

Itu sebabnya, para ahli merekomendasikan kita untuk rutin berolahraga demi menjaga kondisi fisik dan mental kita. Riset juga menemukan berlatih yoga minimal tiga bulan dapat menurunkan kortisol dan stres yang dirasakan. Yoga juga terbukti mengurangi sitokin pro-inflamasi yang menyebabkan peradangan. Melakukan Yoga di tempat yang tenang dengan dukungan pemandangan alam yang indah merupakan kombinasi yang sempurna.

Nah, berikut ini beberapa tempat luar biasa, yang dapat menjadi tempat untuk berlibur sekaligus melakukan yoga untuk menenangkan pikiran.

1. Bamford Wellness Spa, Daylesford

Tempat Yoga Bamford Wellness Spa, Daylesford
Bamford Wellness Spa, Daylesford (foto Daylesford.com)

Bamford Wellness Spa berada di kawasan Daylesford Organic Farm yang terkenal dengan taman hiburan. Tempat ini merupakan surga bagi para pecinta makanan organik.

Tempat ini menawarkan ketenangan yang begitu alami. Mulai dari sekolah memasak, toko pertanian, pub butik dengan kamar-kamar untuk disebut The Wild Rabbit.

Di tempat ini juga terdapat spa yang membantu tubuh terasa lebih rileks, membantu menurunkan tekanan darah, hingga perawatan wajah. Ditambah lagi kelas yang yoga dengan seorang guru profesional di sebuah studio atau lapangan yang asri.

2. Ananda in the Himalayas, India

Ananda in the Himalayas, tempat yoga di India
Ananda in the Himalayas, India (foto: Anandaspa.com)

Terletak di kaki bukit Himalaya dekat dengan kota suci Rishikesh. Ananda adalah sebuah tempat peristirahatan kesehatan paling mewah di India. Temoat tersebut berdiri di sebuah tanah seluas 100 hektar yang mengelilingi istana maharaja.

Tempat ini juga menawarkan kegiatan meditasi antara 7 hingga 21 hari. Hal ini sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan mengontrol stres.

Selain itu, terdapat tempat spa dengan 24 kamar untuk perawatan, kolam berenang outdoor dan fasilitas hidroterapi.

3. Artah Retreats, Spanyol

Artah Retreats, Tempat Yoga di Spanyol
Artah Retreats, Spanyol (foto Artah.co)

Artah adalah sebuah proyek dari Rhian Stephensonm seorang ahli gizi dan CEO dari studio Beckham. Tempat ini dirancang untuk membantu menenangkan pikiran dan terhubung kembali dengan tubuh yang sehat.

Para pengunjung akan tinggal selama 4-7 hari. Dan akan mengikuti beberapa kelas seperti, yoga, pijat, perawatan LED, dan mengonsumsi makanan sehat dari bahan nabati.

Selain itu, pengunjung juga akan diberikan waktu untuk relaksasi dengan bersantai menikmati vila dengan 12 kamar tidur. Yang terletak di kaki bukit Pyrenees atau sekitar 45 menit dari Girona.