Healthy Food (google.com)

DOMIGADO – Makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun tahukah kamu bahwa beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi untuk mencegah depresi? Berbagai kandungan dalam makanan sudah terbukti secara klinis mengatasi stress atau mencegah depresi. Yuk ketahui fakta ragam kandungan dalam makanan yang berfungsi untuk mencegah depresi.

Melansir laman Alodokter, banyak studi yang membuktikan bahwa pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan, tak hanya kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Hal ini dikarenakan apa yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kinerja sel tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan juga bagaimana tubuh merespons stres.

Fakta Penelitian Mengenai Makanan Untuk Mencegah Depresi

Ilustrasi hidup sehat (google.com)

Sistem pencernaan manusia tidak hanya berperan dalam mengolah dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman, tetapi juga memengaruhi emosi. Sekitar 95% hormon serotonin yang membantu tubuh mengelola suasana hati, diproduksi di saluran pencernaan yang dikelilingi jutaan sel saraf. Serotonin merupakan salah satu zat yang dapat menghasilkan emosi bahagia atau senang. Selain itu, serotonin juga berperan dalam mengurangi rasa sakit serta mengatur waktu tidur dan nafsu makan.

Oleh karena itu, apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi suasana hati, kondisi mental, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut penelitian, terbiasa mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, ikan, daging tanpa lemak, dan gandum utuh, diketahui dapat menurunkan risiko depresi hingga 25–35% dibandingkan mengonsumsi makanan kemasan yang rendah nutrisinya. Sebaliknya, mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan yang terbuat dari gula olahan dan lemak jenuh, dapat berdampak negatif pada otak.

Kandungan Makanan yang Dapat Mencegah Depresi

Berikut ini adalah beberapa nutirisi di dalam makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan mental dan mencegah terjadinya depresi: