DOMIGADO – Memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal layaknya para pemain drama Korea memang selalu menjadi impian, tidak terkecuali kaum hawa. Kebiasaan hidup yang sehat adalah salah satu kunci sukses orang Korea untuk menjaga kesehatan dan juga tubuh idealnya. Dalam adegan yang ada di dalam drama Korea, kita sering sekali melihat kebiasaan gaya hidup sehat orang Korea yang bisa kita contoh.

Mulai dari gemar makan sayur-sayuran, hingga kebiasaan untuk kemana-mana berjalan kaki. Semua itu tidaklah memerlukan biaya besar untuk melakukannya. Menjalani gaya hidup sehat tidak hanya sekedar mencegah penyakit, namun juga untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan sosial. Terlebih lagi, selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, gaya hidup sehat yang kita terapkan bisa menular ke orang-orang di sekitar kita.

Oleh karena itu, penting untuk segera memulai gaya hidup sehat agar kualitas hidup meningkat secara keseluruhan. Berikut Domigado.com hadirkan 7 gaya hidup sehat orang Korea yang sering muncul di drama Korea yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Gemar Minum Air Putih

(foto: dramabeans.com)

Hampir di semua drama Korea, pasti pernah menampilkan adegan dimana para tokohnya terlihat masuk ke rumah tergesa-gesa, menuangkan atau langsung menenggak air putih. Yap, selain menghilangkan dahaga, air putih juga sangat ampuh untuk membilas toksin dalam tubuh, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan energi, menghidrasi tubuh sampai mengontrol kalori dan menjaga berat badan.

Air merupakan zat penting yang menyusun 50% – 60% komposisi tubuh kita. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh. Secara umum, seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, kita harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

2. Berkunjung ke Jimjilbang atau Rumah Sauna Korea

Jimjilbang atau rumah sauna Korea
Jimjilbang atau rumah sauna Korea (foto: beautytap.com)

Tidak hanya untuk bersenang-senang, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh orang Korea saat mereka pergi ke jimjilbang atau rumah sauna yang bertebaran di Korea. Manfaat sauna yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah mendetoksifikasi racun yang dikeluarkan lewat keringat, menurunkan berat badan hingga merelaksasi pikiran. Untuk sauna, kamu bisa membuat sendiri ruang saunamu di rumah atau pergi ke salon terdekat.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa melakukan sauna setiap hari selama dua minggu dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah jantung pada penderita kerusakan jantung ringan yang tidak mampu memompa darah secara normal. Mereka yang rutin berelaksasi dengan sauna sebanyak dua hingga tiga kali per minggu dikatakan memiliki penurunan risiko terkena serangan jantung hingga 23 persen.

3. Gemar Makan Sayur-sayuran

orang korea 
gemar makan sayur
(foto: youtube.com)

Sayuran segar maupun yang sudah diolah pastinya nggak pernah absen di banyak drama Korea (terutama drama Korea yang banyak adegan makan-makannya seperti drama Let’s Eat!). Selain jadi sajian utama, sayuran pasti akan selalu muncul jadi makanan pendamping saat adegan makan-makan di semua K-Drama. Bagi kamu yang tengah menjalankan diet, rutin mengkonsumsi sayur akan sangat membantu.

Mengonsumsi sayuran untuk diet memiliki banyak manfaat, karena sayuran rendah kalori namun kaya akan nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh. Sayur yang memiliki kandungan rendah kalori, banyak air, kaya serat, dan tinggi kandungan vitamin serta mineral. Ketiganya akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga asupan kalori jadi lebih sedikit.

4. Kimchi for Life!!

kimchi makanan sehat Korea
Kimchi (foto: kpopherald.koreaherald.com)

Pernah nggak sih menemukan drama Korea yang nggak menayangkan adegan berisi makan-makan kimchi sama sekali? Rasanya hampir nggak ada ya. Kimchi adalah sajian fermentasi khas wajib warga Korea yang kaya manfaat, terutama untuk memperlancar pencernaan dan katanya sih bagus juga untuk menjaga berat badan. Hampir semua sajian makanan Korea bisa didampingi menu ini, bahkan pizza sekalipun.

Kimchi banyak mengandung bakteri baik yang disebut Lactobacillus. Bakteri ini mampu menjaga fungsi sistem pencernaan. Bukan hanya itu, bakteri baik juga berperan dalam proses metabolisme nutrisi dan obat-obatan, menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah infeksi virus dan bakteri. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada sayuran kimchi juga dapat menjadi makanan untuk bakteri baik.