ilustrasi pinterest
ilustrasi pinterest

DOMIGADO – Salah satu cara perawatan rambut yang biasa kita lakukan adalah keramas. Keramas memang nampaknya mudah untuk dilakukan. Tapi, kebiasaan-kebiasaan yang nggak kita sadari ini rupanya membuat kesehatan rambutmu bermasalah dan bisa membuat rambut rusak. Bagi kamu mungkin keramas hanya tentang mencuci rambut dengan sampo lalu membilasnya dengan air hingga bersih. Tapi kenyataanya keramas tidak hanya sebatas sampo dan air. Keramas dengan cara tepat bisa membuat rambut tidak hanya bersih, melainkan juga lembut dan berkilau. Sayangnya, tanpa disadari, banyak dari kita yang sering melakukan kesalahan yang malah membuat rambut semakin rusak.

Biar rambutmu nggak rusak, kamu tentu tidak boleh mengabaikan aturan keramas yang tepat supaya rambut kamu tetap sehat. Kamu yang mendambakan rambut kuat dan lembut mungkin akan kecewa karena setelah keramas rambut kamu justru semakin rusak yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan kamu yang kamu tidak ketahui. Nah, agar rambutmu bisa tetap sehat, yuk simak apa saja kebiasaan yang bisa merusak rambut.

sumber pinterest
sumber pinterest

1. Keramas Hanya Disaat Kita Mau Saja

Kalau kalian berpikir dengan lebih sering keramas akan menjaga rambut kita tetap bersih dan sehat, kalian salah besar. Justru dengan terlalu sering keramas dapat membuat rambut menjadi kusam dan kering. Keramas seharusnya dilakukan ketika kita butuh dan bukan disaat kita mau saja. Jika kamu habis melakukan olahraga dan mengeluarkan banyak keringat, nah disaat itulah kamu membutuhkan untuk keramas. Namun, jika cuaca di luar sedang tidak begitu panas sehingga kamu tidak berkeringat dan rambut juga tidak sedang lepek maka kamu tidak perlu keramas untuk beberapa hari ke depan.

sumber pinterest
sumber pinterest

2. Terlalu Keras Menggosok Kepala dan Rambut Bikin Rambut Rusak

Biasakan untuk melakukan treatment pada rambut kalian dengan lembut yaa. Kamu harus ingat bahwa akar rambut harus diperlakukan dengan lembut. Jadi saat keramas sebaiknya pijatlah kulit kepalamu secara perlahan. Jangan meggosok kulit kepala secara berlebih apalagi sampai menggaruknya!

sumber pinterest
sumber pinterest

3. Bergonta-ganti Produk Perawatan Rambut, Hati-hati Bikin Rambut Rusak

Mendapatkan sampo dan conditioner yang cocok untuk rambut kamu memang tidak mudah. Kamu harus mencoba-cobanya untuk mendapatkan sampo dan conditioner yang tepat. Banyak orang yang beranggapan bahwa sampo yang digunakan sehari-hari, fungsinya pada rambut akan menurun sehingga sangat dianjurkan untuk mengganti sampo ataupun conditioner setidaknya seminggu sekali.

Namun rupanya,  menurut dermatologist menggonta-ganti sampo dan conditioner  tidak bagus untuk kulit kepala sehingga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Nantinya kulit kepala malah akan menjadi kemerahan dan timbul ketombe yang lambat laun akan membuat rambut menjadi rontok. Jadi, sebaiknya hindari bergonta-ganti produk rambut yaa.

sumber pinterest
sumber pinterest

4. Keramas dengan Air Dingin Salah Satu Penyebab Rambut Rusak

Keramas dengan air dingin tidak bisa membuat sampo maupun kondisioner terserap dengan baik pada kutikula rambut. Sebaiknya, keramaslah dengan air hangat untuk membuka kutikula pada rambut agar produk pada rambut dapat terserap dengan baik. Kemudian baru bilas dengan air dingin untuk menutup kutikula tersebut. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat membuat rambut menjadi kering.

ilustrasi pinterest
ilustrasi pinterest

5. Memakai Sampo Berbahan Sulfat

Coba cek sampo kamu, sebagian besar sampo mengandung bahan sulfat. Selain itu, SLS memiliki sifat pengemulsi yang memungkinkannya untuk menghilangkan minyak dan kotoran di rambut secara efektif dan sifatnya yang mampu membuat busa.

Produsen shampo umumnya menggunakan SLS sebagai bahan deterjen dalam shampo karena harganya murah, dan dengan penambahan garam dapat menjadi kental.

Potensi efek busa dari sampo SLS dapat mengiritasi kondisi kulit jenis ini. Reaksi alergi juga mungkin terjadi jika kamu sensitif terhadap sulfat. Jika ini masalahnya, perhatikan gejala seperti kemerahan, ruam kulit, pembengkakan (radang), dan rasa gatal.

SLS dapat merusak jenis rambut tertentu, dan bahkan dapat menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang. Sampo SLS mungkin tidak cocok buat kamu yang memiliki kulit atau rambut sensitif, atau jika memiliki alergi atau sensitivitas terhadap jenis bahan kimia ini. Selain itu, kamu yang berambut kering atau halus disarankan untuk menghindari bahan ini yaa, karena rambut jenis ini lebih rapuh.

Selain itu, sulfat diketahui menyebabkan rambut kusut. Ketika sulfat melakukan kontak dengan rambut, mereka menciptakan muatan listrik negatif, yang dapat membuat rambut kusut setelah keramas. Jika memiliki rambut keriting, sebaiknya jangan pakai sampo SLS. Jadi kalian harus lebih teliti lagi yaa!

ilustrasi pinterest
ilustrasi pinterest

6. Menyampo Rambut Dua Kali

Kalau kamu beranggapan menyampo rambut dua kali akan membuat rambut menjadi semakin bersih, kamu salah! Nyatanya, menyampo rambut sekali sudah cukup untuk membersihkan segala jenis kotoran pada rambutmu, sehingga usaha yang kamu lakukan ini sebenarnya sia-sia.

ilustrasi pinterest
ilustrasi pinterest

7. Tidak Membilas Rambut dengan Baik

Kondisi rambut yang menjadi licin ketika dibilas menandakan bahwa produk rambut pada rambutmu belum terbilas dengan baik. Bilas berkali kali dengan menggunakan air bersih agar produk rambut tidak tertinggal pada kulit kepala dan malah menyebabkan ketombe. Selain itu, hindari cara praktis untuk membilas rambut di wastafel, karena kamu akan sulit menjangkau seluruh bagian kepala sehingga rentan tidak bersih.

ilustrasi pinterest
ilustrasi pinterest

8. Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk ternyata adalah cara yang salah. Untuk mengeringkan rambut, kamu hanya perlu membungkusnya dengan handuk selama beberapa menit, bukan menggosoknya hingga rambut semakin rusak. Hindari juga menggunakan hairdryer karena itu hanya akan membuat rambut kamu semakin rusak.

Nah, itulah beberapa kebiasaan ketika keramas yang justru dapat merusak rambut. Mulai sekarang, hindari kebiasaan buruk tersebut agar rambutmu bisa hitam dan berkilau yaa!