Ilustrasi Foto.topdogtips.com

Guys, kita akan membahas tentang orang yang mengalami phobia anjing atau biasa disebut cynophobia. Mereka terus berpikir bahwa anjing dapat benar-benar menyerang mereka  meskipun sudah dirantai atau di dalam kandang. Nah, kali ini kita akan sajikan tips untuk menghilangkan phobia, khususnya phobia anjing.

Banyak orang memiliki phobia pada sesuatu. Masing-masing orang beda-beda. Hal itu tentu sangat mengganggu. Segala jenis phobia sebenarnya adalah sebuah ketakutan yang  irasional alias nggak masuk akal, sesuatu yang tidak memiliki bahaya nyata. Contoh phobia, seperti takut gelap, barang-barang yang berbulu, kecoa,  laba-laba, katak, kucing, sampai ketinggian.

Orang yang phobia terhadap anjing atau cynophobia merasakan anjing tersebut sangat mengerikan, bahkan bisa membahayakannya. Bayangannya,  anjing tersebut sudah siap untuk menerkam, menggigit, melukai. Padahal orang memelihara anjing biasanya butuh teman, merawatnya sebaik mungkin agar bisa bersahabat. Anjing kan hewan piaraan yang sebenarnya bisa dididik dan dijinakkan.  

Meskipun anjing banyak disukai sebagai hewan peliharaan yang bisa menjaga majikannya, bahkan melayani, juga menghibur,  biasanya orang yang phobia pada anjing lebih memilih dirinya membatasi diri. Juga menjaga jarak, bahkan dengan sang pemilik anjing. Lebih memilih menghindari pertemuan di rumah pemilik anjing. Mereka pun terancam tidak bisa menikmati kegiatan outdoor seperti hiking atau berkemah. Kenapa? Karena banyak orang yang suka hiking membawa anjing mereka. Terbatas kan akhirnya gerakan kaum phobia anjing ini? Karena semakin hari ternyata meningkat jumlah penggemar anjig. Bahkan banyak diantaranya orang-orang dekat. Terus gimana dong?

Coba kita pelajari yuk gejala phobia anjing ini seperti apa sih? Seperti semua phobia, gejala orang yang mengalami takut anjing dapat bervariasi, nggak akan sama. Tingkat keparahannya berbeda. Kamu mungkin takut  dengan  anjing yang  hanya bertubuh besar, tapi bisa juga ada yang takut pada anjing kecil yang lincah gerakannya, sering mengendus. Namun kalau melihat anjing-anjing itu di TV atau foto terasa biasa saja. Yang jelas gejala ketakutan terhadap anjing tidak akan sama pada setiap orang.

Ilustrasi Foto. popular-world.com

Ketakutan yang biasa terjadi, adalah melarikan diri, merasa cemas,  kaku, takut, gelisah, berusaha untuk bersembunyi, kepala sakit, pusing, sampai merasa mual atau bingung, bahkan bisa teriak-teriak dan menangis.

Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal tersebut? Hampir bisa dikatakan penyebab setiap segala macam phobia anjing, rata-rata adalah pengalaman traumatis. Misal melihat orang digigit anjing, bahkan  pernah mengalami kejadian yang sangat tidak mengenakkan, dikejar anjing. Ada juga saat kecil diikuti anjing yang terus menggonggong menakutkan.

Phobia bisa disembuhkan, dihilangkan. Ada banyak cara untuk menghilangkan phobia anjing

Berikut tips menghilangkan phobia pada anjing :

Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif akan membantu kamu mengubah cara berpikir tentang anjing yang dapat mengakibatkan perasaan rasa takut luar biasa. Terapi perilaku kognitif didasarkan pada kenyataan bahwa pikiran memicu emosi dan kemudian emosi memicu perilaku yang tidak diinginkan. Dengan mengontrol hal pertama yang ada di pikiran kamu, kamu dapat mengendalikan emosi tentang ketakutan pada anjing dan pada gilirannya perilaku akan berubah.

Memakai hipnoterapi untuk mengubah keyakinan irasional  kamu tentang anjing

Biasanya orang dengan phobia anjing punya keyakinan kuat bahwa anjing kejam, jahat, pasti akan menyerang setiap saat atau menyimpulkan anjing adalah makhluk yang sangat  berbahaya. Dengan menggunakan metode hipnosis  untuk penyembuhannya, kamu dapat menginstal keyakinan baru tentang anjing dalam pikiranmu, bahwa anjing hewan yang sangat manis dan sangat bersahabat, hal ini akan menghapus ketakutan-ketakutan yang tidak rasional ini.

Menggunakan Neuro Linguistic Programming (NLP)

NLP dapat digunakan untuk menyembuhkan phobia pada anjing. Cara kerja atau metode dengan NLP secara sederhana bisa dijelaskan seperti ini, jika kamu takut anjing maka kemungkinan besar kamu memiliki gambaran mental atau membayangkan kengerian terhadap anjing, Dengan menggunakan metode  NLP kamu dapat mengubah bayangan buruk  atau ilusi menakutkan yang ada dalam pikiran. Jadi bayangan kamu terhadap anjing menjadi netral dengan memperbaharui ulang,  tanpa terkait dengan emosi takut yang berlebihan. Semua jadi clear, ketakutan pun akan berangsur-angsur hilang.

Desensitisasi

Desensitisasi adalah sebuah metode terapi yang melibatkan paparan bertahap untuk hal yang kamu takuti, sampai kamu menjadi mampu merasa santai di sekitarnya. Ketika ini terjadi, kamu selangkah lebih maju dengan memungkinkan dibawa  lebih dekat ke objek ditakuti, yaitu anjing. Pelan-pelan, niat sembuh, maka anjing akan menjadi hewan yang manis di depanmu. Sampai kamu merasakan perasaan tenang, tentra, bahkan santai meskipun banyak yang tidak nyaman dengan menggunakan desensitisasi. Tapi cara ini bisa dicoba.

Riset membuktikan bahwa di antara 4 metode pendekatan untuk menangani phobia pada anjing,  Hipnoterapi dan NLP adalah dua pendekatan yang paling efektif. Telah terbukti mampu mengatasi phobia dengan tinggkat keberhasilan yang tinggi. Metode ini tidak hanya baik dipakai untuk menghilangkan phobia anjing, namun bisa dipakai untuk menyembuhkan berbagai macam phobia.

Nah, bagi yang phobia anjing silahkan mencoba 4 cara di atas. Kalau pun kabar baik ini tidak untukmu, bisa kamu bagi kepada orang-orang yang kamu sayang! Hal yang sulit adalah memulai. Namun kalau nggak mau memulai, masalah-masalh itu nggak akan bisa terlampaui. Tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

Author : Rinjani