Domigado – Ketika berbicara mengenai buah. Ada banyak sekali jenis buah yang dapat dikonsumsi setiap hari termasuk salah satunya adalah buah bit. Buah yang berwarna merah ini, memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi dan sangat baik jika dikonsumsi secara rutin. Terutama bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai manfaat buah bit, jika dikonsumsi secara rutin dan kandungan nutrisi yang bisa didapatkan.

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit
source : tokopedia

Buah bit merupakan buah merah yang bentuknya hampir seperti ubi. Namun rasanya manis dan sangat bermanfaat jika dikonsumsi. Buah ini berasal dari keluarga sayuran lobak atau sayuran berakar, namun masuk ke dalam buah karena kandungan nutrisinya yang hampir sama dengan beberapa buah lainnya.

Bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika sejak ribuan tahun yang lalu. Setelah adanya perdagangan yang dilakukan di berbagai negara termasuk di area Asia dan juga Eropa. Akhirnya buah bit mulai dikonsumsi oleh banyak masyarakat termasuk di indonesia di sekitar abad ke-19. Buah ini seringkali digunakan, sebagai salah satu campuran untuk memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

1) Menurunkan Tekanan Darah

source : healthline

Menurut penelitian yang didapatkan buah bit dapat membantu mencegah hipertensi, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Karena buah bit ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang dimiliki oleh seseorang, akibat kandungan nitrat nya yang lumayan tinggi.

Menurut penelitian London School Of Medicine dan juga Peninsula Medical School, menyebutkan bahwa buah bit bisa digunakan sebagai salah satu obat untuk menurunkan resiko hipertensi, ataupun saat seseorang sedang dalam kondisi memiliki tekanan darah tinggi. Buah bit ini bisa menenangkan, sehingga tidak memicu hipertensi seseorang menjadi kambuh.

2) Meningkatkan Kinerja Fisik

source :olive magazine

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa buah bit dapat membantu meningkatkan kinerja fisik seseorang. Sehingga buah ini seringkali dikonsumsi oleh para atlet nitrat, yang terkandung pada buah bit dapat membantu mempengaruhi kinerja fisik. Sehingga meningkatkan hasil energi yang diproduksi oleh sel tubuh.

Selain itu bit juga bisa meningkatkan penggunaan oksigen hingga 20%. Perlu dicatat bahwa kadar nitrat dalam darah naik selang 2 hingga 3 jam. Sehingga orang yang ingin meningkatkan kinerja fisik bisa mengkonsumsi buah bit secara rutin terutama bagi olahragawan.