Semua jenis kucing bisa menjadi individu yang ramah, penyayang, dan bersahabat. Terdapat sangat banyak jenis-jenis kucing yang bisa jadi peliharaan, dengan ukuran, karakteristik dan sifat yang berbeda-beda pula. Namun, sebenarnya hampir semua kucing bisa jadi penyayang dan bersahabat.

Sifat penyayang tersebut dapat terjalin antara hewan peliharaan dan pemiliknya, tetapi ada jenis kucing yang memang memiliki sifat bersahabat dan penyayang dari asalnya. Kucing juga dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres si pemiliknya karena tingkah yang menggemaskan.

Dengan menjadikan memelihara hewan peliharaan sebagai hobi , kita juga bisa belajar tentang tanggung jawab. Misalnya harus rutin dan tepat waktu dalam memberi makan hewan peliharaan. Nah bagi kamu yang ingin mempunyai hewan peliharaan kucing, ada beberapa jenis yang bisa kamu pelihara.

Berikut adalah jenis dan sifat kucing peliharaan favorit dan bersahabat.

1. Kucing Persia.

Jenis Kucing persia

Salah satu jenis kucing peliharaan yang paling terkenal dan banyak dicari adalah kucing Persia. Kucing ini memiliki ciri khas rambut yang panjang, lebat, dan berwajah bulat, serta hidungnya yang pesek.

Kucing Persia juga termasuk dalam jajaran kucing termahal di dunia. Seperti namanya, kucing ini merupakan kucing yang pertama kali ditemukan di Persia atau Iran.

Untuk memelihara kucing ini pastinya kamu harus menyisihkan anggaran yang cukup untuk perawatannya. Kucing Persia termasuk peranakan yang membutuhkan perawatan rutin. Nggak heran kalau kucing ini kebanyakan berperilaku manja, penyayang, dan setia.

Kucing Persia memiliki beberapa jenis lagi lho, di antaranya, Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia medium. Untuk harga satu ekor kucing ini berkisar dari Rp 500 ribuan hingga Rp 2 jutaan.

2. Kucing Anggora.

Jenis kucing anggora

Banyak orang suka dengan jenis kucing Anggora karena bulunya yang putih seperti salju. Sama seperti namanya, asal kucing ini dari Ankara, Turki.

Kucing ras ini menjadi salah satu yang digemari untuk dipelihara, namun di Indonesia jarang sekali ada karena tidak diperbolehkan dan dibatasi oleh Turki.

Selain bulunya mampu menarik perhatian, hewan ini juga aktif dan lincah untuk dijadikan teman bermain di rumah. Ciri-cirinya pun berbeda dengan kucing Persia, bulu kucing Anggora di bagian kepala tidak terlalu panjang.

Kucing Anggora juga memiliki telinga yang lumayan lebar di bagian bawah serta besar mengerucut ke bagian ujung telinga seperti segitiga. Untuk harganya sendiri berkisar Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

3. Kucing Siam (Siamese).

Jenis kucing siam

Kucing Siam atau Siamese ini berasal dari Thailand. Dulu kucing ini mulai dikenal saat kemunculan pertama kali di Eropa, yang pada saat itu diberikan pada Duta Besar Inggris di Thailand pada abad 18.

Kucing Siam memiliki tubuh yang ramping, ekor yang panjang, mata berwarna biru, bulunya pendek, dan memiliki titik gelap. Tak hanya itu, kucing Siam ini suara yang lembut, cerdas, dan lincah. Kucing ini juga sangat penyayang ketika kamu tanggap terhadap kebutuhannya.

Harga kucing peliharaan jenis Siam ini dapat menyentuh angka puluhan juta.


BACA JUGA >> 5 Webtoon Indonesia Genre Komedi yang Populer


4. Kucing Ragdoll.

Jenis kucing ragdoll

Kucing Ragdoll berasal dari Amerika Serikat. Dinamakan Ragdoll karena memiliki sifat yang jinak. Ketika kamu mengangkat jenis kucing peliharaan ini tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

Untuk penampakan fisiknya kucing Ragdoll hampir mirip dengan kucing Siam dan Persia. Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang.

Untuk memelihara kucing Ragdoll, kamu harus menyediakan tempat yang cukup luas karena kucing Ragdoll senang permain dan berpetualang. Kamu juga harus sering menyisir bulunya karena memiliki bulu lebat mirip dengan kelinci.

5. Kucing Maine Coon.

Kucing maine coon

Selain terkenal, kucing Maine Coon juga menjadi salah satu ras kucing terbesar. Pembawaannya yang sangat ramah cocok menjadi hewan peliharaan di rumah. Kucing jenis ini bisa tinggal dengan jenis kucing lain, bahkan anjing sekalipun.

Kucing Maine Coon betina memiliki bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg. Namun ada juga yang melebihi bobot tersebut. Yang menjadi daya tarik kucing, yaitu ekornya panjang dan berbulu tebal.

Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian kamu dengan banyak “mengeong” untuk meresponsnya.


BACA JUGA >>