sumber foto lifestyle.kompas.com

Sheet Mask merupakan salah satu produk skincare yang sangat populer di dunia kecantikan. Keunggulan dari Sheet Mask adalah kepraktisan penggunaannya dimana penggunanya tinggal menempelkan saja sheet pada wajah sebagai masker. Tanpa harus membuat campuran maskernya lebih dulu atau repot mengoleskan dan membilasnya. Selain itu sheet mask sangat disukai karena efeknya yang langsung terlihat dan efek moisturizing yang instan. Namun walaupun sheet mask telah digunakan oleh banyak orang dan telah bermacam variannya. Masih ada anggapan-anggapan keliru tentang jenis produk satu ini. Apalagi masih banyak yang mempercayai mitos-mitos seputar sheet mask ini.

Berikut ini domigado.com membuat daftar mitos-mitos mengenai sheet mask yang umum dipercayai orang, sekaligus fakta-faktanya supaya kamu tidak khawatir lagi ketika menggunakan sheet mask.

Mitos 1 : Makin lama dipakai hasilnya akan semakin baik

Ini salah besar ya ladies, kita bisa baca sendiri pada kemasannya bahwa setiap sheet mask memiliki batas penggunaan waktu tertentu. Umumnya sheet mask digunaan selama 10-15 menit atau maksimalnya adalah 20 menit. Berkebalikan dengan mitos itu, memakai sheet mask melebihi waktu yang disarankan malah bisa bikin kulitmu bermasalah loh. Mulai dari kehilangan kelembaban, overmoisturizing sampai menimbulkan jerawat.

Ilustrasi foto cosmopolitan.com

Mitos 2 : Sheet Mask dipakai sampai serumnya kering

Masih berhubungan dengan mitos yang pertama, pengguna sheet mask biasanya menggunakan sheet mask lebih lama daripada waktu yang dianjurkan karena ingin menggunakan sampai essence pada sheet mask benar-benar kering. Hal itu dilakukan karena kita merasa sayang pada essence yang tertinggal di sheet mask. Atau merasa khawatir tidak mendapatkan manfaat yang maksimal. Padahal kamu tidak perlu menggunakan sheet mask sampai essencenya benar-benar kering. Beberapa bahan sheet mask malah didesain agar dapat selalu lembab sehingga tidak bisa kamu gunakan sampai benar-benar kering. Dan walaupun tidak kamu gunakan sampai kering kulit wajahmu tetap mendapatkan manfaat dari sheet mask yang kamu gunakan. 

Mitos 3 : Jangan cuci muka setelah pakai Sheet Mask!

Banyak pengguna yang berpikir untuk tidak mencuci muka setelah pakai sheet mask. Biasanya karena mereka takut efek essence pada sheet mask menghilang terbilas air dan tidak menyerap ke dalam kulit. Sebenarnya kamu enggak perlu khawatir ladies, karena manfaat dari sheet mask akan tetap diserap dan dirasakan oleh kulit wajahmu selama kamu menggunakannya sesuai dengan anjuran waktu. 

Mitos 4 : Pakai Sheet Mask boleh setiap hari!

Mitos yang keempat ini tidak sepenuhnya salah, karena belum ada pembuktian efek buruk memakai sheet mask setiap hari. Namun penggunaan sheet mask bergantung pada jenis sheet masknya. Misalnya saja sheet mask yang memiliki fungsi moisturizing bisa digunakan setiap hari. Sedangkan sheet mask yang memiliki fungsi exofiliating lebih baik digunakan 2-3 kali dalam seminggu saja. Karena efek exofiliatingnya yang mungkin saja bisa mengikis kulit kamu.

ilustrasi foto. middleeastbeauty.com

Mitos 5 : Lebih baik digunakan pada malam hari sebelum tidur!

Mungkin karena ada kecenderungan menggunakan sheet mask skincare setelah beraktivitas yaitu pada malam hari. Muncullah mitos yang mengatakan bahwa sheet mask lebih efektif penggunaannya jika dilakukan pada malam hari sebelum kita tidur. Belum ada pembuktian dari pernyataan ini. Namun sebenarnya masker bisa kamu gunakan kapan saja dan di mana saja loh selama kamu membersihkan kulit wajahmu terlebih dahulu sebelum menggunakan sheet mask. 

Mitos 6 : Enggak perlu pelembab kalau sudah pakai Sheet Mask!

Well, ini salah besar ya ladies. Walaupun salah satu efek sheet mask adalah instan moisturizing. Atau sheet mask yang kamu pakai memiliki fungsi utama untuk melembabkan. Hal itu tidak akan menggantikan fungsi utama moisturizer kamu sebagai pelembab wajah. Jadi walaupun kamu sudah pakai sheet mask jangan lupa untuk pakai pelembab wajah yaa.

Itu dia mitos-mitos tentang sheet mask yang dipercayai banyak orang. Karena kamu sekarang sudah tahu fakta dari mitos-mitos itu. Lebih baik mulai dari sekarang kamu berhenti percaya dan dapat menggunakan sheet maskmu dengan lebih maksimal tanpa kekhawatiran yang tidak perlu.