Ilustrasi (foto: Shutterstock)

DOMIGADO – Memiliki berat badan ideal selalu menjadi impian banyak orang. Maka tak heran, tidak sedikit metode diet beredar dengan klaim ampuh menurunkan berat badan. Namun faktanya, tidak semua pola diet yang populer cocok buat kamu dan menurunkan berat badan dengan efektif. Kali ini kita akan cara mudah turunkan berat badan tanpa perlu diet.

Pola diet yang sembrono justru akan membuat berat badan kamu meningkat drastis bahkan tubuh kamu akan sering sakit. Menurut ahli diet dari Cleveland Clinic, Anna Kippen, hal terpenting untuk menurunkan berat badan adalah membentuk kebiasaan makan yang baik. 

Melansir laman Kompas (29/07/2020), berikut tips sehat untuk menurunkan berat badan dari Kippen: 

1. Hindari mengurangi porsi makan secara drastis 

Hindari mengurangi porsi makan secara drastis (foto: tipoos.com)

Sama seperti makan berlebihan, Kippen mengatakan mengurangi asupan makanan justru merusak kesehatan. Mengurangi asupan makanan memang bisa membuat badn cepat turun. Namun, pola diet semacam ini juga bisa membuat berat badan kembali naik dengan cepat, yang dalam istilah masa kini dikenal dengan diet yoyo. Bahkan, mengurangi asupan makanan membawa kita pada risiko berbagai penyakit kronis. Diet bukan berarti membuat tubuh kita kelaparan. Namun, yang perlu kita perhatikan saat diet menurunkan berat badan adalah kualitas makanan yang kita konsumsi bukan kuantitasnya. 

2. Perhatikan asupan kalori 

Perhatikan asupan kalori (foto: Shutterstock)

Banyak orang menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori. Padahal, ita hanya perlu mempertahankan keseimbangan kalori yang masuk dan kalori yang kita bakar saat beraktivitas. 

“Tubuh perlu mempertahankan keseimbangan kalori untuk mencapai berat badan ideal namun jumlah kalori yang cukup tidak menjamin tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup,” ucap Kippern. 

Lalu, apa yang harus kita lakukan? Menurut Kippen, yang harus kita lakukan adalah memilih makanan berdasarkan kepadatan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Artinya, kita bisa memilih asupan kalori sehat yang juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat, protein, dan lemak sehat. Makanan kaya nutrisi sangat dibutuhkan oleh sel tubuh agar berfungsi dengan baik dalam mencegah berbagai penyakit. Selain itu, makanan kaya nutrisi juga membuat kita kenyang lebih lama. 

3. Konsumsi sayuran segar 

Konsumsi sayuran segar (foto: Shutterstock)

Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan berat badan sehat. Selain itu, kandungan serat di dalam sayuran juga membantu kesehatan pencernaan. Namun, banyak makanan berbahan sayuran yang justru bisa merusak diet kita, seperti keripik bayam atau keripik wortel. Meski terbuat dari sayuran, makanan tersebut telah ditambahkan berbagai campuran bahan seperti tepung atau garam yang mengurangi nilai nutrisi di dalamnya. Sayuran yang telah mendapatkan berbagai campuran bahan tersebut biasanya juga mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Sebaiknya, pilihlah sayuran segar. Selain nutrisinya yang tingi,sayuran segar juga rendah kalori namun bisa membuat kita merasa kenyang.