tips dapur sehat bersih bebas kecoa

Domigado – Kecoa selama ini dikenal sebagai salah satu hewan menjijikan yang tak jarang ditakuti oleh banyak orang. Sayangnya, kecoa hampir banyak ditemukan di setiap rumah, termasuk dapur. Padahal, dapur menjadi bagian rumah terpenting yang kebersihannya patut dijaga dengan baik. Kecoa adalah binatang yang sering muncul di rumah dan merupakan hama dapur yang sangat mengganggu. Selain menjijikkan, kecoa juga sulit diusir dan dimatikan. Punya dapur bersih dan bebas dari kecoa pasti jadi dambaan. Salah satu tips yang bisa dilakukan dengan selalu bersihkan dapur dari noda minyak dan remah-remah makanan setiap kali selesai memasak. Selain bebas kecoa, dapur juga bersih dari dari bakteri dan kuman.

Lalu, bagaimana cara mengamankan dapur dari kecoa? Yuk, simak.

Jaga Agar Seluruh Permukaan Dapur Tetap Kering

Wilayah dapur yang lazim dijadikan sarang kecoa adalah di bawah tempat cuci piring atau daerah sekitar penyimpanan air. Kecoa dapat hidup selama 40 hari tanpa makan, tetapi tidak dapat hidup bila seminggu tidak minum. Itulah alasan mengapa kecoa senang berada pada tempat yang lembap. Walau dapat terbang, kecoa lebih senang berjalan untuk menemukan air.

Selalu Simpan Makanan Di Kulkas

Kecoak termasuk hewan mungil dengan gerakan yang sangat lincah. Tak heran bila hewan tersebut dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh sebab itu, kamu perlu pintar-pintar dalam mengamankan makanan. Caranya adalah dengan selalu meletakan makanan pada lemari pendingin agar aman dari kecoak.

Jangan Menumpuk Piring Kotor

Jangan biarkan piring kotor menumpuk semalaman. Kecoa merupakan hewan yang aktif pada malam hari (hewan nokturnal) dan beristirahat pada siang hari, sehingga kecoa sering ditemukan pada malam hari.

Semprotkan Dengan Saus Pedas

Apakah kamu memiliki saus pedas di dapur? Apabila kamu memilikinya, maka kamu bisa menggunakan saus tersebut sebagai cara tradisional untuk pengusir kecoak. Caranya adalah dengan mencampurkan saus pedas dan air. Setelah itu, letakkan pada semprotan dan kamu bisa mulai menyemprotkan saus ke beberapa bagian di dapur yang sering dihinggapi kecoak.

Gunakan Kapur Barus

Kapur barus ternyata tak hanya ampuh sebagai cara untuk mengusir semut, namun juga kecoak. Kamu juga bisa menggunakan kapur barus sebagai bahan untuk mengusir kecoak. Cukup dengan meletakkan kapur barus ke beberapa bagian furnitur dapur, termasuk ke belakang kulkas atau tempat-tempat terpencil di dapur.

tips dapur sehat bersih bebas kecoa

Berikan Wewangian di Dapur

Tak hanya kamar saja yang perlu wangi, lho. Namun, dapur pun musti demikian. Kamu perlu meletakkan beberapa pewangi ruangan yang akan membuat dapurmu menjadi lebih harum. Dengan cara begitu, maka kecoak pun tak akan betah di dapurmu.

Jaga Kebersihan Dapurmu

Satu hal utama yang perlu dijaga dari dapurmu adalah mengenai kebersihan. Pastikan untuk menjaga kebersihan dapur dengan cara rajin membuang sampah. Sapu lantai dapur setiap hari dan bersihkan juga daerah di bawah kulkas atau kompor karena sering terdapat sisa-sisa makanan dan minyak yang bisa menjadi makanan kecoa. Dengan begitu, maka dapur pun aman dari kecoak.

Gunakan Aroma Jeruk Lemon, Mentimun atau Daun Salam

Gunakan jeruk lemon, mentimun, atau daun salam secukupnya untuk mengusir kecoa. Caranya, iris kecil–kecil salah satu bahan di atas, kemudian tuangkan irisan bahan tersebut ke dalam gelas atau wadah ukuran sedang. Letakkan wadah atau gelas tersebut di tempat yang banyak terdapat kecoanya, misalnya saja dapur, lemari, atau tempat lainnya. Kenapa bisa kabur? Karena pada dasarnya kecoa ini tidak suka dengan aroma bahan–bahan di atas.

Ternyata memang cukup mudah yaa menghilangkan kecoa dari dapur, jadi lebih bersih, deh! Selalu jaga kebersihan yaa!