Domigado – Kamu memiliki keramik kamar mandi yang berkerak dan terlihat kusam? Tentu hal tersebut selalu jadi masalah yang sangat mengganggu pemandangan juga kesehatan. Sedangkan kerak yang membuat kamar mandi terlihat kusam ini disebabkan oleh kotoran, sisa sabun, jamur dan lumut yang terlalu lama mengendap pada keramik. Terlebih lagi, kamar mandi adalah salah satu bagian didalam rumah yang harus tetap terjaga kebersihannya. Pasti kamu semua juga nggak mau dan merasa risih kan kalau kamar mandi kusam hingga terlihat jorok?

Nah, penting untuk kamu mengetahui 5 cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam. Gimana sih caranya? Yukk kepoin langsung artikelnya!

Produk Pembersih Kamar Mandi yang Diformulasikan Khusus

Bagi beberapa orang, membersihkan keramik kamar mandi merupakan aktivitas yang menyebalkan. Sedangkan produk pembersih kamar mandi bisa menjadi andalan untuk menuntaskan kerak membandel. Apalagi saat ini, banyak produk pembersih telah diformulasikan untuk mengangkat kerak kamar mandi yang membuat keramik mencari kusam.

Kamu pun hanya tinggal menuangkan cairan pembersih pada wadah atau ember. Lalu celupkan sikat pada cairan pembersih dan gosokan pada keramik yang berkerak. Diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah, sikat keramik lagi lalu bilas dengan air hingga bersih.

Gunakan Cairan Pencuci Piring Dirumah, Ini Bisa Mengangkat Sisa Sabun Dan Lumut

Kamu bingung cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam dan berkerak? Cara membersihkan kamar mandi berikutnya adalah menggunakan cairan pembersih piring. Sabun cuci piring pun mampu mengangkat kotoran, minyak, sisa sabun dan lumut yang menjadi penyebab kerak kamar mandi. Caranya dengan isi botol semprot dengan larutan air sabun cuci piring. Lalu semprotkan pada keramik kamar mandi yang berkerak.  Jika sudah gosok keramik dengan menggunakan sikat sambil sesekali disemprot dengan larutan cairan pencuci piring dan bilas dengan air hingga bersih. 

Asam Sitrat yang Tetap Aman Jika Terkena Kulit

Di rumah kamu punya asam sitrat atau sitrun sebagai bahan kue? Kamu pun bisa memanfaatkan sitrun saat ingin membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak dan terbilang aman jika terkena kulit. Kamu hanya melakukan cara membersihkan keramik kamar mandi sebanyak 2 atau 3 kali untuk mencapai hasil maksimal. Gosoklah keramik kamar mandi dengan batu apung dan air sabun terlebih dahulu. Lalu taburkan asam sitrat ke keramik yang berkerak ketika keramik masih basah. Diamkan selama 1 jam. Jika sudah gosok kembali keramik kamar mandi menggunakan sikat dan bilas hingga bersih.

Kaporit Mampu Melunturkan Noda Yang Bertahun-Tahun

Terakhir, cara membersihkan keramik kamar mandi lainnya yakni menggunakan kaporit. Kaporit yang dikenal sebagai disinfektan air, kaporit juga dapat digunakan untuk melunturkan noda dan kerak yang sudah bertahun-tahun menempel sekalipun. Caranya hanya menyiram lantai dan dinding keramik kamar mandi memakai air panas. Lalu taburkan bubuk kaporit di atas keramik berkerak dan diamkan selama 30 menit. Gosok keramik kamar mandi dengan sikat. Jika sudah blas keramik kamar mandi dengan air bersih. Itulah kelima cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak. Sebelum melakukan pembersihan, pastikan kamu sudah mengeluarkan semua barang yang ada di dalamnya.

Cuka Cukup Ampuh Melarutkan Lapisan Kerak Kamar Mandi

Selain sitrun, kamu juga dapat membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak menggunakan bahan alami. Ternyata, cairan cuka terbilang ampuh untuk menghilangkan keramik kamar mandi yang berkerak dan kusam hanya dengan satu kali coba. Masukan cuka putih ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cuka putih ke seluruh keramik kamar mandi yang hendak dibersihkan. Diamakan 10 menit dan siram dengan air panas untuk membantu melarutkan lapisan kerak yang menempel. Jika sudah, lap keramik kamar mandi yang sudah disemprot dengan spons basah dan keringkan.