CARA MENGHILANGKAN SAKIT KEPALA SECARA ALAMI
Ilustrasi (foto: ShutterStok)

DOMIGADO – CARA MENGHILANGKAN SAKIT KEPALA SECARA ALAMI Seringkali sakit kepala datang tiba-tiba disertai nyeri yang tak tertahankan. Rasa sakit kepala dapat terjadi di bagian kepala mana pun, termasuk bagian kepala belakang yang menjalar ke leher. Biasanya rasa sakit kepala yang muncul dapat berlangsung selama beberapa jam, atau bahkan pada beberapa kasus bisa berlangsung hingga berhari-hari. Sakit kepala merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja.

Sakit kepala memiliki berbagai macam penyebab. Seperti stres, migrain, darah tinggi, gangguan kecemasan, depresi, dan sebagainya. Sakit kepala kronis yang tak segera ditangani tentu bisa menimbulkan masalah lain, seperti sulit menjalankan aktivitas seperti biasanya. Namun secara umum, ada 3 jenis sakit kepala yang paling sering terjadi, yaitu:

Migrain

Migrain ditandai dengan sakit kepala berdenyut yang muncul hanya di satu sisi kepala. Sakit kepala ini bisa berlangsung selama beberapa jam, bisa juga berhari-hari. Selain sakit kepala, penderita migrain juga dapat mengalami mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap suara bising atau cahaya.

Meski hingga kini penyebab migrain belum diketahui secara pasti, namun sejumlah faktor bisa memicu serangan migrain, di antaranya stres, kelelahan, kualitas tidur yang buruk, kebiasaan merokok, dan konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan.

Sakit kepala Cluster (Cluster Headaches)

Sama seperti migrain, sakit kepala cluster juga bisa terasa di satu sisi kepala saja. Bedanya, rasa nyeri akibat kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan cenderung terasa di belakang mata atau area sekitar mata.

Serangan sakit kepala cluster dapat  berlangsung sekitar 15 menit hingga 3 jam. Kondisi ini sering membangunkan penderitanya dari tidur karena rasa nyeri yang tak tertahankan. Tidak hanya nyeri di kepala, penderitanya juga bisa mengalami keluhan berupa mata merah, bengkak, dan berair.

Ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit kepala cluster, yaitu usia, kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan memiliki anggota keluarga yang juga sering mengalami sakit kepala cluster.

Sakit Kepala Tegang (Tension Headaches)

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling sering dialami. Penderita sakit kepala ini biasanya akan merasakan nyeri di kedua sisi kepala, belakang mata, dan terkadang juga di leher. Rasa nyeri pada kondisi ini sering digambarkan seperti kepala sedang terlilit kencang oleh tali.