Ilustrasi (foto: slidex.tips)
Ilustrasi (foto: slidex.tips)

DOMIGADO – Ini dia tips DIY dekorasi sederhana untuk atasi barang berantakan kamu agar terlihat lebih rapi. Barang-barang kecil yang berantakan tentu saja menjadi masalah tersendiri di rumah. Namun dengan tips DIY dekorasi sederhana ini tentu saja akan menjadi solusi masalah kamu. Sudut-sudut yang terlihat berantakan seperti ruag kerja penuh dengan kabel-kabel, akan terlihat lebih estetik dengan trik DIY dekorasi sederhana yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Rumah dan kamar yang berantakan entah karena kabel yang menjulur ke mana-mana, tumpukan aksesoris yang tidak enak dipandang mata, sampai meja kerja yang kondisinya menyedihkan karena tak dibersihkan sekian lama, akan terasa cukup menggaggu. Sayangnya, jalan keluar dari masalah ini bukan cuma sekadar meningkatkan intensitas bersih-bersih rumah. Perlu ada trik khusus yang harus kamu lakoni dalam urusan dekorasi agar kekacauan yang sama nggak datang lagi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Domigado.com rangkum 8 trik DIY sederhana agar barang kamu yang berantakan terlihat lebih rapi dan estetik.

1. DIY dekorasi sederhana untuk tutup router dengan sampul buku tua

DIY dekorasi sederhana agar rumah lebih rapi via wonderfulengineering.com
DIY dekorasi sederhana agar rumah lebih rapi via wonderfulengineering.com

Sekarang ini internet adalah kebutuhan utama bagi manusia. Keberadaan router sebagai penyalur sinyal sudah wajar dimiliki rumah kebanyakan. Barang ini seringkali tergeletak begitu saja di atas meja, mengganggu pandangan mata.

Nah, agar barang ini tak terlihat berantakan, bungkus saja dengan sampul buku. Kamu bisa manfaatkan sampul buku yang sudah tak digunakan. Atau bisa juga buat sendiri dari karton yang keras. Lalu letakkan vas bunga, figura foto, atau hiasan di atasnya. Rumahmu pasti terlihat lebih indah lagi.

2. DIY dekorasi sederhana untuk menutupi colokan yang penuh dengan kabel

DIY dekorasi sederhana agar rumah lebih rapi via keepitrelax.com
DIY dekorasi sederhana agar rumah lebih rapi via keepitrelax.com

Colokan kabel adalah salah satu benda yang membuat pemandangan tak sedap di rumah. Selain itu, barang ini juga bikin rentan konslet saat tertetes air dan berbahaya bagi anak-anak. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan kotak sepatu bekas. Sebelum itu, lapisi dulu dengan kertas kado yang indah ya. Lalu buatlah lubang di beberapa sisi. Selain praktis, trik ini bikin ruanganmu lebih rapi.

3. Pasang beberapa stiker lucu di sekitar kabel tembok.

Cara dekorasi rumah biar lebih rapi via wonderfulengineering.com
Cara dekorasi rumah biar lebih rapi via wonderfulengineering.com

Kabel adalah salah satu barang yang pasti ada di setiap rumah. Tapi biasanya kabel ini menjulur begitu saja di tembok. Agar terlihat lebih rapi, pasang saja stiker karakter. Misalnya burung, daun, bunga atau lainnya. Lalu buat seolah-seolah kabel menjadi bagian dari gambar ya. Dengan begitu kabel listrik tak lagi mengganggu pemandangan.

4. DIY Dekorasi sederhana untuk tutupi barang yang tak bermanfaat di taman

DIY dekorasi sederhana agar rumah lebih rapi via www.amazon.com
DIY dekorasi sederhana agar rumah lebih rapi via www.amazon.com

Keindahan taman seringkali berkurang jika ada barang-barang yang tak bermanfaat menonjol ke permukaan, misalnya paralon. Untuk menutupinya, gunakan saja batu palsu yang berukuran besar. Selain beli yang sudah jadi, kamu juga bisa membuat sendiri dari ember bekas yang dicat ulang. Jika kamu melakukan trik ini, nggak mustahil taman yang kamu bikin bisa terlihat lebih natural dan enak dipandang. Kamu berani coba?

5. Menutup rak perhiasan dengan lukisan agar ruanganmu tampak lapang.

Cara dekorasi rumah biar rapi via www.kickvick.com
Cara dekorasi rumah biar rapi via www.kickvick.com

Kamu punya koleksi banyak perhiasan di rumah? Cara andalanmu menyimpannya adalah dengan menggantungnya di tembok rumah? Alih-alih rapi, terlalu banyak gantungan itu bikin rumahmu jadi tak enak dipandang. Nah, agar perhiasan ini lebih rapi dan enak dipandang, kamu bisa tutup dengan lukisan.

Pastikan kamu membuat kotak perhiasaan sesuai dengan luas lukisan ya. Selain itu, pasang engsel agar mudah dibuka tutup. Selain ampuh “merapikan” barang yang berantakan, trik ini juga bisa menghemat ruang.