Domigado – Bagi kamu yang senang berkreasi, dengan memanfaatkan berbagai barang bekas menjadi sebuah karya baru. Pasti kamu sedang hunting alias mencari ide baru di tengah pandemic corona ini kan? Karena tetap harus dirumah, pasti kamu berusaha untuk mencari kegiatan yang menyenangkan. Nah, kamu bisa mencoba DIY tutup botol bekas yang disulap menjadi karya yang memuaskan loh.

Selain buatan sendiri, nilai dari barang bekas yang diolah kembali tidak akan sama dengan barang yang kamu beli. Termasuk salah satunya jika kamu memiliki banyak tutup botol plastik bekas. Kamu bisa mengolahnya menjadi hiasan dan kreasi yang sangat cantik.

Kreasi DIY Tutup Botol Bekas

DIY Tutup Botol
source : homedit

Tutup botol merupakan salah satu barang yang seringkali dibuang, karena dianggap tidak digunakan atau tidak berfungsi. Selain itu botol lebih banyak dikreasikan ataupun didaur ulang padahal sebenarnya tutupnya juga bisa dimanfaatkan, terutama jika kamu menggunakan botol kaca. Bagian tutup dari botol kaca umumnya unik dan berbeda.

Berikut ini ada beberapa inspirasi yang bisa kamu cantik untuk menghias ruangan ataupun kamar, hanya dengan menggunakan tutup botol. Dengan sekali sulap, tampilan tutup botol yang mungkin terlihat seperti sampah akan berubah menjadi cantik. Kamu akan mendapatkan barang yang tidak akan bisa dibeli di toko mana pun.

1) Hiasan Meja

DIY Tutup Botol
source : instructables

Pertama, ide unik dan banyak dilakukan oleh masyarakat luar negeri yaitu menghias meja dengan tutup botol soda. Bagi kamu yang berhasil mengumpulkan tutup botol bekas dengan jumlah yang sangat banyak, jangan dibuang karena bisa kamu olah untuk meja kopi ataupun meja sofa. Caranya, dengan menghias tutup dengan berbagai motif ataupun gambar. Kemudian setelah itu ditempelkan di atas meja dan ditutup dengan kaca.

Sehingga tutup botol tersebut bisa menjadi hiasan di bawah kaca meja. Agar tampilan meja menjadi lebih cantik dan berbeda. Selain itu nilai estetika dan keunikan dari meja tersebut akan meningkat agar tutup tidak rusak, bahkan hilang. Jangan lupa untuk melapisi kaca kembali untuk di bagian atas dan penuhi meja secara menyeluruh dengan tutup tersebut.

2) Tas/Vas Bunga dari Tutup Botol

DIY Tutup Botol
source : youtube

Ide lainnya yang bisa diikuti menjadi sebuah kreasi. Apabila kamu memiliki tutup botol khususnya yang berasal dari botol bekas minuman plastik. Maka kamu bisa membuatnya atau mengolahnya menjadi tas atau vas bunga. Tidak perlu membeli vas bunga dengan harga yang mahal, kamu bisa memfungsikan tutup botol dengan harga murah. Selain mudah dibuat, cara ini mengurangi sampah tentunya.

Caranya gunakan ukuran tutup botol yang sama dengan jumlah 30 hingga 40 buah. Jumlah ini disesuaikan dengan ukuran vas yang akan dibuat. Kemudian setelah itu rekatkan dengan menggunakan perangkat yang bagus dan berkualitas.

Jangan lupa, bagian dalam tutup botol harus mengarah ke dalam vas, sedangkan bagian luarnya berada di bagian luar vas. Setelah itu rekatkan dengan baik. Isi dengan plastik khusus, sehingga ketika diisikan tanah tidak akan keluar dari sela tutup botol dan tanaman bisa tumbuh dengan baik.

3) Anting Cantik dan Unik

DIY Tutup Botol
source : cutoutandkeep

Aksesoris seperti anting anting, gelang ,dan juga kalung, merupakan aksesoris yang banyak dicari oleh para wanita. Namun siapa sangka beberapa orang berhasil menyulap tutup botol menjadi aksesoris yang unik dan berbeda. Contohnya adalah anting yang menarik dapat dibuat dari tutup botol soda, ataupun botol wine.

Namun disarankan untuk tidak menggunakan tutup botol dari minuman bekas ataupun air mineral bekas. Cobalah dari kemasan dengan tutup yang berbeda. Sehingga ketika diolah kembali menjadi anting, maka akan menjadi karya yang sangat cantik dan tidak terlihat dibuat dari barang bekas. Kamu juga harus mempersiapkan pengait khususnya, dan bisa kamu beli di toko aksesoris dengan harga yang murah loh.