DOMIGADO – Menjalankan hobi ternyata mampu menstimulus otak kita agar tetap berkembang. Bukan hanya berkembang terkait dengan pekerjaan tetapi juga berkembang dalam menyeimbangkan pola hidup kita. Hobi yang kita lakukan ternyata membawa dampak yang cukup besar. Orang dewasa juga perlu menjalankan hobinya masing-masing. Kapasitas kinerja otak kita apabila dipakai secara terus menerus akan memengaruhi kemampuan mengingat kita. Beberapa hobi ternyata membuat kita lebih cerdas. Berikut adalah hobi sederhana yang membuatmu menjadi lebih cerdas.

Membaca

Membaca dapat mempengaruhi tingkat kecerdasanmu

Bukan sesuatu yang asing jika membaca dapat mempengaruhi tingkat kecerdasanmu. Semakin banyak buku yang kamu baca semakin bertambah juga pengetahuanmu dalam berbagai bidang. Jangan ragu untuk mengeluarkan dana yang lebih apabila ini bermanfaat untuk pengetahuanmu. Bacalah buku sebanyak mungkin semuda mungkin. Membaca juga merupakan salah satu cara untuk menjaga memori jangka panjang.

Menulis

Menulis membantu kita untuk mengingat hal-hal penting dan melatih kecerdasan emosionalmu

Tidak semua orang memiliki kemampuan menulis yang baik. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mulai mencatat hal-hal kecil setiap harinya sebanyak 300-400 kata. Selain membantumu untuk mengingat hal-hal penting, menulis juga bermanfaat untuk melatih kecerdasan emosionalmu, kepercayaan diri, kreativitas, fokus, hingga imajinasi. Semakin sering kamu menulis maka kamu akan semakin tahu perasaan yang kamu bawa saat menulis. Dan hal ini sangat berpengaruh pada topik tulisan kamu. Di sisi lain secara pengetahuan kosakata yang kamu punya pun semakin beragam.

Olah Raga

Olahraga setiap hari dapat menjadikan tubuh dan otak berfungsi lebih baik

Selain membuat tubuh kita sehat dan terlihat bugar, menjalankan hobi yang satu ini bisa membuatmu menjadi lebih cerdas. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan pikiran yang sehat juga bukan? Apalagi kamu menjalankan olahraga yang sifatnya fun seperti zumba. Perpaduan kardio dengan tarian modern yang diiringi musik yang ceria dan up beat, zumba dapat melatih kemampuan kognitif. Selain itu, tentu saja zumba dapat mengurangi kadar stres dan menjaga memori jangka panjang dalam dirimu. Tapi, apabila kamu lebih suka olahraga yang sifatnya menenangkan kamu juga dapat memilih yoga atau balet yang juga mampu meningkatkan kecerdasan dan ketangkasanmu. Olahraga setiap hari dapat menjadikan tubuh dan otak kamu berfungsi sebagaimana mestinya.

Bermain Musik

Musik juga dapat membantu menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri

Hobi yang satu ini memang ajaib, kenapa? Karena musik dapat mengembalikan mood kamu yang rusak. Selain itu musik juga dapat membantu menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kirimu sehingga dapat menstimulus sisi analisis dan kreatifmu. Piano,gitar, atau biola mungkin salah satu alat musik yang kamu kuasai. Jika kamu belum menguasai alat musik apapun kamu juga bisa mulai belajar memainkannya. Atau kalau kamu lebih memilih untuk menjadi penikmat musik, kamu bisa mendengarkan musik favoritmu.

Belajar Bahasa Baru

Menguasai lebih dari satu bahasa ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih smart

Mempelajari hal baru bukanlah sesuatu yang mudah, termasuk mempelajari bahasa. Belajar bahasa memang membutuhkan waktu dan ketekunan. Menguasai lebih dari satu bahasa ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih smart karena kamu mempelajari bahasa baru yang didalamnya mengandung kosakata dan struktur kalimat. Selain berfungsi untuk berkomunikasi, mempelajari bahasa mempunyai efek terhadap tingkat analisa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.