Ilustrasi hijab untuk wajah lebar (foto: Instagram/@nabilahatifa)

DOMIGADO – Bagi wanita muslim, berhijab merupakan suatu kewajiban. Saat ini sudah semakin banyak wanita muslim Indonesia yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat. Inilah mengapa tak mengherankan jika hijab di Indonesia memiliki banyak sekali variasi. Dari mulai bahan yang digunakan, model hingga cara penggunaanya. Bahkan yang membuat kita bangga adalah, Indonesia merupakan salah satu kiblat fashion hijab di dunia. Hijabers, kali ini ada tips hijab untuk wajah lebar agar terlihat tirus.

Terkadang wanita sulit tampil percaya diri dengan bentuk wajahnya ketika mengenakan hijab. Seperti yang diketahui, bahwa ada beberapa macam bentuk karakter wajah seseorang. Diantaranya wajah dengan bentuk bulat, lonjong, pir, bujur, ada juga menyerupai hati, berlian, serta wajah persegi (kotak).

Masing-masing dari karakter di atas memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri. Seperti hijaber yang memiliki wajah lebar misalnya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar wajah lebar tampak lebih kecil. Melansir dari laman Wolipop, berikut tips hijab untuk kamu yang berwajah lebar agar terlihat lebih tirus.

Ilustrasi pemakaian hijab untuk wajah lebar (foto: Dok.Instagram/@thataljundiah)

1. Hindari Bahan Katun dan Crinkle

Buat kamu para hijabers yang mempunyai karakter bentuk wajah yang lebar dan bulat, hindari pemakaian hijab dengan bahan katun dan crinkle. Karena penggunaan bahan hijab katun akan memperlihatkan jelas bentuk wajah kamu yang lebar dan bulat. Sedangkan hijab berbahan crinkle akan membuat tampilan lebih bervolume sehingga wajahmu akan tampak tambah berisi.

2. Pakai Model Hijab yang Longgar

Model hijab untuk wajah kotak atau lebar pilihlah yang longgar. Pilih model hijab pashmina berbahan ceruti atau chiffon. Cara memakai hijab untuk wajah bulat atau lebar ini, gunakan inner hijab untuk wajah bulat. Kemudian bentuk hijab tanpa menggunakan jarum pentul, sehingga tidak akan membuat wajah menjadi tampak lebih lebar.

3. Pakai Ciput Ninja

Selain menggunakan hijab tanpa jarum pentul, penggunaan ciput ninja juga bisa menjadi solusi bagi para hijabers agar membuat wajah lebar kamu semakin panjang. Ciput ninja anti tembem ini sudah banyak beredar di online shop atau e-commerce.

Ilustrasi pemakaian hijab untuk wajah lebar

4. Lipat Hijab Menutupi Tulang Pipi

Cara memakai jilbab untuk wajah bulat lainnya adalah dengan gaya hijab ala wanita Timur Tengah. Caranya ketika kamu hendak memakai hijab segi empat atau pashmina, lipat di bagian tulang pipi agar memberikan kesan wajah lonjong.

5. Pilih Bahan Hijab yang Gampang Dibentuk

Pemilihan bahan hijab yang nyaman dan gampang dibentuk membuat kamu lebih leluasa dalam berkreasi dengan hijab. Kamu bisa memilih bahan voal karena bahannya yang adem dan tidak mudah kusut sehingga wajahmu menjadi tidak bervolume saat diterapkan sebagai hijab.