Banyak dari kita, khususnya kaum wanita, merasa sangat terganggu dengan urusan Stretchmark. Banyak cara juga yang dilakukan sebagai usaha untuk menghilangkan guratan di kulit yang dianggap mengganggu penampilan ini.

Stretchmark adalah salah satu lesi kulit yang memang banyak terjadi pada wanita yang baru melahirkan. Selain itu, Stretchmark juga dapat muncul pada orang yang mengalami perubahan berat badan drastis, gangguan endokrin seperti sindrom Cushing maupun efek samping dari pengobatan kortikosteroid. Stretchmark terjadi karena adanya peregangan kulit yang melebihi batas elastisitasnya, dan mengakibatkan perubahan struktur kolagen dan elastin pada kulit. Meski tidak menimbulkan nyeri, adanya garis–garis Stretchmark tak jarang membuat wanita menjadi kehilangan rasa percaya diri.

Terdapat dua jenis Stretchmark yang dapat terjadi pada kulit, yaitu Stretchmark merah (striae rubra) dan Stretchmark putih (striae alba). Strecthmark merah merupakan jenis Stretchmark yang berwarna merah karena pembuluh darah muncul di permukaan kulit. Jenis ini lebih mudah untuk diatasi karena umumnya pembuluh darah yang muncul respon terhadap terapi yang diberikan.  Sedangkan Stretchmark putih, merupakan jenis Stretchmark yang lebih sulit untuk diatasi, garis putih pada kulit menunjukkan kondisi yang sudah lama dan telah kehilangan kolagen.

Pada dasarnya, Strechmark bukanlah suatu masalah yang berbahaya, seiring berjalannya waktu juga akan menghilang sendiri nantinya. Namun untuk Strechmark yang membandel, ada cara alami untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan Strechmark secara alami yang berhasil tim Domigado.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kentang

Kentang bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan Stretchmark secara alami. Kandungan mineral yang terdapat pada kentang bisa berfungsi sebagai antibiotik alami guna membantu meregenerasi kulit.

Untuk menghilangkan Strechmark menggunakan kentang bisa dilakukan dengan cara tumbuk halus kentang yang telah direbus, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan susu dan aduk sampai rata. Setelah adonan sudah berbentuk menjadi pasta, oleskan langsung pada bagian tubuh yang terdapat Strechmark, kemudian diamkan selama 30 menit, dan setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Bubuk Coklat

Bubuk cokelat bisa digunakan sebagai cara menghilangkan Stretchmark pada remaja. Untuk menghilangkan Strechmark dengan bubuk coklat bisa dilakukan dengan cara menyiapkan bubuk coklat tawar (tanpa pemanis), kemudian campur dengan sedikit air untuk membuatnya menjadi pasta. Setelah itu oleskan pasta coklat tersebut pada kulit yang terdapat Strechmark, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

3. Kopi

Selanjutnya, cara menghilangkan Strechmark secara alami adalah dengan menggunakan kopi. Selain mengobati Strechmark, aroma wangi kopi juga sekaligus berfungsi sebagai terapi relaksasi setelah beraktifitas seharian.

Untuk menghilangkan Strechmark dengan kopi bisa dilakukan dengan cara mencampurkan biji kopi yang sudah dihaluskan dengan air hangat, kemudian diaduk sampai berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta kopi tadi kebagian kulit yang terdapat Strechmark. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari kurang lebih selama 2 bulan berturut-turut.

4. Putih Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang melimpah. Selain itu, putih telur juga menjadi sumber mikronutrein yang berfungsi untuk mengenyalkan serta mencerahkan kulit. Inilah mengapa putih telur sangat efektif digunakan untuk menghilangkan Strechmark, apa lagi bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Putih telur adalah salah satu bahan yang mudah didapatkan dan sama sekali tidak berbahaya bagi kulit. Gunakan putih telur sebagai lotion alami, agar bau amisnya hilang, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon. Kemudian oleskan secara rutin pada kulit yang terdapat Strechmark.

5. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang digunakan untuk menghilangkan Stretchmark adalah lidah buaya. Tumbuhan satu ini memang dikenal untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit. Banyak orang yang menggunakannya untuk mengobati luka bakar akibat sengatan matahari.

Untuk pengobatan ini, kalian sebaiknya menggunakan tanaman asli lidah buaya. Bukan ekstrak yang sudah dicampur dengan bahan kimia. Oleskan gel lidah buaya yang telah diambil pada area stretchmark. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Scrub Gula Pasir

Eksfolitasi merupakan hal yang diperlukan untuk menghilangkan Stretchmark. Gula merupakan scrub alami yang dapat berguna untuk pengeksfoliasi alami. Bahan ini dapat mengelupas sel kulit mati dan meremajakan kulit. Hal ini tentunya juga ampuh untuk menghilangkan Stretchmark.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan gula pasir dengan sedikit madu, atau kamu dapat menggunakan perasan air lemon sebagai pengganti madu. Aduk rata bahan-bahan tersebut kemudian gunakan langsung ke bagian kulit yang terkena Stretchmark. Gosok dan pijat secara perlahan untuk menghindari luka.

7. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat Stretchmark.

Selain bahan-bahan di atas, Olahraga merupakan cara alami untuk menghilangkan Stretchmark yang mujarab. Karena saat berolahraga kulit akan mengencang, sehingga Stretchmark akan menghilang dengan sendirinya. Dan tentu saja yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk selalu minum air mineral sedikitnya 8 gelas sehari, karena dengan minum air mineral yang cukup akan membantu mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat proses regenerasi pada kulit.