sumber pinterest
sumber pinterest

DOMIGADO – Merawat tubuh dan menjaga penampilan menjadi kewajiban bagi setiap orang, tak terkecuali bagi pria. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari seseorang yang rajin menjaga dan memperhatikan penampilannya. Selain untuk kesehatan, banyak manfaat bisa terlihat, ketika seseorang memperhatikan perawatan tubuhnya, seperti meningkatkan rasa percaya diri, daya tarik lawan jenis, hingga kenyamanan orang lain saat berada di dekat mereka.

Sayangnya, bagi kebanyakan pria di Indonesia, peduli pada tubuh sendiri dengan rutin melakukan perawatan tubuh masih dianggap tabu. Padahal, sama halnya seperti wanita, pria juga perlu untuk menjaga penampilan dengan melakukan perawatan tubuh. Permasalahan utama yang membuat pria kurang peduli pada tubuhnya adalah karena tabu. Di Indonesia, masih berkembang stigma jika pria yang melakukan perawatan tubuh maka tidak dianggap pria gentle. Padahal, pria gentle punya cara tersendiri untuk merawat diri yang nggak sama dengan wanita.

Lalu, bagaimana sih cara merawat tubuh yang tepat bagi pria gentle? Berikut tipsnya!

Gunakan Sabun Khusus Pria

sumber pinterest
sumber pinterest

Umumnya, pria akan bersikap bodo amat dengan sabun mandi yang mereka gunakan. Sabun apa saja akan dipakai selama itu ada di kamar mandi, sekalipun itu sabun perempuan. Padahal, kulit pria dan perempuan sangat berbeda. Itulah kenapa kulit pria juga membutuhkan jenis sabun yang berbeda. Sekarang ini juga sudah banyak produk-produk perawatan yang dikhususkan untuk pria dengan berbagai varian aroma maskulin yang bisa dipilih sesuai selera.

Salah Satu Cara Merawat Tubuh dengan Cuci Muka

sumber pinterest
sumber pinterest

Jerawat, kusam, dan muka berminyak pastinya sudah menjadi permasalahan umum yang dialami oleh kaum pria di Indonesia. Wajar mengingat Indonesia berada di wilayah iklim tropis. Tapi, sayangnya, lagi-lagi kebanyakan kaum pria kurang peduli dengan sabun yang dibeli dan dipakai. Yang penting murah atau malah seadanya saja. Sabun muka untuk cewek pun dipakai kalau memang itu yang ada di kamar mandi. Don’t do that! Mulai sekarang, yukk pilih sabun muka yang sesuai kebutuhan. Kenapa? Karena kalau sampai salah pakai yang ada kondisi kulit wajah makin parah. Selain jerawat, komedo juga penting diperhatikan. Rajin-rajinlah membersihkan komedo dengan pinset khusus atau masker komedo yang banyak dijual di minimarket atau online. Pokoknya jangan takut dan malu untuk konsultasi atau cari tahu lebih banyak tentang kondisi kulit dan cara mengatasinya. Ok!?

Merapikan Bulu dan Rambut

sumber pinterest
sumber pinterest

Banyak pria yang jarang memperhatikan rambut dan bulu yang tumbuh di beberapa area tubuh mereka. Rambut dan bulu yang tak terurus dapat mengurangi daya tarik pria. 

Menghindari hal itu, cobalah untuk lebih memperhatikan rambut dan bulu yang tumbuh di area wajah terlebih dahulu, seperti rambut, berewok, dan bulu hidung. Nggak lucu kan, lagi romantis-romantisnya ngedate terus ada bulu yang muncul dari hidung kalian?hehe

Disarankan juga bagi pria rutin untuk berkeramas dan menyisir rambut agar tetap terlihat rapi. Selain itu, rapikan janggut yang mulai tumbuh berantakan. Gunakan shaving krim (krim cukur) agar tidak menimbulkan iritasi saat mencukur. Jangan lupa juga untuk mencukur bulu dada dan rambut ketiak yang sudah mulai lebat dan melampaui batas.

Pakai Pelembap Wajah

sumber pinterest
sumber pinterest

Untuk memastikan wajah bisa tampil bersih dan terjaga sepanjang hari nggak cukup dengan mencucinya, tapi kamu juga harus menggunakan pelembap wajah sebelum beraktivitas. Tujuannya jelas, agar kulit wajah tak mudah kering dan kusam yang bisa membuat bibit-bibit jerawat muncul.

Teliti Dalam Memilih Shampo

sumber pinterest
sumber pinterest

Kebanyakan kaum pria selalu sibuk memilih minyak rambut yang tepat untuk menata rambut, tapi jarang dari mereka yang sibuk menentukan jenis shampo yang mau dipakai. Sama seperti sabun mandi, pria kurang peduli dengan shampo yang akan dipakai. Padahal, kalau salah bisa-bisa membuat rambut mudah rusak. Misal, padahal punya masalah dengan ketombe tapi malah pakai shampo untuk permasalahan rambut rontok. Atau punya masalah rambut kering dan bercabang tapi malah pakai shampo untuk yang mengatasi permasalahan ketombe. Alhasil, yang ada kondisi rambut semakin rusak dan sulit untuk ditata lagi. Kalau sudah begitu, mau pakai pomade pun tetap saja gak tampil oke.

 Rapikan Atau Cukur Janggut

sumber pinterest
sumber pinterest

Menumbuhkan janggut kini menjadi trend dikalangan pria. Sekarang ada banyak model janggut yang bisa dipilih sesuai dengan bentuk wajah. Misal, untuk wajah persegi kamu bisa terapkan model full beard, chin curtain, atau extended goatee. Bagi yang berwajah bulat bisa memilih model goatee, soul patch, atau chin strap. Atau kalau bingung, kamu bisa pergi ke barbershop dan meminta untuk dirapikan sesuai model yang cocok. Dan bagi kamu yang memang tak ingin memelihara janggut, pastikan untuk menggunakan krim cukur janggut agar terhindar dari iritasi.

Body Lotion Agar Kulit Tetap Lembab

sumber pinterest
sumber pinterest

Tidak hanya muka, pria juga harus peduli pada bagian tubuh lain seperti tangan dan badan. Untuk bisa menjaganya, usapkan body lotion ke bagian tangan dan tubuh sebelum keluar ruangan. Untuk menggunakan ini, kamu bisa memilih body lotion yang mengandung tabir surya untuk menghindari kulit gelap akibat terpapar matahari, atau yang membuat kulit lembap sehingga kulit tidak kering walau seharian beraktivitas di luar ruangan.