Tips pilih skincare yang aman dan tepat sesuai jenis kulit kamu (foto: Shutterstock)
Tips pilih skincare yang aman dan tepat sesuai jenis kulit kamu (foto: Shutterstock)

DOMIGADO – Ini dia tips pilih skincare yang aman dan tepat sesuai dengan jenis kulit kamu. Pilih skincare yang cocok dengan jenis kulit bukanlah hal yang mudah. Bagi sebagian orang, kulit wajah merupakan area yang lebih sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Tapi tenang, semua itu ada tips nya kok. Berikut adalah tips pilih skincare yang aman dan tepat sesuai dengan jenis kulit kamu.

Hal paling dasar yang harus kamu lakukan sebelum memilih skincare adalah ketahui dulu jenis kulit kamu. Jika kamu salah memakai skincare dan tidak sesuai dengan jenis kulit, bisa jadi malah menimbulkan masalah. Beberapa orang akan memiliki kulit yang sensitif, berjerawat, kemerahan, atau terlalu kering.

Untuk membantu menentukan jenis kulitmu, diskusikan langsung dengan dokter, agar kamu tidak salah membeli produk dan membahayakan kulit wajahmu. Nah, jika kamu sudah mengenali jenis kulit yang kamu miliki, berikut cara memilih skincare sesuai dengan jenis kulit, yang berhasil tim Domigado.com rangkum dari berbagai sumber.

(foto: Shutterstock)
(foto: Shutterstock)

1. Kulit Berminyak

Dibandingkan dengan jenis kulit kering, pemilik kulit berminyak memiliki lebih banyak keunggulan, yaitu wajah tidak mudah keriput, sehingga lebih awet muda. Hal buruknya adalah, pemilik kulit berminyak akan lebih rentan mengidap masalah kulit, di antaranya adalah komedo, jerawat, dan pori-pori besar. Cara memilih skincare yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang tidak mengandung minyak.

Jangan lupa untuk memakai pelembap, karena kulit berminyak juga butuh pelembab yang kadarnya lebih sedikit daripada yang dibutuhkan pemilik kulit kering. Selain itu, kulit berminyak cocok dengan skincare yang teksturnya berbentuk gel. Jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan petunjuk penggunaan. Kemudian cari tahu apakah produk tersebut cocok untuk pemilik kulit berminyak.

2. Kulit Kusam

Kulit kusam biasanya dialami oleh pemilik kulit kering. Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat, masalah kulit kusam dapat diatasi dengan baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kulit kusam adalah dengan selalu menggunakan tabir surya setiap bepergian ke luar rumah. Selain itu, pilih jenis skincare yang dapat melembapkan kulit dan memiliki efek mencerahkan. Dengan begitu, wajah tidak akan terlihat kusam.

(foto: Shutterstock)
(foto: Shutterstock)

3. Kulit Kering

Pemilik kulit kering akan lebih rentan terhadap keriput, jadi tidak heran kalau garis halus lebih mudah terlihat. Wajah pemilik kulit kering juga lebih rentan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kulit kering ini biasa jadi masalah yang sangat berarti jika kamu tinggal atau melakukan traveling di tempat dengan cuaca dingin.

Selain cuaca yang dingin, pemilik kulit kering juga harus mewaspadai terjadinya perubahan hormon. Untuk mencegah kulit kering semakin bertambah parah, pemilik kulit kering jangan terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat, serta memilih skincare sesuai jenis kulit dengan bahan yang melembapkan, seperti hydrating toner.

Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan skincare dengan tekstur krim atau balm. Hindari produk skincare dengan bahan dasar alkohol, karena alkohol akan menyerap air pada wajah dan membuat kulit semakin kering.

4. Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif bisa memiliki kulit kering atau berminyak, yang membedakannya adalah respon yang ditunjukkan kulit saat mengalami kontak dengan zat kimia atau bahan tertentu. Jika kulit kamu mengalami kemerahan saat memakai produk skincare tertentu, sebaiknya segera dihentikan. Hindari juga produk dengan kandungan alkohol, dan pilih skincare dengan kandungan bahan alami yang direkomendasikan untuk kulit sensitif.

Ada puluhan, bahkan ratusan produk skincare yang beredar di pasaran untuk masing-masing jenis kulit. Tentu saja, tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit kamu. Jadi, dalam hal ini kamu perlu benar-benar memerhatikan dengan baik. Sebelum memakai skincare, ada banyak yang mesti dipertambangkan terlebih dulu, supaya kamu tidak salah pilih.

(foto: Shutterstock)
(foto: Shutterstock)

Umumnya setiap jenis skin care sudah memiliki klaim untuk jenis kulit tertentu. Jenis kulit normal umumnya kebutuhan skincare-nya lebih sederhana. Sedangkan kulit kombinasi umumnya diharuskan menggunakan dua skincare yaitu menggunakan skincare untuk kulit kering di bagian kulit yang kering dan skincare untuk kulit berminyak untuk bagian wajah yang berminyak.

Selain tips diatas, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih skincare. Pastikan bahwa skincare yang kamu pilih sesuai dengan masalah kulit kamu. Selain itu, kamu juga harus memeriksa dan mengetahui komposisi produk. Pastikan bahwa skincare yang kamu pilih memiliki izin edar dari BPOM. Satu lagi yang paling penting, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa sebelum menggunakannya.

Produk skincare alami belum tentu baik, terutama skincare alami yang kita racik sendiri. Perlu diketahui bahwa terkadang bahan alami yang digunakan sebagai skincare belum diketahui efek sampingnya, terutama efek samping jangka panjang. Skincare alami boleh digunakan sesekali dan asalkan kulit kamu tidak bereaksi negatif terhadap skincare tersebut.

Umumnya skincare juga tidak memberikan reaksi secara langsung. Berhasil atau tidaknya suatu skincare dapat memakan waktu beberapa minggu atau bahkan dalam hitungan bulan. Maka dari itu, jangan mengharapkan hasil yang instan dari skincare tertentu. Asalkan skincare tersebut tidak memberikan efek negatif, gunakanlah secara rutin dan lihat hasilnya dalam waktu beberapa bulan.