5. Film Detectif Zodiac – 2007

Zodiac
Zodiac

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang pernah terjadi di era 1960 sampai 1970. Yaitu tentang misteri pembunuhan berantai Zodiac atau sering juga dikenal sebagai Zodiac Killer. Bahkan sampai sekarang misteri Zodiac Killer masih menjadi salah satu misteri terbesar di dunia.

Film Zodiac pun mengangkat misteri ini dalam cerita yang epik dan seru hingga sangat membekas di kenangan pecinta misteri dan cerita detektif. Menceritakan Zodiac Killer yang merupakan seorang pembunuh berantai. Dia beroperasi di daerah Semenanjung San Fransisco, tidak hanya membunuh dia malah menantang polisi.

Zodiac Killer mengirimkan surat-surat aneh, pakaian aneh bahkan kode-kode misterius ke surat kabar untuk menantang polisi. Film ini diperankan banyak aktor kawakan seperti Robert Downey Jr, Jake Gyllenhall dan Mark Ruffalo.

6. Film Detektif Prisoners – 2013

Prisoners film detektif
Prisoners

Pada tahun 2013, film Prisoners ini berhasil masuk sebagai nominasi Oscar dalam kategori untuk sinematografi terbaik. Memang tidak salah karena film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhall ini menyuguhkan cerita misteri yang menarik dan bikin tegang.

Menceritakan Detektif Loki yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal yang menangani kasus penculikan dua anak perempuan yang terjadi di Pennsylvania. Namun tersangka yang ada malah terbukti tidak bersalah dan dibebaskan oleh polisi.

Keadaan diperburuk karena ayah dari salah satu korban berusaha untuk main hakim sendiri. Detektif Loki pun berpacu dengan waktu untuk memecahkan kasus penculikan tersebut dan berusaha mencari cara untuk menemukan tersangka dan membuktikannya.

7. The Nice Guys – 2016

The Nice Guys
The Nice Guys

Film The Nice Guys ini akan mempertemukan dua karakter dengan latar belakang yang sangat berbeda. Diperankan oleh Russell Crowe dan Ryan Gosling. Film ini menceritakan kerja sama antara detektif swasta dan seorang tukang pukul untuk menyelidiki kasus hilangnya seorang anak perempuan.

Film ini membuktikan kalau film setektif dan misteri tidak harus bernuansa gelap atau suram. Karena kerja sama antara dua karakter yang bertolak belakang ini sering menimbulkan situasi yang lucu. Tapi tentu saja tetap menegangkan di sepanjang film.