sumber pinterest

DOMIGADO – Tidak bisa dipungkiri Hollywood mampu memproduksi film horor dengan menciptakan ketakutan yang amat ngeri. Bahkan orang di belahan dunia mana pun yang menontonnya merasakan ketakutan yang sama meski tidak familiar dengan hantu, setan, atau bentuk makhluk lain dalam film. Hal ini dikarenakan kecanggihan serta kemajuan dari industry film Hollywood yang sudah diakui diseluruh dunia. Meskipun menyeramkan ternyata, film horor juga memiliki efek positif untuk kesehatan kita, salah satunya dapat memicu adrenalin sehingga meningkatkan energi kamu. Sudah ada banyak judul film horror yang diproduksi industry film Hollywood, mulai dari film jadul hingga yang terbaru.

Cerita horor barat kerap ditafsirkan dengan makhluk supranatural, seperti hantu, penyihir, vampir, atau tak kasat mata lainnya. Aspek pendukung film horor yang tak kalah penting adalah jumpscare. Jumpscare merupakan sebuah efek kejut kepada penonton dapat berupa perubahan sinematografi maupun efek suara yang muncul seketika. Film horor memang menjadi salah satu momok menyeramkan bagi sebagian orang. Terkadang pula, film horor tak selalu menunjukkan wajah seram setan yang mengejar-ngejar manusia.

Apalagi jika film horor tersebut dibumbui genre thriller-misteri, yang seakan-akan membawa sebuah teka-teki di tengah kengerian sepanjang film. Lebih dari itu, horor film biasanya akan membawa banyak ‘kejutan’ baik ke jantung atau psikologis penonton. Meski terkadang sering membuat si penonton ketakutan untuk ke kamar mandi setelah menontonnya. Namun khusus bagi pencinta film, khususnya horror, wajib hukumnya melihat beberapa film horor barat yang paling menakutkan, yang sanggup membuat bulu kuduk merinding.

Kali ini Domigado sudah merangkum film-film Hollywood bergenre horror yang siap buat uji nyali kamu.

the shining
the shining

THE SHINING

Film yang diadaptasi dari buku karya Stephen King ini mengangkat kisah seorang penulis bernama Jack Torrance yang bekerja di sebuah hotel bernama Overlook Hotel.

Ketenangan yang dimainkan di awal cerita mulai berubah setelah Jack berubah agresif sampai-sampai rela membunuh anak dan istrinya.

Hal yang paling menakutkan dari The Shining adalah bagaimana setiap aspek dan adegan dalam film ini mengobrak-ngabrik ketenangan dan kenyamanan kita saat menontonnya.

Seorang ayah yang seharusnya penyayang malah berakhir berniat membunuh, belum lagi sekuen horor tentang teman imajiner anak Jack yang menghantui Overlook Hotel.

poltergeist
poltergeist

Poltergeist

Poltergeist merupakan salah satu akar dan pioner kuat film horor dunia yang tentu saja wajib masuk dalam daftar film horor terseram sepanjang masa.

Menceritakan tentang sebuah rumah yang diganggu makhluk halus, alur cerita dan kualitas akting para aktor juga aktris film Poltergeist berhasil membuat penonton ketakutan dan terkesima secara sekaligus.

Selain cerita film yang benar-benar bikin jantungan, film Poltergeist juga terkenal dengan kisah menyeramkan di balik proses produksi.

Aktor dan aktris yang bermain di film ini satu persatu tewas dalam peristiwa tragis.

Publik AS menyebut peristiwa mengenaskan ini sebagai Kutukan Poltergeist.

Film ini masuk ke daftar 20 film paling menakutkan yang pernah dibuat yang diberikan oleh Chicago Film Critics. Yang melegenda dari film ini adalah adanya isu adanya kutukan yang dipercaya menyebabkan serangkaian kematian yang menimpa pemain dan kru. Empat pemain Poltergeist meninggal setelah film dirilis.

Serem !

the exorcist
the exorcist

The Exorcist

Sutradara William Friedkin berhasil menyajikan sebuah film yang disebut-sebut sebagai salah satu film horor terseram sepanjang masa. Bahkan, film yang diadaptasi dari novel karya William Peter Blatty dengan judul yang sama ini, berhasil memenangkan dua dari sepuluh nominasi di Academy Awards. Dalam 121 menit, film ini secara garis besar menceritakan kisah pengusiran roh jahat dalam tubuh seorang gadis remaja.

Film yang dibintangi oleh Linda Blair, Ellen Burstyn, dan Jason Miller ini, bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Regan (Linda Blair) yang berusia 12 tahun tiba-tiba mengalami perubahan pada psikologisnya, serta sering melakukan hal-hal aneh diluar nalar.  Chris MacNeil (Ellen Burstyn) yang merupakan seorang aktris dan single parents semakin khawatir dengan kondisi Regan, akhirnya membawa putrinya tersebut ke dokter. Regan mulai suka menyebutkan sumpah serapah, kasar, hingga mengaku kasurnya sering bergetar, seperti ada yang mengganggunya. Namun, Chris mengira polah regan tersebut disebabkan karena trauma psikologisnya.

Suatu hari, rekan kerja Chris Burke Dennings (Jack MacGowran) ditemukan meninggal dunia, saat tengah bersama Regan.  Meninggalnya Dennings akibat lompat dari jendela tak membuat yang lain merasa aneh sebab Denning memiliki riwayat peminum.

Usai insiden itu, Letnan William F Kinderman (Lee J. Cobb) mencoba mengisi kasus tersebut. Ia kerap menanyai Chris, dan juga menyarankan Chris untuk bertemu dengan pendeta sekaligus psikiater muda, Damien Karras (Jason Miller).

the conjuring
the conjuring

The Conjuring (2013)

Film horor barat yang paling menakutkan ini disebut-sebut diadopsi dari sebuah kisah nyata. Setting cerita ini berlatar waktu pada tahun 1971 silam. Film garapan James Wan ini mampu membuat sebagian besar penonton masih merinding saat keluar bioskop.

Cerita ini menarik minat pasangan pasangan istri Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) yang berprofesi sebagai demonologis, atau pengusir hantu dan arwah jahat. Dengan sebutan ‘The Warrens’ mereka sangat terkenal pada zaman itu.

Dengan durasi 112 menit, penonton akan melihat potret sebuah keluarga bahagia, yang membeli rumah di Harrisville Rhode Island melalui bank lelang.

Carolyn (Lily Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingston) baru saja pindah ke rumah impian mereka di Rhode Island bersama lima putrinya, yaitu Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (Mackenzie Foy) ), dan April (Kyla Deaver).

Awalnya mereka sangat nyaman tinggal di rumah baru impiannya. Namun hal-hal aneh mulai terjadi saat mereka menemukan sebuah ruang bawah tanah. Sejak saat itu, kengerian mulai terjadi secara perlahan-lahan, bahkan mereka harus merelakan nyawa anjing kesayangan, yang mati dengan sebab tak jelas. Carolyn tidak Ingin terjadi sesuatu hal yang buruk terjadi pada dirinya dan kelima anak perempuannya, apalagi saat itu suaminya yaitu Roger Perron berada di Florida. Keluarga tersebut akhirnya meminta bantuan kepada “The Warrens” untuk mengatasi masalah mereka. Setelah Ed dan Lorraine Warren melakukan penyelidikan, keduanya menyimpulkan bahwa rumah tersebut membutuhkan ritual pengusiran setan. Namun untuk bisa melakukan ritual tersebut, keduanya harus mendapatkan izin dari Gereja Katolik.

Saat melakukan penyelidikan tersebut, Ed dan Lorraine juga menemukan fakta bahwa rumah yang ditempati oleh Carolyn dan keluarganya merupakan rumah yang dibangun di atas tanah milik penyihir bernama Bathsheba. Bathsheba merupakan penyihir jahat yang mempersembahkan anak-anaknya kepada setan. Setelah mengorbankan anak-anaknya kepada setan, Bathsheba bunuh diri dan mengutuk siapa pun yang mengambil tanahnya.

Setelah peristiwa tersebut terjadi, terdapat banyak laporan kriminal yang terjadi di rumah yang dibangun di atas tanah Bathsheba tersebut. Setelah mengetahui fakta tersebut, Ed dan Lorraine pun berusaha untuk mencari bukti-bukti lainnya agar pihak Gereja Katolik memberikan izin untuk diadakan ritual pengusiran setan di rumah tersebut. 

hereditary
hereditary

Hereditary

Hereditary disebut-sebut sebagai film horor terbaik pada 2018. Film berdurasi 127 menit ini mengangkat kisah keluarga Graham yang harus berurusan dengan kejanggalan yang ditinggalkan oleh nenek moyangnya.

Film ini diawali oleh kisah Annie Graham (Toni Collette) yang merupakan seorang arsitek dan ibu dari dua anak laki-laki Peter Graham (Alex Wolff) dan anak perempuan, Charlie Graham (Milly Shapiro).

Annie merasakan sebuah keanehan setelah kematian ibunya. Apalagi ia sempat khawatir melihat tingkah Charlie, yang kerap menggambar dan bermain sendirian di rumah pohon dekat rumahnya.

Suatu hari, Annie meminta Peter mengajak adiknya dalam sebuah pesta anak remaja SMA. Namun sebuah petaka terjadi saat Charlie tewas dengan mengenaskan di jalan. Usai kematian Charlie, hubungan Annie dan Peter sangat renggang, sebab Annie menilai Peter merupakan pembunuh adiknya.

Annie yang tampak nestapa mengikuti sebuah perkumpulan selayaknya ‘curhat’ dan pengakuan dosa, disana Annie bertemu Joan. Joan memberikan wejangan kepada Annie untuk mengikuti ritual pemanggilan arwah yang pernah ia lakukan untuk memanggil arwah cucu kesayangannya.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa referensi film horror Hollywood yang bisa kalian tonton untuk menguji adrenalin dan seberapa penakut kalian, hihihi. Pastikan saat kalian menonton film-film ini pintu dan jendela rumah terkunci rapat yaa, hehe. Oh iya, nontonnya sendirian aja!